9 Jenis Tanaman Herbal yang Wajib Ditanam di Halaman Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Menanam tanaman di halaman merupakan salah satu hal yang biasa kita lakukan untuk menata rumah tempat tinggal, sekaligus untuk menyegarkan udara. Jenis tanamannya sih tergantung selera. Mau bunga-bunga, tanama pohon-pohon rindang, atau sukulen. Mengapa tak sekalian menanam tanaman herbal saja?

Ya, tanaman herbal, selain bermanfaat untuk memfilter udara, bisa memberikan kita bonus lain juga, yaitu bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebagai obat pertolongan pertama, misalnya. Atau sebagai bumbu masak.

Penampilan tanaman herbal ini tak terlalu buruk juga lo, sehingga oke juga dijadikan penghias "wajah" rumah kita di depan.


Tanaman herbal apa saja yang wajib tanam di rumah? Kita lihat yuk!


Lidah buaya

Tanaman herbal satu ini memang dikenal sebagai tanaman serbaguna. Sifatnya yang dingin bisa menyembuhkan berbagai jenis inflamasi atau peradangan. Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa mengobati luka bakar, eksim, hingga jerawat. Lidah buaya juga biasa dijadikan sebagai ramuan penyubur rambut.

Selain serbaguna, pemeliharaan tanaman ini juga sangat mudah. Jadi, jangan sampai tak menanamnya di halaman rumah ya. Tanam di pot juga bagus kok.


Daun ketumbar

Daun ketumbar, atau yang sering disebut dengan Cilantro, sekilas memang mirip sekali dengan seledri. Harga jualnya cukup mahal.

Daun ketumbar biasanya dipakai sebagai bumbu, dan bermanfaat untuk mengusir stres secara alami, lantaran mengandung senyawa kaemferol yang menstimulasi hormon serotonin dan dopamin--hormon-hormon pembawa bahagia.


Daun cincau

Daun cincau juga memiliki sifat dingin, seperti halnya lidah buaya. Itulah sebabnya tanaman herbal ini sering digunakan untuk menetralisir rasa panas dalam tubuh. Dibuat dalam bentuk agar-agar, misalnya. Cincau juga bagus untuk pencegahan osteoporosis.


Thyme

Tanaman herbal satu ini punya daun yang mungil dan runcing. Seduhlah layaknya teh, kemudian minum selagi masih hangat untuk melegakan kerongkongan dan tenggorokan.


Daun kemangi

Daun kemangi beraroma wangi, sehingga ampuh untuk menghilangkan bau badan, selain enak sekali disantap sebagai lalapan. Sejak dulu, tanaman herbal ini dikenal sebagai obat untuk diare, mag, dan mual. Bahkan penyakit berat seperti batu ginjal pun bisa diobati dengan daun kemangi.


Daun mint

Seperti halnya kemangi, daun mint terkenal akan aromanya yang segar dan wangi. Daun mint yang mengandung menthol acetate, menthone, dan menthol, terkenal berkhasiat untuk kesehatan mulut,


Seledri

Seledri sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi, lantaran punya khasiat bisa meredakan tekanan darah sehingga kembali ke normal. Seledri juga berkhasiat mengganti elektrolit tubuh yang hilang, sehingga baik untuk mereka yang suka berolahraga.


Mahkota dewa

Daun ini terkenal sebagai penyembuh hipertensi, stroke, tumor dan kanker secara alami, lantaran khasiatnya yang mampu melancarkan peredaran darah dan meluruhkan kolesterol.


Sage

Daun dari tanaman herbal satu ini terkenal mampu menguatkan daya ingat dan konsentrasi, bahkan hanya dengan menciumnya saja lo! Karena itu, daun ini baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami gejala penyakit Alzheimer.


Nah, sekarang Anda sudah tahu tanaman herbal apa saja yang bisa ditanam di halaman rumah. Semua tanaman herbal di atas juga punya tampilan yang menarik, sehingga pasti bisa menambah asri dan indah rumah Anda.

Segera cari benih-benihnya yuk!

No comments

Powered by Blogger.