Tip Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Nyaman dan Semangat Kerja Pun Terjaga

Tip menata ruang kerja di rumah


MYBIGPROPERTY.COM - Barangkali ada di antara Anda yang bekerja dari rumah. Pastinya Anda akan memerlukan ruang kerja kan ya?

Dan, konon, yang namanya mood kerja itu berbanding lurus dengan kenyamanan ruang kerja. Iya, kita harus mengakui, kalau ruang kerja kita nyaman dan enak, pastinya semangat kerja juga akan terjaga baik.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menata ruang kerja di rumah yang nyaman.


Tip menata ruang kerja yang nyaman di rumah


Sortir dan hanya masukkan barang-barang yang penting saja

Mungkin Anda termasuk dari mereka yang hobi membawa berbagai macam barang ke dalam ruang kerja, mulai dari majalah-majalah, stoples isi kopi atau teh, lengkap dengan sachet-sachet gula. Lalu ada juga simpanan mug berbagai ukuran.

Di sudut lain, Anda mungkin juga menyimpan berbagai camilan dalam wadah-wadah. Jadi, kalau pengin ngemil, tak perlu jauh-jauh.

Well, ruang kerja Anda bukanlah kamar kos. Yang bisa dikeluarkan dan ditempat di ruangan lain, mengapa tidak dikeluarkan saja?

Makanan dan minuman biar saja ada di dapur atau ruang makan. Kalau Anda bisa berjalan dulu untuk mengambil makanan dan minuman, bukankah lebih baik? Anda bisa sambil meluruskan kaki dan rehat sejenak, bukan?

Dengan mengeluarkan barang-barang yang tak harus berada di dalam ruang kerja, maka ruangan kecil tempat Anda bekerja akan semakin lapang.


Bersihkan isi laci

Sekarang giliran laci. Coba, perhatikan paper clips yang tercecer, penghapus yang terselip di antara kotak-kotak staples, juga barangkali ada kertas-kertas bertumpuk yang bisa disortir.

Pisahkang barang-barang kecil lalu tempatkan dalam wadah. Rapikan kertas-kertas, juga tempatkan dalam wadah yang cantik juga. Buang yang sudah tak terpakai.

Juga barangkali ada selotip-selotip, lem kertas, penghapus, gunting, cutter, dan sebagainya. Kelompokkan menurut ukuran masing-masing, dan kemudian tempatkan juga dalam wadah.


File dalam binder

Untuk dokumen-dokumen penting, binder warna-warni bisa menolong Anda.

Aturlah dokumen-dokumen tersebut dalam binder sesuai dengan kategorinya. Misalnya, binder warna merah untuk file dokumen klien A, biru untuk klien B, kuning untuk dokumen legal, dan sebagainya.

Bisa juga Anda pisahkan sesuai dengan proses pengerjaannya, misalnya 'Sudah Dikerjakan', 'Segera Dikerjakan', dan 'Sedang Dikerjakan'.

Dengan filing yang rapi, Anda bisa dengan cepat meraih binder yang sesuai dengan jenis kebutuhannya.


Pilih rak buku yang sesuai kebutuhan

Menata buku secara horisontal di atas meja sangatlah membuang tempat. Akan lebih baik jika Anda menggunakan rak buku yang sesuai dengan kebutuhan dan juga ukuran serta bentuk ruangannya.

Misalnya, jika memang ruang kerja Anda sempit dan Anda merasa perlu untuk punya rak buku, mengapa tak membuat rak buku yang menempel di dinding?

Ukur secara tepat dan sesuaikan dengan kondisi ruang kerja, lalu pesanlah pada mereka yang memang sudah profesional. Rak buku customized seperti ini pasti bisa menghemat tempat lebih baik.


Rapikan kabel

Pastinya ruang kerja Anda juga penuh dengan kabel, lantaran berbagai alat yang Anda pergunakan untuk bekerja.

Kabel yang berseliweran ini sungguh menyakitkan mata. Untuk itu, coba Anda ambil pipa paralon, dan taruh kabel-kabel dalam pipa supaya tak terlihat. Pastinya Anda juga harus menempatkan pipa paralonnya sedemikian rupa, sehingga tak mengganggu pemandangan ya.

Selain merapikan kabel, Anda juga harus ingat, bahwa jangan terlalu banyak stop kontak tertancap dalam satu terminal listrik. Lebih baik Anda tambahkan lagi beberapa terminal dalam ruang kerja Anda.



Nah, memang, prinsip ruang kerja yang rapi adalah membiasakan untuk beberes meja kerja sebelum dan sesudah kita menggunakannya. Pisahkan semua barang sesuai kategorinya dalam satu tempat, buang yang sudah tak terpakai, dan kembalikan semua peralatan ke tempatnya masing-masing.

Selamat menata ruang kerja ya!

No comments

Powered by Blogger.