Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Di tengah maraknya perkembangan berbagai gaya dalam dunia arsitektur, ternyata tidak menyurutkan minat akan desain rumah klasik modern. Tampilan  rumah yang mewah dan anggun pasti menjadi impian banyak orang. Desain rumah modern klasik sudah banyak dipilih orang karena  desain ini tak lekang oleh waktu dan seringkali dijadikan tolok ukur tingginya intelektualitas, nilai seni, dan strata sosial pemiliknya. Desain rumah seperti ini dinamakan juga rumah eklektik atau rumah yang unik bagi sebagian orang.

Arsitektur klasik memiliki gaya bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani. Maka dari itu, gaya bangunan dan teknik mendesain yang mempunyai nilai atau mutu yang diakui dan menjadi tolok ukur kesempurnaan yang abadi, bersifat sederhana, serasi, tidak berlebihan, bersejarah, tradisional, dan indah.

Berikut ini kami berikan 7 tip desain rumah klasik modern yang bisa Anda wujudkan untuk rumah impian Anda!

1. Desain Eksterior Rumah yang Simetris

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Karakteristik desain eksterior dari desain rumah klasik modern ini, biasanya terlihat keberadaan simbol dan elemen dekoratif yang khas. 

Membangun rumah dengan desain klasik berarti ada tuntutan untuk menjadikan karya arsitektur tersebut bernilai kekal. Nilai kekekalan dan kelanggengan itu ditampilkan lewat pengeksposan kekokohan pilar kolom dan balok.

Pilar-pilar kolom dan elemen struktur lainnya dalam desain rumah klasik modern  merupakan sesuatu yang harus ditonjolkan. Pada umumnya, bagian luar rumah terdapat jendela yang ditata lebih teratur dan pintu yang cukup lebar nan kokoh. Bahkan secara keseluruhan, komposisi bangunan juga tampak simetris.

2. Ornamen

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Desain rumah klasik modern terdapat ornamen yang akan memberikan tingkatan tersendiri dalam keindahan arsitektur rumah.

Ornamen yang ada tidak harus berupa patung. Terdapat  beberapa jenis karya seni yang bisa dimanfaatkan untuk melengkapi keindahan rumah bergaya klasik. Lampu dinding, detail hiasan dinding, atau bahkan tempat lilin bisa menjadi ornamen yang memperkuat kesan klasik.

Hal yang paling menonjol pada desain interior rumah klasik adalah plafonnya yang tinggi dan ditambah adanya lampu gantung kristal besar nan cantik. 

Selain itu, terlihat dekoratif pada desain rumah klasik modern dengan adanya ornamen ukiran. Di mana ukiran pada pilar-pilar model rumah klasik umumnya terdapat pada bagian pondasi dan mahkota dari pilar-pilar tersebut. Elemen dekoratif berupa ukiran ini juga diaplikasikan pada bagian lain bangunan seperti model jendela rumah atau pintunya.

3. Material Alami

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Material alami seperti batu alam dan kayu berukuran besar juga memiliki peranan yang  kuat  untuk desain rumah klasik modern. Karakter yang kuat dan unik dari setiap material alami memberikan kesan kokoh, tradisional, dan megah.

Agar desain rumah klasik modern tampak mewah dan elegan, pilihlah lantai dengan material batu alam seperti marmer, kuarsa atau kayu. Sebagai pemanisnya, Anda bisa tambahkan karpet sintetis berbahan polyester maupun nilon dengan warna karpet yang selaras sesuai interior.

4. Manfaatkan Efek Distorsi

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Cara efektif untuk desain rumah klasik modern adalah memanfaatkan efek distorsi atau teknik melebih-lebihkan. Teknik ini menonjolkan bagian bentuk benda yang ingin difokuskan. Biasanya, rumah bergaya klasik memberikan efek distorsi ini pada tangga, kolom, dan ketinggian ruang.

Untuk memberi kesan megah pada gaya klasik, buatlah jendela berukuran besar dan menjulang tinggi hingga ke langit-langit. Anda juga bisa memasang goden bermotif klasik sebagai kesan megah pada ruangan.

Desain interior rumah dengan gaya klasik memang menawarkan kualitas keindahan yang bersifat abadi dan tidak membosankan. Anda perlu totalitas dalam penerapannya agar hasilnya maksimal.

Salah satunya adalah menggunakan aksesoris nan mewah seperti tirai yang menjulang tinggi dan besar hingga mencapai langit-langit. Jika Anda memilih warna cokelat muda untuk dinding, maka pilihlah warna coklat tua untuk gorden. hindari warna yang terlalu kontras agar tetap selaras, ya.

5. Penggunaan Furnitur dan Warna

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Pemilihan furnitur untuk desain  rumah klasik modern pun harus unik dan mewah. Agar menegaskan sisi glamour ala hunian klasik. Biasanya dalam sebuah ruangan rumah dengan desain klasik menggunakan furnitur yang ukurannya cukup besar.

Sementara itu, pemilihan warna untuk desain rumah klasik modern menggunakan warna alam seperti cokelat dan warna tanah. Hal itu pun berlaku untuk desain interior rumah modern. Selain itu, tambahan warna hitam sebagai aksen yang menjadikan unsur penting dalam menciptakan kesan kuat dan kokoh serta memperkuat tampilan objek di dalam ruangan.

Anda tahu tidak? Kalau warna gelap yang digunakan untuk desain interior klasik dan modern juga bisa membuat ruangan tampil lebih ‘glamour’ dan misterius.

6. Pembagian Ruangan

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Desain rumah klasik modern memiliki lahan yang melebar ke samping untuk terlihat lebih proporsional. Bahkan setiap ruangan di dalam rumah klasik mempunyai ukuran cukup luas. Terlihat juga dengan penataan ukuran ruang di dalam rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur hingga kamar tidur yang tampak cukup luas.

Even more special, satu ruangan dengan ruangan yang lain dibatasi oleh dinding yang solid dan dihubungkan oleh lorong atau koridor yang panjang.

7. “Mirror, Mirror, Hanging on The Wall

Ayo Wujudkan Rumah Impian Anda dengan 7 Tip Desain Rumah Klasik Modern Ini!

Cermin merupakan aksesori dalam ruangan yang bisa mendukung desain interior rumah klasik modern. Penggunaannya sangat krusial di dalam rumah dengan desain interior tersebut. Keberadaan cermin mampu memunculkan tampilan berkilau yang menjadi ciri dari desain rumah klasik modern.

Tampilan berkilau dari cermin bisa diciptakan dengan penggunaan material yang memantulkan cahaya dan kemudian dipadukan dengan cermin serta sinar matahari yang melimpah di dalam ruangan. Dengan begitu, interior rumah akan terlihat lebih cerah dan mewah.

Itulah ketujuh tip desain rumah klasik modern. Ayo, jangan ragu mewujudkan model rumah klasik impian Anda!

Oiya ada catatan penting nih. Jika Anda membangun rumah dengan desain rumah klasik sekaligus modern, pastikan setiap elemen pembentuk ruang dan bangunan bernilai seni tinggi dan detail yang bagus. Perhatikan juga keseimbangan pemanfaatan setiap elemen atas detail tersebut, jangan sampai terlalu berlebihan, ya. Perhatikan perpaduan setiap ciri dan cara membangun rumah dengan gaya klasik, rumah impian yang indah, bernilai seni tinggi, elegan, kokoh, mengagumkan, dan tak lekang oleh waktu.


No comments

Powered by Blogger.