13 Tanaman yang Cocok Ditanam di Taman Depan Rumah Anda, Yuk Intip!

13 Tanaman yang Cocok Ditanam di Taman Depan Rumah Anda, Yuk Intip!

Dalam memilih tanaman untuk taman depan rumah tidak boleh asal, kombinasi dari setiap jenis warna diperlukan agar tercipta berbagai unsur warna yang menampakkan keindahan. Apalagi tanaman yang ada di taman depan rumah, keragaman jenisnya tentu mempunyai masing-masing fungsi yang berbeda. Perhatikan kapasitas tanaman dengan desain taman. Jika tanaman berpotensi tumbuh besar tapi taman Anda sempit, maka akan mengurangi efek harmoni dari taman. Tidak dapat dipungkiri kalau keindahan halaman rumah pasti punya banyak pengaruh terhadap kondisi kejiwaan dan tingkat stres penghuninya.

Sama seperti pepatah “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”, maka halaman rumah yang indah juga menandakan penghuni rumah yang bahagia pula.

Memiliki hunian lengkap dengan berbagai tanaman hijau di taman depan rumah, tentu saja membuat pemandangan menjadi terlihat sejuk dan asri. Tanaman-tanaman ini bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan produksi oksigen di sekitar rumah. Sehingga sirkulasi udara semakin lancar, rumah pun semakin sejuk dengan udara yang sehat. Bayangkan jika sebuah rumah tanpa taman atau tanaman, pasti akan tampak gersang dan panas. Karena alasan keindahan, kenyamanan, dan kesehatan itulah tanaman menjadi pilihan menarik bagi para pemilik rumah.

Anda bisa menata taman dengan memilih tanaman di kebun untuk mempercantik taman depan rumah. Jika Anda memiliki halaman yang cukup luas dan menginginkan tampilan yang sedikit unik, Anda bisa menata taman dengan tanaman batang. Tertarik untuk mencoba? 

Yuk, pilih tanaman yang cocok ditanam di taman depan rumah Anda!

1. Pohon Palem

Taman Depan Rumah


Taman depan rumah Anda bisa ditanami pohon palem yang ada beberapa jenis.Pohon palem ini ideal untuk suhu tropis seperti di Indonesia, Anda bisa mencoba menghadirkan pohon palem ekor tupai yang mekar di bagian dedaunannya, palem kipas yang megah dengan daun berukuran besarnya, hingga palem botol dengan batang pohonnya yang unik.

2. Pohon Kamboja

Taman Depan Rumah

Ingin punya halaman rumah dengan sentuhan khas Bali yang kental? Coba tanam saja pohon Kamboja di taman depan rumah Anda, tamanmu akan dipercantik oleh warna-warni pohon Kamboja yang cantik. Pohon Kamboja merupakan pelengkap yang paling pas bagi gaya arsitektur tradisional.

Hal tersebut karena salah satu gaya arsitektur terpopuler itu cenderung dipasangkan dengan dekor atau hiasan tropis. Dan kebetulan, hal itulah yang ditawarkan oleh pohon Kamboja, apalagi kalau tingginya sudah mencapai lima meter.

Dikenal juga dengan nama Frangipani atau Plumeria, bukan hanya sebagai penghias di taman rumah minimalis, bunga kamboja pun sering dipakai sebagai bahan baku wangi-wangian seperti parfum atau wewangian spa. Kalau ini rumah Anda wangi, tanamlah pohon kamboja ini di taman depan rumah Anda.

3. Pinus

Taman Depan Rumah

Taman depan rumah Anda bisa ditanami dengan pohon pinus. Japanese black pine atau pinus sering menjadi bahan tanaman kerdil. Pinus dapat mencapai ketinggian 30 m. Daunnya berpenampakan kecil seperti lidi dengan panjang 6-18 cm. Pinus mempunyai buah kecil dengan sisik mirip salak. Tanaman tinggi ditanam berderet sepanjang jalan masuk sebagai pengarah. Bila telah dibentuk dan dipangkas indah, pinus dapat ditanam tunggal maupun berkelompok pada taman berkonsep Jepang.

Pinus Merkus merupakan jenis pohon pinus yang kerap dijumpai di taman depan rumah. Kalau Anda menanam pohon pinus, jangan lupa tambahkan kursi malas di bawahnya untuk bersantai, ya!

4. Sansevieria

Taman Depan Rumah


Sempat popular di tahun 1950, tanaman sansevieria kini kembali booming sebagai pelengkap taman depan rumah minimalis. Memiliki nama lain yang agak seram, yaitu tanaman ular, tanaman dari genus sansviera ini memiliki nggak kurang dari 70 spesies loh!

Jenis Sansevieria juga disenangi karena tidak membutuhkan banyak perawatan. Hal yang paling penting, jangan menaruhnya di tempat yang terlalu panas atau dingin.

5. Pakis Haji/Mawar Jambe

Taman Depan Rumah

Mawar jambe atau juga dikenal dengan nama pakis haji termasuk jenis tanaman batang yang cocok ditanam di taman depan rumah. Jenis tanaman ini mempunyai bentuk yang unik. Batang cokelatnya yang tumbuh besar dan kokoh dengan teksturnya yang timbul dan kasar serasi dengan daunnya yang tumbuh berjajar seperti daun palem.

