Trik Jualan Barang Tak Terpakai dalam Garage Sale



MYBIGPROPERTY.COM - Sedang pengin menyingkirkan berbagai barang yang sudah tak dipakai lagi, setelah beres-beres dan bebersih rumah? Pakaian-pakaian, perabotan, bahkan furniture? Coba jual melalu garage sale, yuk!

Tapi menjual barang-barang di garage sale perlu taktik khusus, supaya lebih sukses. Mau tahu? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Sebelum mulai garage sale, perhatikan dulu beberapa hal berikut

1. Pastikan kualitasnya masih bagus

Meski sudah tak terpakai lagi, tapi pastikan barang-barang yang akan Anda jual dalam garage sale layak jual dan pantas untuk dipakai oleh orang laun.

Jadi, mulailah menyortir barang-barang Anda, pastikan cacatnya tak terlalu banyak atau mengganggu pandangan, masih kuat, dan kira-kira masih awet untuk beberapa waktu lamanya lagi.

Beberapa barang yang bisa dijual kembali dalam garage sale misalnya pakaian, sepatu, tas, aksesoris fashion (kalung, cincin, anting-anting, dan lain-lain), kosmetik yang belum dipakai, perabot rumah, peralatan dapur, peralatan berkebun, perkakas, barang elektronik, majalah dan buku-buku, pajangan hingga mainan anak.

2. Tak perlu untung

Karena barang-barang yang Anda jual dalam garage sale merupakan barang-barang yang sudah pernah Anda pakai, maka harga jualnya pun tentu harus lebih murah.

Sampai seberapa berkurangnya? Mungkin sepertiga hingga setengah harga dulu saat Anda membelinya. Wah, kok murah sekali? Iya, perlu Anda ingat, bahwa garage sale yang Anda lakukan ini kan untuk mengurangi tumpukan barang tak terpakai di rumah. Bukan untuk mencari untung.

Agar tak ribet, pastikan harga jualnya merupakan angka yang bulat, sehingga Anda tak perlu repot mencari kembalian. Misalnya patok saja harganya di Rp10.000, atau Rp25.000, Rp50.000, dan seterusnya.


3. Adakan saat akhir pekan dan di awal bulan

Ya, jangan menyelenggarakan garage sale di akhir bulan, saat semua orang sedang menanti gaji. Adakanlah di awal bulan, di akhir pekan.

Hindari pula waktu liburan panjang, karena pasti semua orang lebih memilih berlibur.


4. Promosikan

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan garage sale Anda. Informasikan barang apa saja yang akan dijual, dan tanggal berapa serta pukul berapa garage sale akan dibuka.

Promosikan garage sale Anda sejak akhir bulan, untuk garage sale yang diadakan di awal bulan berikutnya. Agar orang sempat siap-siap dulu, mungkin merencanakan untuk menyisihkan uang gajiannya untuk belanja di garage sale Anda.


5. Jual juga via online

Jika masih ada yang belum terjual, Anda bisa jual secara online. Sekarang ini banyak  marketplace yang bisa Anda titipi jualan. Selain melalui marketplace, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram ataupun media sosial yang lain.


Nah, bagaimana? Sepertinya asyik ya, garage sale ini? Selain Anda jadi bisa mendapatkan tambahan uang, rumah pun jadi lebih rapi karena tumpukan barang tak terpakai tak ada lagi.

No comments

Powered by Blogger.