5 Trik Membuat Ruangan Sempit Menjadi Terasa Luas



MYBIGPROPERTY.COM - Tinggal dalam rumah kecil tak seharusnya membuat Anda tak nyaman, bukan?

Yang Anda perlukan adalah menatanya sedemikian rupa, hingga ruangan rumah kecil yang sempit tetap terasa luas dan nyaman, seperti dengan menyesuaikan furnitur atau perabotan yang dipergunakan, permainan warna dan cahaya, juga memaksimalkan ruang sirkulasi.

Berikut adalah beberapa trik untuk membuat ruangan sempit menjadi terasa luas yang mungkin dapat Anda praktikkan.


1. Turunkan ketinggiannya

Pada prinsipnya, untuk menciptakan kesan ruangan yang luas, adalah sebisa mungkin memberikan ruangan kosong di setiap sudut rumah. Salah satunya, pada dinding.

Jangan penuhi dinding rumah Anda dengan barang-barang. Jangan tutup seluruh dinding dengan furnitur. Pilihlah furnitur yang ketinggiannya rendah, antara 75 – 100 cm.

Kalaupun Anda memerlukan lemari pakaian yang besar, lebih baik pecahlah menjadi beberapa lemari kecil. Atau Anda bisa juga tetap menggunakan lemari tersebut, tapi sisakan ruangan yang kosong juga di sekitarnya.

2. Pilihlah furnitur yang berkesan ringan

Furnitur yang berkesan ringan adalah furniture yang menampakkan kaki-kakinya yang ramping. Jangan memilih furnitur dengan kaki yang besar, karena akan tampak berat.

Sebaiknya juga menghindari sofa fully-upholstered, atau sofa yang tertutup kain hingga ke kaki-kakinya.

Jika Anda memang menginginkan sofa untuk hadir dalam ruangan Anda, pilihlah yang berukuran tak terlalu besar, menampakkan kaki-kakinya, dan bergaya minimalis.

3. Pasang aksesoris yang tepat

Jika Anda ingin menambahkan hiasan pada dinding Anda, cermin adalah pilihan yang tepat. Cermin akan memantulkan kembali bayangan ruangan rumah Anda yang akan menambah kesan luas di dalamnya.

Namun tak berarti pula, Anda harus memenuhi setiap ruangan dengan cermin, ya. Anda bisa memadupadankannya dengan pigura-pigura foto keluarga berukuran kecil yang Anda komposisikan sedemikian rupa, atau bisa juga memadukannya dengan poster-poster simpel yang menambah motivasi hidup Anda.

4. Singkirkan tirai dan karpet

Tirai akan mempersempit area pandang, baik antar ruangan maupun keluar rumah Anda.

Jika memang Anda tetap menginginkan ada korden yang bisa menutup jendela Anda, mungkin di malam hari, pilihlah yang berbahan ringan dan berwarna yang sama dengan warna dinding Anda.

Pastikan untuk selalu membukanya di pagi hari, agar ruangan terasa lega dan juga agar sinar matahari bisa masuk dengan leluasa.

Hal yang sama berlaku juga untuk karpet. Saat karpet dibentangkan di dalam ruangan, maka terciptalah “ruangan” di dalam ruangan, sehingga akan menambah kesan sempit dalam ruangan tersebut.

Ruang sempit dalam rumah bisa diatasi dengan menambahkan ruang terbuka, tentunya hal ini tak bisa didapatkan dengan menambahkan “ruangan” lain di dalam ruang tersebut bukan? Jadi, sebaiknya simpan saja karpet Anda, pergunakan saat Anda memang membutuhkannya.

5. Pilih rak-rak terbuka dan modular 

Rak modular adalah rak-rak minimalis yang biasanya hanya terdiri atas kotak-kotak simpel, yang bisa disusun bagaikan puzzle.

Rak-rak seperti ini memang cocok sekali Anda pergunakan jika Anda memerlukan tempat untuk memajang koleksi pernak pernik, buku, dan sebagainya. Rak-rak modular memungkinkan Anda untuk menyusunnya sedemikian rupa disesuaikan dengan ketersediaan tempat tanpa membuatnya tampak penuh.



Dengan beberapa trik yang bisa membuat ruang sempit terasa luas di atas, rumah kecil Anda akan semakin nyaman untuk ditinggali.

Rumah yang nyaman merupakan awal dari sebuah keluarga yang bahagia, bukan?

No comments

Powered by Blogger.