7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Bingung memilih warna cat rumah minimalis yang bagus? Pemilihan warna cat merupakan suatu hal yang penting ketika Anda merenovasi atau membangun rumah. Banyak faktor yang harus Anda perhatikan, loh. Mulai dari desain rumah, kesan yang ingin terlihat, hingga pencahayaan untuk setiap ruangan.

Jika Anda salah memilih warna cat rumah minimalis. bisa membuat suasana rumah Anda tidak menyenangkan dan anggota keluarga tidak betah berlama-lama di rumah. Anda tidak mau seperti itu bukan? 

Yuk intip 7 tip menentukan warna cat rumah minimalis: simpel tapi tampak mewah yang dapat membantu Anda!

1. Pilih Warna Cat Sesuai Konsep dan Model Rumah

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Dalam menentukan warna cat rumah minimalis, langkah paling awal dan dan paling penting yang  Anda lakukan adalah mengenali konsep dan model rumah. Warna cat rumah minimalis yang diterapkan akan mempengaruhi kosen dan model rumah Anda agar terlihat serasi.

Saat membangun atau merenovasi rumah, konsep dasar dari rumah sangat berperan penting karena mempengaruhi jenis dan warna furnitur yang akan mengisi rumah. Selain itu, konsep juga berpengaruh terhadap bentuk dan penataan ruang. Beberapa komponen tersebut merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan warna cat.

2. Menentukan Kesan di Setiap Ruangan

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Sebelum memilih warna cat rumah minimalis untuk hunian Anda, Anda menentukan dulu kesan apa yang ingin dibangun dari setiap ruangan. 

Untuk kesan rumah yang ceria dan bersemangat, Anda bisa mengkombinasikan cat rumah yang berwarna cerah seperti kuning terang, putih, biru, dan merah muda. Jika ingin memberikan kesan mewah, gunakan warna monokrom seperti hitam, abu-abu, dan putih. Gunakan cat berwarna krem, coklat, atau hijau jika ingin membangun suasana hangat di rumah.

3. Memulai dari Ruangan yang Tidak Begitu Luas

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Jika Anda masih belum yakin dengan warna cat rumah minimalis yang bagus menurut pilihan Anda pribadi, ujilah di salah satu ruangan dengan luas tembok yang tidak terlalu luas. Ruangan yang tidak terlalu luas ini bisa kamar mandi, tembok lorong yang ada diantara ruangan, atau tembok yang akan ditutupi oleh wallpaper dinding. Pilih area yang mudah dilihat, ya. Jadi Anda dapat melihat hasil secara mudah dan secepat mungkin.

4. Pencahayaan yang Tepat

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Tip memilih warna cat rumah minimalis haarus mempertimbangkan pencahayaan juga. Pencahayaan bisa dari sinar matahari yang alamai dan dari lampu. 

Saat sedang mencoba warna cat di dinding putih, perhatikan juga penampilan warna di bawah pencahayaan berbeda. Amati warna di dinding pada pencahayaan yang berbeda, misalnya saat pagi hari, siang hari, atau malam hari. Sesuaikan warna dan pencahayaan dengan posisi furnitur di ruangan tersebut.

Jenis lampu juga berpengaruh terhadap warna dari dinding ruangan. Misalnya lampu bohlam yang berwarna kekuningan akan membuat warna kuning, oranye, atau merah pada dinding menjadi semakin tampak jelas, sementara warna biru dan hijau menjadi tertutup.

5. Paduan Warna Cat dan Dekorasi Ruangan

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Tip yang kelima ini juga harus Anda perhatikan, yaitu menentukan keseimbangan dekorasi rumah dan warna cat rumah minimalis milik Anda. Nantinya Anda akan mengaplikasikan warna cat ini di rumah Anda.

Jika pada suatu ruangan akan dipasang dekorasi seperti hanging wall decor, lukisan dinding, coffee table, vas bunga, maka hal-hal tersebut harus dipertimbangkan kecocokannya dengan warna cat ruangan. Bentuk, warna, serta lokasi peletakan benda-benda tersebut merupakan unsur yang harus diperhatikan agar antara dekorasi dan warna dinding lebih serasi.

Jika ruangan tersebut memiliki warna dinding yang netral dan tidak menantang, dekorasi ruangan bisa menjadi trik untuk meramaikan suasana. Taruh beberapa dekorasi dengan warna cerah untuk mengimbangi warna dinding netral.

6. Mengaplikasikan Warna Cat yang Berbeda di Setiap Ruangan

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Dalam satu rumah akan terdiri dari beberapa ruangan. Ada beberapa ruangan yang dindingnya perlu untuk diberi warna. Ruangan satu dengan yang lain harus serasi . Keserasian tersebut bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi, serta pencahayaan yang tepat.

Seperti kamar tidur, Anda bisa mengaplikasikan warna biru muda atau hijau muda. Warna tersebut akan mempengaruhi kualitas tidur. Pilih warna yang memiliki kesan menenangkan agar lebih rileks dan cepat tertidur.

Anda juga bisa memilih warna cat rumah minimalis seperti warna jingga tua atau orange untuk bagian. Warna jingga dapat membawa energi dan semangat ke dalam ruangan dapur.

7. Finishing yang Berbeda

7 Tip Menentukan Warna Cat Rumah Minimalis: Simpel tapi Tampak Mewah

Tip selanjutnya yaitu memilih finishing yang berbeda untuk tiap warna pada setiap ruangan. Finishing matte merupakan jenis yang paling umum digunakan. 

Finishing glossy merupakan finishing yang akan membuat dinding terlihat licin dan memantulkan cahaya. Teknik pengecatan ini akan membuat dinding mudah dibersihkan jika terkena kotoran.

Ada pula finishing satin. Finishing ini seperti bahan satin yang mengkilap dan licin, tetapi tidak selicin glossy.

Nah, Itulah 8 tip memilih warna cat rumah minimalis. Warna cat rumah minimalis merupakan unsur penting yang akan merubah tampilan rumah secara keseluruhan. Memilih warna cat  rumah minimalis harus dilakukan dengan persiapan yang matang agar tidak menyesal dengan warna yang dipilih.

Make it come true for your dream house!


No comments

Powered by Blogger.