5 Trik Mendekorasi Apartemen dengan Low Budget



MYBIGPROPERTY.COM - Seiring dengan perkembangan zaman, pertumbuhan populasi pun tak terelakkan. Saat ini, bumi sudah dihuni oleh hampir 8 milyar penduduk yang tersebar di seluruh penjuru. Anda bisa membayangkan kepadatannya, bukan?

Oleh sebab itu, pembangunan perumahan pun turut menyesuaikan diri dengan keadaan. Kalau dulu para kakek-nenek dan orang tua membeli sebidang tanah untuk satu keluarga, kini sebidang tanah itu bisa dimiliki beramai-ramai. Jika saat itu rumah dibangun mendatar dengan seluruh ruangan berada di satu lantai, sekarang rumah dibangun menjulang dengan banyak lantai. Seperti yang kita ketahui bersama, bangunan tersebut namanya apartemen.

Meskipun harus tinggal jauh di atas tanah, namun memiliki satu unit apartemen akan tetap menyenangkan kalau bisa mendekorasinya dengan pas. Tidak harus mahal, yang penting nyaman untuk dihuni.

Nah, bagi Anda yang baru membeli unit apartemen, mari simak 5 trik untuk mendekorasi apartemen dengan low budget berikut ini!

1. Tentukan tema

Ada beberapa tema dekorasi interior yang bisa Anda pilih sesuai kepribadian. Misalnya gaya kontemporer yang minimalis dan modern, atau gaya klasik yang elegan dan mewah. Ada juga gaya shabby yang manis dan girly, gaya mediteranean yang santai dan membumi, atau gaya eklektik yang free style dan keren. 

Dengan menentukan tema, Anda bisa mendekorasi apartemen dengan senang hati dan lebih fokus, alias tidak kecolongan membeli barang di luar tema.


2. Beri perhatian pada jendela

Setiap unit apartemen pasti memiliki jendela. Sebagai satu-satunya sumber cahaya alami juga jalan masuk-keluarnya udara, maka jendela harus mendapat perhatian lebih. 

Hiasi dengan gorden yang panjang menjuntai, juga vitrage agar jendela bisa tetap ditutup tanpa menghalangi cahaya. Dengan begini, Anda dapat menghemat pemakaian AC dan lampu di siang hari.

Hindari menaruh barang besar di depan jendela, karena selain menghalangi juga memberi kesan sempit. Barang-barang setinggi pinggang seperti meja kerja atau lemari berlaci masih boleh diletakkan di depan jendela, asalkan di atasnya tidak dipenuhi dengan berbagai aksesori maupun elektronik.



3. Pergi ke pasar loak atau garage sale

Walaupun isinya barang-barang bekas, tapi pasar loak dan garage sale bisa menjadi surga bagi yang jeli memilah dan memilih. 

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membeli beberapa hal di pasar loak, terutama jika apartemennya akan didekorasi dengan gaya shabby, klasik dan eklektik. Di sana akan banyak ditemukan meja, kursi, karpet, lampu gantung atau duduk, pigura dan bermacam barang vintage lainnya.


4. Do It Yourself

Tidak hanya di pasar loak, barang-barang untuk mendekorasi apartemen juga bisa dibuat sendiri alias DIY, loh. 

Manfaatkan kardus-kardus bekas, botol-botol plastik, kain, mason jar, sumpit dan sejenisnya untuk membuat berbagai aksesori yang dibutuhkan. 

Tidak perlu yang rumit apalagi mahal, tinggal buka Youtube dan temukan ratusan video DIY bertebaran. Ber-DIY memang dapat memberi kepuasan tersendiri!



5. Pelihara tanaman

Salah satu kelemahan tinggal di apartemen adalah tidak adanya lahan untuk bertanam. Tapi itu tidak menjadi alasan untuk tidak bisa memelihara tanaman lo. 

Belilah pot-pot baru, atau dari pasar loak maupun buatan sendiri, lalu pilih tumbuhan yang tahan berada dalam ruangan, seperti lidah mertua atau sukulen

Jika apartemennya memiliki teras atau balkon, Anda jadi punya kesempatan untuk memajang pot gantung yang menyegarkan suasana. Memelihara tanaman berarti menikmati banyak manfaat dari tumbuhan, baik secara fisik maupun mental.


Jadi, cukup asyik bukan, tinggal di apartemen? Selamat menggunakan kelima trik mendekorasinya, semoga huniannya nyaman dan menyenangkan!

No comments

Powered by Blogger.