Cara Membuat Terarium Sendiri di Rumah

Cara Membuat Terarium Sendiri di Rumah


MYBIGPROPERTY.COM - Anda pengin memasukkan tanaman ke dalam rumah? Mengapa tak coba membuat terarium sendiri? Ternyata, cara membuat terarium ini cukup sederhana lo.

Memang sih, banyak terarium yang dijual yang bagus-bagus dan indah ya? Tapi jika Anda berniat untuk membuatnya sendiri, Anda bisa memulai dari yang sederhana dulu.

Berikut ini cara membuat terarium yang paling mudah dan pasti berhasil.

Peralatan dan bahan yang harus disiapkan:

Cara Membuat Terarium Sendiri di Rumah


  • Moss, atau lumut
  • Arang
  • Kerikil
  • Tanah
  • Tanaman yang mudah pemeliharaannya, seperti jenis-jenis sukulen
  • Wadah terarium yang cantik. Anda bisa menggunakan akuarium bulat, stoples kaca, ataupun mason jar.
Cara membuat:

Cara Membuat Terarium Sendiri di Rumah - Infografis

  1. Pilih wadah yang sesuai dengan selera Anda.
  2. Pilih tanaman apa saja yang akan Anda tata di dalam terarium. Beberapa jenis tanaman yang sering ditanam dalam terarium adalah jenis-jenis sukulen, anggrek, telanosia, jade, dan lain-lain. Anda bisa menggali informasi dari para penjual tanaman hias mengenai tanaman indoor yang mudah pemeliharaannya.
  3. Susunlah dalam wadah secara berturut-turut: kerikil, arang, lumut, tanah, tanaman-tanaman, dan terakhir dekorasi lainnya sesuai selera Anda.
  4. Setelah tersusun, Anda harus memastikan kelembapan masing-masing bahan-bahan tersebut sudah pas. Jika Anda masih ragu-ragu dalam pemberian airnya, Anda bisa menggunakan sendok teh atau sendok makan untuk mengairi terarium Anda.
  5. Cek sehari setelahnya, jika ada uap air di dinding terarium, berarti kelembapan lingkungan dalam terarium sudah pas. Kalau belum ada uap air keesokan harinya, berarti kelembapannya masih kurang. Jaga supaya jangan sampai terlalu basah.
  6. Terarium yang tertutup biasanya lebih lembap, sehingga kadang kita hanya perlu menyiraminya sekali atau dua kali setahun saja. Sedangkan terarium yang terbuka biasanya harus lebih sering disiram, namun tidak sesering tanaman lain juga. Siramilah hanya jika tanahnya terlihat kering, dengan sendok teh.
Mudah kan, cara membuat terarium sendiri di rumah ini? Pemeliharaannya pun tak terlalu rumit. Pastinya rumah Anda akan lebih meriah dengan kehadiran warna-warna segar dari terarium.

Selamat mencoba!




No comments

Powered by Blogger.