5 Tip Memilih Tanaman Hias yang Oke untuk Halaman Rumah

5 Tips Memilih Tanaman Hias yang Oke untuk Halaman Rumah


Mendekorasi rumah tak hanya menata ruangan di dalam rumah agar lebih nyaman ditinggali, tetapi juga mempercantik kebun alias halaman. Misalnya, seperti menambahkan tanaman hias di sana-sini, agar lebih menyegarkan, dan pastinya lebih sedap dipandang.

Apalagi sekarang kesadaran akan pentingnya tumbuhan hijau untuk hidup subur di sekitar kita juga semakin meningkat kan? Makanya, apakah Anda sudah memiliki sejumlah tanaman hias untuk ditanam di pekarangan, atau sekadar di teras rumah?

Belum? Apa yang membuat Anda ragu?

Mungkin Anda khawatir ya, jika tanaman hias itu membuat kotor? Atau mungkin, masih ada yang beranggapan bahwa terlalu banyak tanaman di halaman rumah itu berpeluang mendatangkan berbagai penyakit, seperti demam berdarah dan lain-lain? 

Anggapan-anggapan itu sebenarnya keliru lo. Ada banyak sekali pilihan tanaman hias yang bisa mendatangkan manfaat yang banyak sekali. Tanaman herbal, misalnya, selain bisa menjadi penghias rumah, ada juga yang bisa membantu kita untuk tidur nyenyak. 


Jadi, kali ini MyBigProperty akan membagikan tip dan mengajak Anda untuk memilih jenis tanaman hias yang cocok untuk halaman rumah Anda.


1. Rencanakan Tanaman Hias yang Ingin Dibeli

Sebelum pergi ke toko atau kios tanaman hias, sebaiknya Anda lihat dulu di sekitar halaman rumah Anda. Area-area seperti apa saja yang tersedia. Catat dan perhatikan berbagai kebutuhan yang ada di sekitar halaman itu dengan berdasar kondisi berikut:

Perhatikan Cahaya yang Masuk

Perhatikan posisi dan waktu jatuhnya cahaya matahari. Karena setiap tanaman hias punya karakter masing-masing dan respons sendiri-sendiri terhadap cahaya matahari. Ada yang suka cahaya pagi, ada yang lebih suka cahaya afternoon yang sedang panas-panasnya.

Hal ini penting supaya Anda nanti bisa menempatkan tanaman hias di tempat yang tepat, sehingga tidak mati.

Memastikan Tempatnya Cukup

Berikutnya, pastikan ruang yang disediakan cukup untuk menaruh tanaman hias yang akan Anda beli. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan. Kalau tempatnya cukup lega, Anda bisa merencanakan mau membeli tanaman hias yang besarnya seberapa, berapa banyak.

Kalau tempatnya terbatas, Anda pun tentu bisa memperkirakan, tanaman hias seperti apa yang hendak dibeli nanti.

Tentukan Jenis Tanahnya

Jenis tanah yang ada di halaman Anda juga bisa menentukan tanaman hias seperti apa yang Anda butuhkan. Karena setiap rumah itu memiliki tanah yang berbeda seperti tanah lempung, berpasir dan tanah liat.


2. Hindari Tanaman Hias yang Butuh Terlalu Banyak Perawatan

Tanaman hias punya karakter masing-masing. Anda perlu mengetahuinya, meski tak harus hafal juga.

Anda bisa menanyakan bagaimana cara perawatan tanaman hias yang hendak Anda beli pada penjual tanaman secara detail. Pastikan Anda tidak memilih tanaman hias yang terlalu banyak butuh perawatan. Terutama jika Anda sehari-hari sudah sibuk dengan urusan ini itu. Pasti deh akan lebih sulit bagi Anda untuk merawat tanaman yang butuh ekstra perawatan.

Ya, kecuali jika memang Anda adalah pehobi berkebun sih. Itu lain persoalan. Jika tidak, pilih saja tanaman hias yang mudah perawatannya.


3. Pilihlah Tanaman Hias dengan Kualitas Terbaik

Saat akan membeli tanaman, memang kadang kita tidak memperhatikan tanaman hias dengan saksama ya. Misalnya kita bisa saja langsung tertarik akan tanaman, dan langsung saja membelinya. Padahal mungkin tanaman tersebut bermasalah.

Sebaiknya sebagai pembeli yang baik, Anda juga cermat memperhatikan bagian-bagian tanaman yang hendak dibeli, misalnya seperti warna daun, batangnya, dan perhatikan pula tanaman hias itu terbebas dari hama ataupun gulma.


4. Sesuaikan Tanaman Hias dengan Musim

Tanaman akan berpeluang hidup lebih besar, jika tempat barunya mempunyai kondisi iklim yang hampir sama dengan habitat aslinya.

Misalnya, tanaman yang didapatkan dari Lembang Bandung, pasti karakternya berbeda dengan tanaman yang dibudidayakan di Jakarta, meski di daerah pinggiran.

Karena itu, ada baiknya, Anda menanyakan asal tanaman hias yang ingin Anda beli, dan sesuaikan dengan kondisi rumah Anda.


5. Tentukan Jumlah Biaya Sesuai Kebutuhan

Nah, yang terakhir adalah bujet, tentu saja.

Jangan sampai, karena ingin menghias rumah dan sekadar menyegarkan udara saja sampai harus mengurang kantong.

Jadi, perhitungkanlah bujet sejak awal Anda merencanakan untuk membeli tanaman hias. Yang sewajarnya saja. Banyak kok tanaman hias yang murah meriah, tapi penampilannya cantik. Tak harus memilih yang berharga mahal.


Nah, sekian tip bagaimana cara memilih tanaman hias yang tepat untuk halaman rumah kita, agar lebih menarik dan nyaman. Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.