Tanaman ini bisa ditanam di media pot maupun ditanam langsung dalam tanah. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan lebat. Jika diletakkan di sebelah sudut taman rumah, makan taman rumah Anda semakin cantik dengan tanaman mawar jambe yang tumbuh lebat.

6. Lantana

Taman Depan Rumah

Lantana adalah tanaman yang cocok ditanam di taman depan rumah Anda. Kombinasi bunga berwarna kuning, pink, merah, dan orange menjadi eye catcher diantara elemen lain dalam taman rumah. Panjang daun 2-5 cm dengan permukaan kasar serta pinggiran bergerigi. Lantana berdaun lebat dan dapat dibentuk hingga terkesan lebih penuh dengan bunga indah.

7. Kadaka Menjangan (Platycerium Bifurcatum)

Taman Depan Rumah
Tanaman selanjutnya yang cocok ditanam di taman depan rumah Anda adalah kadaka menjangan. Tanaman paku ini tumbuh dengan menempel pada tanaman lain. Sehingga Anda harus menyiapkan tanaman induk jika ingin menanamnya. Daunnya yang menjuntai dapat bercabang-cabang hingga mencapai panjang 1 meter lebih, tergantung jenisnya.

8. Tanaman Sirih Gading atau Pothos

Taman Depan Rumah

Sebagai salah satu jenis tanaman yang populer untuk menghias taman depan rumah, tanaman sirih gading atau golden pothos termasuk pohon yang kuat dan mudah tumbuh tanpa banyak perawatan sehingga cocok untuk taman rumah minimalis milik Anda. Tanaman jenis merambat ini memiliki daun yang halus seperti kulit dan berbentuk hati yang cantik dengan corak warna yang bervariasi. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh hingga 20 meter dengan diameter sampai 4 cm.

9. Tanaman Spider Plant

Taman Depan Rumah

Taman depan rumah Anda akan cocok jika ditanami spider plant. Nama biologisnya adalah Chlorophytum Comosum, tetapi tanaman ini lebih kerap disebut dengan Spider Plant alias tanaman laba- laba dikarenakan bentuk daunnya yang panjang menjuntai ke bawah seperti kaki serangga.

Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan cukup mudah untuk dibudidayakan. Selain itu, Spider Plant juga disukai karena punya khasiat membersihkan atau menyaring udara.

10. Aglaonema

Taman Depan Rumah

Tanaman Aglaonema adalah salah satu tanaman favorit di taman depan. Tanaman yang dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan ini memiliki dua warna, yaitu perpaduan antara warna hijau gelap dan terang dengan ruas merah yang terlihat jelas di guratan daunnya. Tanaman Aglaonema cocok sebagai pemanis halaman rumah di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

11. Kaktus

Taman Depan Rumah

Jenis tanaman batang lainnya yang tidak kalah menarik adalah kaktus. Tanaman yang khas dengan daerah gurun ini juga cocok ditanam di Indonesia yang beriklim tropis. Bentuknya pun bermacam-macam. Mulai dari kaktus yang berbentuk kecil hingga kaktus yang tumbuh besar.

Jenis kaktus yang kecil biasanya cocok di tanam di dalam pot. Anda bisa menata taman dengan menanam beberapa kaktus kecil di masing-masing pot lalu ditata dengan rapi di bagian halaman rumah Anda. Sedangkan, kaktus besar bisa Anda tanam langsung di dalam tanah dan membiarkannya tumbuh dengan sendirinya. Desain taman yang ditanami kaktus akan membuat cantik taman rumah Anda.

12. Kuping Gajah

Taman Depan Rumah

Anthurium Kuping Gajah (Crystallinum) adalah salah satu tanaman yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Cukup mudah  mengenali tanaman indah ini karena bentuk daunnya yang menyerupai kuping gajah atau berbentuk hati dengan tangkai yang kurus. Warna daun hijaunya gelap dengan urat- urat hijau dan bercak putih pada kelopaknya.

Di taman depan rumah, tanaman kuping gajah mudah tumbuh subur jika diletakkan di bagian pojok taman rumah yang agak teduh. Sebaliknya, tanaman kuping gajah akan cepat layu jika diletakkan tepat di bawah terik matahari.

13. Furcraea

Taman Depan Rumah

Furcraea gigantea striata merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil. Daun menyerupai pedang dengan ujung runcing seperti duri. Daun hijau cerah memiliki garis-garis memanjang dan bersusun terbuka. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini adalah daun, karena batangnya tertutup oleh bagian daun yang lebar. Furcraea dapat berdiri cantik secara bergerombol atau ditanam individu.

Dari 13 tanaman di atas, yang mana yang kamu pilih untuk menghiasi taman depan rumah Anda. Namun, jangan hanya hiasi taman rumahmu dengan tanaman saja, melainkan juga dengan aneka furnitur, seperti kursi teras, kursi panjang, dan kursi malas untuk menemani waktu santai Anda di taman depan rumah.

Semoga ke 13 tanaman di atas bisa menjadi inspirasi Anda untuk menanam tanaman di taman depan rumah Anda. Agar Anda bisa menciptakan taman depan rumah yang asri, sejuk dan indah. 


No comments

Powered by Blogger.