Warna Cat Interior Bisa Menentukan Mood Penghuni Lo! Jangan Salah Memilih



MYBIGPROPERTY.COM - Merasa tenang dan bahagia saat berada di rumah pastilah menjadi keinginan setiap orang ya? Dan, tahukah Anda, bahwa mood Anda ini bisa banget dipengaruhi oleh warna cat interior?

"Warna sangat berpengaruh dalam kaitannya dengan bagaimana sebuah ruangan itu dirasakan oleh penghuninya. Maka dari itu, warna cat interior dapat dengan mudah memengaruhi suasana hati dan perilaku kita. Jika ada ruang yang warna catnya suram dan tanpa emosi, hal tersebut bisa membuat perasaan kita berbeda selama berada di ruangan tersebut. Dan, begitu Anda memasuki ruangan yang terang atau memiliki esensi positif tertentu, maka pasti mood pun akan naik dan baik lagi."

Demikian ungkap Andrea Lucena-Orr, seorang color expert yang tinggal di Australia.

Bahkan ada penelitian baru yang dilakukan Florey Institute of Neuroscience dan Mental Health di Melbourne, Australia, yang mengklaim bahwa dinding berwarna berbeda dapat sangat memengaruhi emosi kita.

Saat warna cat interior dipilih dengan tepat, ruangan tersebut pun bisa membuat kita rileks dan tenang, atau ceria dan bersemangat. Sementara kalau color scheme-nya salah, maka bisa banget membuat kita bosan, sedih, tegang, dan bahkan jengkel.

Yuk, ikuti terus artikel ini untuk tahu warna cat interior apa saja yang bisa membuat mood Anda di rumah menjadi lebih baik.


Beberapa warna cat interior yang bisa meningkatkan mood penghuni rumah


1. Fun and Vibrant



Warna cat interior kuning, oranye, dan pink memang dipercaya merepresentasikan keceriaan.

Tapi hati-hati. Kalau penggunaannya kurang tepat--apalagi kalau tak sesuai dengan sifat ruangannya sendiri (misalnya, untuk ruang rapat, dll yang bersifat resmi), warna-warna ini justru bisa menambah ketegangan dan membuat orang jadi mudah bad mood.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan salah satu atau ketiga warna cat interior ini, pastikan Anda mengujicobanya dulu dengan memasukkan pernak-pernik kecil ke dalam ruangan tersebut. Lalu amati dan rasakan suasana yang berubah, apakah ke arah positif ataukah negatif.


2. Cozy and warm



Pertimbangkan memilih cat warna oranye jika Anda ingin menciptakan ruang yang ramah.

Demikian kata color concept and manager Haymes Paint, Wendy Rennie. Dia merekomendasikan orange di area ruang keluarga.

"Kadang-kadang oranye terang memang bisa berkesan "angkuh". Tetapi di ruang yang tepat, warna ini bisa menghangatkan sehingga menimbulkan perasaan bahagia bagi penghuni rumah. Orang-orang jadi mudah menjalin komunikasi satu sama lain, karena "tertular" oleh energi yang dibawa oleh warna oranye ini."


3. Warna reflektif



Warna cat interior seperti hijau gelap mampu menciptakan suasana hening, karena warna ini menggambarkan alam yang menenangkan. 

"Warna seperti hijau dan biru dapat membantu Anda merasa rileks dan menyeimbang diri Anda kembali setelah lelah beraktivitas," kata Lucena-Orr. "Warna-warna penyeimbang ini akan mengubah ruangan Anda menjadi tempat peristirahatan yang tenang dan santai."

Jadi, bisa disimpulkan, warna cat interior seperti ini paling cocok di kamar tidur.


4. Light and Airy



Kamar mandi haruslah bersuasana santai dan segar. Jadi, warna cat interior yang paling cocok adalah warna-warna lembut dan yang bisa terlihat bagus jika terkena cahaya alami.

Yang harus Anda perhatikan, untuk cahaya dalam kamar mandi bisa akan tampak berbeda dengan kondisi cahaya ruangan lain dalam rumah, meski sumber cahayanya dari jenis yang sama.

Jadi, berhati-hatilah dalam pemilihan cat warna interior untuk kamar mandi. Lihat warna-warnanya di bawah sumber cahaya yang berbeda-beda, yaitu cahaya lampu (sinar putih dan sinar hangat), dan di bawah sumber cahaya alami. Jangan terburu-buru dalam memutuskan.


5. Calm and relaxed



Sentuhan abu-abu paling baik ketika Anda ingin menciptakan suasana santai. Demikian ungkap Melanie Stevenson, manajer pemasaran Cat Porter.

"Suasana yang tenang dapat diciptakan dengan tone warna abu-abu yang menenangkan. Pilihlah warna abu-abu dengan nada biru atau hijau dingin, hijau netral yang lembut, abu-abu kebiruan, ungu muda dan warna putih kabut," katanya.

Namun, jika preferensi Anda adalah untuk warna-warna hangat, yang paling santai adalah soft pink.


Nah, demikian sedikit ulasan mengenai kaitan antara warna cat interior dan mood penghuni rumah. Wah, ternyata warna cat bisa memengaruhi banget ya? Maka dari itu, pilihlah warna cat interior rumah Anda dengan saksama.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.