Yuk. Tata Lagi Interior Rumah dengan Metode Vignette Tanpa Harus Beli Aksesoris Baru!



Interior rumah yang cantik itu berarti isinya adalah barang-barang bagus dan mahal? Ah, tidak juga!

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya untuk menata interior rumah yang cantik itu hanya diperlukan daya kreativitas kita saja, yaitu kemampuan untuk menata barang-barang di dalam rumah, agar tampak lebih enak dipandang.

Barangnya ya barang biasa saja padahal, seperti layaknya dipunyai oleh banyak orang lainnya.


Image via Decoist


Nah, jika Anda berniat untuk menata interior rumah agar tidak membosankan, cobalah teknik menata rumah yang disebut vignette ini.

Di dunia desain interior, vignette atau tablescape berarti adalah kita menata barang-barang di atas meja atau apa pun yang berpermukaan datar dalam kelompok tertentu dan dengan komposisi tertentu hingga tampak indah.

Ya, mungkin Anda sudah sering melakukannya ya, namun mungkin baru sekarang tahu kalau hal tersebut dinamakan vignette.

Image via One Kings Lane


Vignette biasanya dilakukan untuk menghias meja kopi, konsol, kredensa, rak buku, bahkan nakas, di tempat-tempat yang bakalan banyak dilihat, seperti di ruang keluarga atau di ruang tamu.

Barang-barang yang ditata pun sebagian besar merupakan aksesoris rumah yang umum dimiliki oleh siapa pun, termasuk Anda juga pastinya. Misalnya seperti foto-foto, rangkaian bunga dan lilin, buku-buku, nampan dengan cangkir-cangkir yang unik, serta pernak-pernik lainnya.

Nah, pastinya dengan memanfaatkan benda atau aksesoris rumah yang sudah ada, maka hampir tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mendekorasi ulang interior rumah.

Yah, kalaupun Anda harus membeli aksesoris home decor yang baru, mungkin tak usah terlalu banyak. Mungkin Anda bisa menambah saja untuk aksesoris musiman, seperti misalnya kalau menjelang Imlek, Natal, Idulfitri atau peristiwa penting lainnya dalam keluarga Anda. Jika tidak digunakan, Anda dapat simpan untuk digunakan lagi tahun depan.

Image via Pinterest


Lalu, biasanya sih masalah muncul kalau kita merasa kurang bisa menata interior rumah dengan metode vignette begini. Takutnya kan hasilnya malah seperti toko barang bekas, berantakan, barang-barangnya berceceran.

Terus bagaimana dong?

Tenang, ikuti saja beberapa langkah menata interior rumah dengan metode vignette berikut.


  • Tentukan benda apa yang akan menjadi hero-nya, yang menjadi bintang dalam komposisi vignette yang akan dibuat. Biasanya sih yang warnanya mencolok, ukurannya besar, atau ya pokoknya yang paling menonjol deh.
  • Buatlah tema yang bisa menjadi benang merah dalam komposisi vignette tersebut. Misalnya, warna, barang-barang dan aksesorisnya semua bernuansa biru laut. Atau bisa juga tema-tema populer, seperti tema safari, tema luar angkasa, atau tema laut. 
  • Variasikan ketinggian benda supaya tampak menarik dan tidak monoton. Yang ukurannya kecil bisa Anda tempatkan di atas tumpukan aksesoris lainnya, atau buku, supaya lebih stand out.
  • Beri layer, mana yang akan menjadi latar belakang, yang berada di tengah, atau yang paling depan. Pastikan benda-benda itu tak saling menutupi meski berdekatan. Jaga supaya nggak terlalu jauh satu sama lain ya, agar tak terkesan berantakan ya.
Nah, nggak sulit kan?
Sesuaikan aksesori rumah yang akan disusun dalam komposisi vignette dengan yang sudah Anda punya.

Image via Blog West Elm


Jika Anda membutuhkan inspirasi tatanan interior rumah yang lebih banyak, Anda bisa mencarinya di Pinterest.


Selamat menata rumah!

No comments

Powered by Blogger.