3 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Gaya Interior Eklektik dan 3 Cara Mendekorasi Ruangannya



MYBIGPROPERTY.COM - Biasanya, rumah zaman now itu bergaya minimalis-modern. Ini karena lahan-lahan perumahan sekarang itu memang tidak sebesar kaveling-kaveling dulu. Dengan gaya minimalis, orang bisa mendapatkan kesan lebih luas dan sederhana tanpa banyak detail juga perabot di rumahnya yang tidak terlalu besar.

Tapi, apakah dengan begitu berarti gaya lain tidak bisa diaplikasikan di dalam rumah? Haruskah bergaya rumah seragam dengan yang lainnya? Lalu bagaimana nasibnya selera pribadi yang pada dasarnya berbeda-beda pada setiap orang? Huft!

Berhenti berpikiran negatif dulu. Tentu saja rumah bisa diisi dengan beragam gaya sesuai kepribadiannya –walau dari depan rumahnya tampak sama karena sudah “template” dari pengembangnya. 

Nah, untuk Anda yang suka dengan keunikan, gaya interior Eklektik ini bisa dicoba, lo!

Oya, sebelumnya, ini 3 hal yang perlu diketahui terlebih dulu tentang gaya interior Eklektik!


1. Gaya Ekletik = Unik

Karena tidak ada ketentuan khusus dalam pemilihan barang-barangnya, maka gaya interior Eklektik itu sangatlah unik. 

Anda bisa mendekorasi ruang-ruangnya dengan berbagai jenis gaya, mulai dari minimalis-modern, mewah-klasik, shabby, gotik, dan sebagainya. Gaya ini juga bisa terdiri pola-pola, bentuk, tekstur/materi, bahkan warna yang beragam.

2. Penuh Percaya Diri

Biasanya yang berani mengekspresikan dirinya melalui barang-barang di rumah adalah mereka yang penuh percaya diri. 

Gaya interior Ekletik bisa berarti dinding bercat putih bersih atau warna-warni terang, sampai penggunaan wall paper yang bermotif ramai. Kalau di luaran Anda masih suka malu-malu dan kurang PD, silakan bebaskan perasaannya dengan berkarya di rumah, ya!


3. Bercita-rasa Seni

Meskipun didekorasi dengan berbagai macam gaya, tapi bukan berarti gaya interior Eklektik itu berantakan adanya. 

Semua hal dalam mengaplikasikannya itu benar-benar diperhitungkan. Ada serangkaian pertimbangan mix and match sebelum mengecat, membeli furniture, juga menaruh pajangan di dalam rumah bergaya Eklektik. 

Jadi, di sanalah cita-rasa seninya, yaitu kepandaian memadu-padankan semua komponen.


Dan ini adalah 3 cara mendekorasi ruangan bergaya eklektik yang bisa ditiru. Simak ya!


1. Gunakan Barang-barang Reused and Recycle

Keistimewaan dari dekorasi gaya interior Eklektik adalah penggunaan barang-barang bekas dan daur ulang. Ini dengan tujuan agar barangnya tidak seragam dengan yang ada di rumah lain, juga mendapatkan kesan unik.

Gebyok kayu tua, misalnya, bisa diaplikasikan sebagai pintu depan, yang bisa Anda peroleh dari toko furnitur di kota atau bahkan langsung ke Jepara, juga bisa mencarinya melalui online.

2. Pemandangan Kontras

Yang unik tentang gaya ini adalah kekontrasannya. 

Anda bisa meletakkan sofa berwarna kuning terang di ruang keluarga, dengan menggelar karpet biru di tengahnya, dan mengecat atau menempel wall paper warna-warni di dindingnya. 

Eklektik itu kesannya cerah-ceria dan ekspresif, bukannya kalem dan monoton. Jadi, bebaslah berkreasi dan me-min and match, ya!


3. Penuhi Ruangan

Satu lagi yang keren dari gaya interior Eklektik adalah bahwa ia tidak membiarkan sedikit pun ada kekosongan yang membosankan. 

Jadi, penuhilah dinding-dinding rumah dengan berbagai ukuran bingkai foto orang-orang tersayang. Tidak hanya frame, tapi carilah barang-barang yang sekiranya cocok untuk ditempel di dinding ruangan lain, misalnya kain Ulos dari Sumatera Utara, atau hal-hal yang memorable seperti alat pancing andalan, lukisan abstrak anak-anak, dan sebagainya. 



Menakjubkan bukan, gaya interior Eklektik ini? Selain membuat kita bebas berkespresi, ruangan dengan dekorasi ini akan dapat menambah semangat karena semua adalah hasil kreasi sendiri. 

Nah, selamat menata rumah, ya!

No comments

Powered by Blogger.