5 Cara Memelihara Tanaman di dalam Apartemen Kecil



MYBIGPROPERTY.COM - Memelihara tanaman merupakan sesuatu yang menyenangkan. 

Ia memiliki banyak fungsi, seperti menghasilkan dan memperbaiki sirkulasi oksigen, serta menjaga kestabilan tanah dan air di dalamnya. Selain itu, tanaman juga bermafaat untuk bahan obat dan sumber makanan sehat, juga bisa menjadi peredam kebisingan serta memperindah pemandangan. Tidak hanya secara fisik, namun tanaman memberikan sumbangsih besar bagi kesehatan mental.

Tapi, bagaimana kabarnya kita yang tidak punya halaman untuk tanam-menanam, ya? Khususnya untuk Anda yang tinggal di apartemen dan hanya memiliki teras berlantai. 

Well, jangan khawatir. Tetap ada solusi baik untuk tetap bisa memiliki tanaman walau tempatnya terbatas. 

Sontek 5 cara memelihara tanaman di dalam apartemen kecil berikut ini, ya!


1. Bertanam secara vertikal

Vertical Garden, begitu orang menjulukinya, sementara sebagian lain melabelinya dengan “Green Walls”.

Dua hal yang mirip ini adalah terobosan baru dan sedang trending di dunia lansekap dan kebun rumah

Dengan kebun terpasang secara vertikal, maka setiap yang tidak memiliki halaman bisa dengan berbahagia meletakkan tanamannya di dinding

Anda bisa memesan pigura berukuran besar, lalu memodifikasinya dengan kawat-kawat yang dapat menyangga berbagai pot kecil. Tempel pigura di dinding, susun beberapa tanaman mungil dan voila, Vertical Gardennya siap memberikan kesan Green Walls yang cantik.


2. Bertanam dengan Terarium

Bagi pencinta tanaman, Terarium bukanlah hal asing. 

Wadah berupa kaca berbagai bentuk dan ukuran itu dapat mengakomodasi tanaman mini di dalam ruangan. Anda bisa membeli wadahnya baik online maupun langsung di toko khusus tanaman, lalu berkreasi dengan tanaman-tanamannya. 

Jangan lupa untuk membeli tanah atau media lain misalnya jeli air, serta beberapa asesoris tambahan seperti batuan alam atau kristal buatan untuk mempercantik terariumnya.



3. Pot Gantung

Pot tanaman yang digantung sudah banyak sekali diaplikasikan di rumah-rumah. Anda yang tinggal di apartemen juga bisa memilikinya. 

Biasanya untuk pot gantung, tanaman yang dipilih adalah jenis yang suka dengan sinar matahari, yang daunnya menjuntai-juntai ke bawah, atau yang bunganya kecil-kecil dan banyak. Belilah pot yang dapat menampung kelebihan air agar tidak berantakan membasahi lantai dan letakkan di tempat yang terkena cukup cahaya.



4. Tanaman rendah cahaya

Walaupun tetap butuh sinar matahari, namun ada beberapa tanaman yang lebih senang dengan ekpos cahaya rendah. Seperti tanaman lidah mertua yang berupa dedaunan panjang, atau Peace Lily yang kembangnya putih di antara dedaunan. 

Tanaman dalam ruangan biasanya berdaun lebih gelap dan mudah dipelihara. Walau tidak perlu banyak menyiram dan terkena cahaya, namun demikian sekali-sekali ajaklah mereka bertemu dengan sinar matahari yang menyehatkan.


5. Tanaman herbal di dapur

Terutama untuk Abda yang senang memasak, memelihara tanaman herbal biasanya akan lebih menyenangkan. 

Tidak hanya berguna dalam masakan, tapi gerombolan tanaman itu juga bisa jadi hiburan. Ada beberapa jenis yang bisa ditanam di pot lalu digantung di dinding atau di atas meja dapur, seperti kemangi, seledri dan ketumbar. Harumnya dapat menguar ke seluruh ruangan, menambah kesegaran juga memperbaiki sirkulasi oksigen.


Bagaimana, memiliki tanaman di dalam apartemen kecil itu menyenangkan, bukan? Tidak hanya mudah dalam perawatan, tapi tanaman-tanaman itu juga biasanya berumur panjang. 

Anda tidak perlu repot menyirami setiap hari dan mengganti-gantinya dengan tanaman lain. Mereka akan ada di sana selalu, untuk menemani, memberikan kecerahan serta kesegaran dengan caranya sendiri.

No comments

Powered by Blogger.