7 Kesalahan Kecil yang Sering Terjadi Saat Mendesain Ruang di Rumah

7  Kesalahan Kecil yang Sering Terjadi Saat Mendesain Ruang di Rumah


Sering kali ketika kita akan mendesain ruang di rumah, selalu saja ada beberapa hal yang rasanya kurang cocok. Sudah dicoba menatanya dengan berbagai gaya, masih saja rasanya ada yang kurang.

Padahal salah desain bisa membuat ruangan menjadi tidak nyaman ditinggali. 

Well, mari kita lihat hal-hal apa saja yang bisa menjadi kesalahan kecil dalam mendesain ruang di rumah, tapi bisa memberikan efek yang besar.


7 Kesalahan kecil yang biasa terjadi saat kita mendesain ruang di rumah


1. Pencahayaan yang Kurang

Pencahayaan merupakan aspek penting untuk kenyamanan di dalam ruangan yang ada di rumah. Jika cahayanya kurang, maka ruang tersebut akan terasa lebih pengap dan kurang bagus untuk difungsikan. 

Selain itu, pencahayaan yang kurang juga bisa memengaruhi kesehatan kita lo. Bukan hanya itu saja, pencahayaan yang kurang baik akan membuat ruangan di rumah akan terasa lebih sempit.


2. Hanya Memakai Satu Jenis Warna Saja

Anda pasti pernah mendengar salah satu trik desain interior--utamanya saat kita mendesain ruang di rumah--bahwa kalau sebuah ruangan diberi warna terang, maka tampilan ruangan akan jauh lebih luas. Namun jika warna interiornya cenderung gelap, makaakan terkesan lebih sempit.

Nah, sebenarnya ini bisa diakali. 

Kadang kita tidak sadar, saat hendak mendesain ruang di rumah itu, kita hanya memakai satu warna saja. Sehingga saat pengecatan interior sudah selesai, baru deh terlihat kalau ruangannya menjadi monoton, kurang menarik, kurang hidup, dan kurang enak dilihat. 

Cobalah untuk mix dan match beberapa warna--yang sesuai, tentu saja--yang diaplikasikan sekaligus dalam satu ruangan. Misalnya, aplikasikan warna terang pada dinding-dinding, lalu warna gelap pada garis-garis tertentu, sebagai aksen.

Jadi, sebelum mulai mengecat, rencanakanlah dulu penggunaan warna interior Anda.

Mungkin memang menjadi pemilik rumah untuk mengumpulkan dan memajang pernak-pernik. Itu tidak salah. Hanya saja, untuk menatanya, kita perlu trik khusus. 

Sesuatu yang berlebihan biasanya akan menghasilkan sesuatu yang kurang sinkron. Demikian pula ketika kita menampilkan terlalu banyak dekorasi dan pernak-pernik rumah. 

Ingatlah akan prinsip less is more.
Anda bisa mencoba gaya vignette jika memang ingin memamerkan koleksi pernak-pernik Anda di rumah.


4. Pemilihan Furnitur yang Kurang Pas


Agar bisa memasukkan furnitur yang pas di dalam ruangan, maka pastinya kita harus memastikan kebutuhan ruangan yang akan didesain. 

Jika pemilihan furniturnya kurang pas, maka bisa membuat ruangan menjadi terkesan lebih sempit. 

Misalnya saja, ruang kerja kita yang mungil dipenuhi oleh furnitur-furnitur berukuran besar dan peuh dengan ornamen. Yang seperti ini pasti tidak akan menimbulkan rasa nyaman saat bekerja. Bisa sampai memengaruhi produktivitas lo.

Jadi, sebaiknya sesuaikan gaya dan ukuran furnitur dengan kondisi ruangannya serta fungsinya.


5. Mendesain Ruang di Rumah Tanpa Perencanaan

Ketika akan mendesain ruang, kesalahan kecil yang sering terjadi bagi kebanyakan orang yaitu dengan mendesain tanpa melihat kebutuhan. 

Hal ini kemudian mengakibatkan ruangan jadi terasa kurang kompak, dan kebutuhan kita pun jadi tak bisa terakomodasi dengan baik.

Karena itu, sebelum mulai mendesain, lakukan perencanaan terlebih dahulu. Identifikasi kebutuhan apa saja yang akan muncul di dalam ruangan tersebut. Setelah itu, tentukan mood ruangan yang diinginkan, baru mencari furnitur dan dekorasi yang pas dengan perencanaan.


6. Terlalu Banyak Menyimpan Barang

Tantangan dalam mendesain ruang adalah saat kita punya banyak sekali barang dan ingin semuanya bisa terwadahi dalam satu ruangan tersebut.

Hal ini bisa membuat ruangan jadi terkesan semakin sempit.

Kembali lagi seperti poin 3 di atas; terapkan prinsip less is more. Di MyBigProperty ada beberapa tip untuk mendesain ruang sempit agar terlihat luas. Silakan dicoba ya.

7. Penempatan yang Kurang Pas

Setelah pemilihan furnitur, selanjutnya yang menjadi PR terbesar adalah penempatannya yang kadang agak tricky.

Misalnya saja, mungkin sofa tidak harus berada di tengah ruangan. Mungkin ia akan lebih baik jika diletakkan di samping jendela. Selain bisa memberikan ruangan yang tersisa lebih luas, Anda barangkali juga bisa menghemat lampu baca, lantaran ada banyak cahaya matahari yang masuk melalui jendela.

Berpikirlah secara luas, dan jangan takut untuk melanggar kaidah penataan ruangan selama Anda merasa nyaman.



Itulah beberapa kesalahan sepele saat mendesain ruang di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.



No comments

Powered by Blogger.