Tip Menanam Tanaman Hias di Dalam Ruangan



MYBIGPROPERTY.COM - Bunga plastik di dalam rumah? Ketinggalan zaman! Yuk, menanam tanaman hias hidup di dalam rumah!

Memangnya bisa? Bisa dong. Ada beberapa tanaman hias yang memang cukup mudah untuk dipelihara di dalam rumah, bahkan juga di dalam apartemen. Pilih saja beberapa jenis tanaman yang tidak terlalu memerlukan air dan sinar matahari untuk tumbuh.

Nah, jika Anda tertarik, berikut beberapa tip untuk menanam tanaman hias di dalam ruangan rumah ataupun apartemen Anda.

Tip merawat dan menanam tanaman hias di dalam ruangan

1. Sesuaikan peletakan tanaman hias dengan ruangan yang ada

Ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, foyer, dan ruang kerja adalah ruang-ruang yang cocok untuk diberikan sentuhan tanaman hias seperti ini.

Sesuaikan proporsi tanaman dengan gaya interior rumah. Misalnya, untuk mengimbangi banyaknya elemen logam di dalam interior, perbanyak tanaman hias di dalam ruangan yang bergaya industrial.

Akan lebih baik jika tanaman hias diletakkan di nakas, meja samping, ataupun di ambang jendela, sehingga ia akan tetap terpapar sinar matahari.

2. Sesuaikan Jenis tanaman

Beberapa jenis tanaman hias yang mudah dikembangkan di dalam ruangan adalah sukulen, sirih gading, dan beberapa jenis air plant seperti Tillandsia stricta, Tillandsia fuego, Tillandsia adreana, dan Tillandsia ionatha.

Bentuk tanaman-tanaman hias ini kecil, namun punya daya tarik yang unik. Selain itu, perawatannya juga mudah.

3. Perawatan

Untuk perawatan, masing-masing jenis tanaman hias memang punya kriteria handling sendiri-sendiri.

  • Sirih gading memiliki kemampuan menyerap nikotin dan memfilter udara. Tanaman ini adalah termasuk yang paling mudah dirawat. Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan atau tanpa paparan matahari. Yang akan berbeda adalah daunnya; yang cukup terkena matahari, daunnya akan berukuran besar dan akan mempunyai banyak warna. Sementara yang jarang, daunnya kecil dan hanya memiliki warna hijau saja. Media tanamnya bisa berupa air dan tanah. Siramlah jika tanahnya mulai kering. Berikan pupuk NPK setiap 3 bulan sekali. Untuk media air, tambahkan minyak kelapa sekitar 0.5 cm untuk membunuh jentik nyamuk. Letakkan tanaman ini di kamar mandi, dan di ruang keluarga.
  • Sukulen; Sedum, Peperomia graveolens dan Haworthia faciata tergolong tanaman sukulen yang paling mudah ditanam di mana saja, hanya butuh disiram setiap 4 hari sekali. Media tanamnya adalah tanah yang dicampur dengan gabah atau pasir 2:1. Yang harus dicatat, media tanam sukulen tak boleh terlalu lembap. Sukulen sebaiknya ditaruh di dekat jendela, karena ia butuh matahari tak langsung.
  • Air plant, misalnya seperti Tillandsia stricta, Tillandsia fuego, Tillandsia adreana dan Tillandsia ionantha. Jenis tanaman hias ini mengambil makanan dari udara, sehingga tak membutuhkan media tanam, karena di alam bebas pun mereka dapat tumbuh dengan menumpang pada tanaman lain. Tempelkan tanaman hias ini di bilah-bilah kayu atau dahan pohon yang sudah mati. Semprotkan air sekali sehari saja. Kalau sudah agak layu, rendam air plant dalam air selama 1 jam. Jangan masukkan air plant dalam wadah tertutup ya, karena air plant harus selalu terkena udara.


Bagaimana? Mudah bukan, perawatan tanaman hias dalam ruangan ini? Tunggu apa lagi? Yuk, segera ke penjual tanaman dan pilih tanaman hias yang paling cocok mengisi rumah Anda.

No comments

Powered by Blogger.