Ingin Mulai Hobi Berkebun di Rumah? Mulailah dari 5 Hal Berikut!




MYBIGPROPERTY.COM - Anda mempunyai minat untuk menekuni hobi berkebun di rumah?

Hobi berkebun di rumah itu sangat menyenangkan! Apalagi sekarang perkembangan tanaman hias sangatlah pesat, dari yang berbunga hingga yang hanya berdaun hijau saja, dari yang kecil sampai yang besar, dari yang harganya murah meriah hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Well, selalu ada pertama kalinya untuk semua hal. Begitu pula dengan hobi berkebun di rumah.

Dan, seperti halnya menata rumah, ada beberapa teknik dasar dalam berkebun yang perlu kita ketahui sebagai pemula, sebelum kemudian kita kembangkan sendiri kemudian.
Apa saja ya?


5 Teknik dasar yang harus diketahui oleh Anda yang ingin memulai hobi berkebun di rumah


1. Pemilihan jenis tanaman

Seperti halnya manusia, tanaman mempunyai karakteristik masing-masing, dan kita tak bisa memaksakan kehendak padanya.

Kalau kita memaksakan, biasanya “dia” juga akan “protes” misalnya yang berbunga tiba-tiba tidak berbunga, yang biasanya berdaun banyak, tiba-tiba daunnya sedikit, atau yang paling buruk dia akan mati.

Jadi sebelum Anda membeli tanaman, sebaiknya tanyakan dulu jenis tanaman yang sedang ditaksir itu, apakah sesuai dengan daerah kebun Anda.

Yang paling praktis sebenarnya tanyakan dari mana tanaman itu berasal. Jika pembibitannya misalnya ada di daerah Puncak, kemungkinan besar tanaman itu akan meminta daerah yang kondisinya kurang lebih sama dengan kondisi di Puncak.

Jadi kemungkinan besar dia tak akan bisa bertahan lama di daerah kota Jakarta Utara misalnya.


2. Perkirakan di mana tanaman itu akan ditanam

Perbedaan sinar matahari dan banyaknya angin sangat berpengaruh pada tanaman.

Jadi walaupun Anda telah memutuskan bahwa kondisi di kebun dan asal tanaman itu hampir sama, namun kadang bagian rumah yang satu mempunyai perbedaan intensitas sinar matahari dengan bagian rumah yang lain.

Maksudnya begini, ada satu tanaman yang menyukai dan butuh sinar matahari yang banyak. Nah, kebetulan nih, di sisi sebelah kiri rumah lebih banyak terkena sinar matahari, maka tempatkanlah dia di sisi sebelah kiri.

Iya, Anda harus cermat mengamati hal-hal seperti ini, supaya tanaman baru tersebut akan “nyaman” dan terus tumbuh.


3. Rajin memindah

Kadang kala posisi matahari berpindah sesuai dengan musimnya. Hal ini pun harus diperhatikan.

Sesuaikan tanaman dengan posisi matahari. Yang tidak suka matahari pindahkan dari tempat yang terlalu banyak terkena sinar matahari, demikian pula sebaliknya.

Jangan pernah capek untuk memindahkannya. Ini penting banget lo, untuk kenyamanan tanaman tersebut. Anda harus selalu memantau hal-hal seperti ini.


4. Perhatikan akar

Akar adalah bagian terpenting dari tanaman. Pastikan bahwa akarnya kuat, baik yang ditanam di pot maupun yang ditanam di tanah.

Akar yang besar tidak mesti lebih baik. Akar yang baik adalah akar yang kokoh, yang tidak terlalu banyak mengandung air. Dia memang bagian yang paling lembap, tapi tidak berarti terlalu banyak mengandung air.

Hindari akar yang terlalu padat, kalau perlu pindahkan ke pot yang lebih besar.


5. Perawatan ekstra

Jangan mengira bahwa tanaman sudah selesai perawatannya jika kita sudah menyiraminya.

Perawatan ekstra akan menambah kesuburan tanaman. Pupuk, pemangkasan, penataan kembali, peremajaan kembali dan lain-lain harus terus dilakukan. Dan ingat, kita harus melakukan semuanya dengan rasa sayang, karena tanaman pun sebenarnya dapat “merasakan” jika kita mencintainya.

Kalau perlu, sembari menyiram ajaklah dia berbicara, “Tumbuh yang subur, ya!” atau semacamnya.

Iya sih, pasti rasanya aneh ya pertama kali kita mengajaknya berbicara. Tapi percaya deh, tanaman juga makhluk hidup. Dia juga bisa merasakan cinta yang diberikan padanya.


Nah, itulah lima langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai hobi berkebun di rumah.

Selanjutnya, Anda tinggal banyak-banyak mengamati tingkah laku tanaman ini, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tanaman punya karakteristik masing-masing.

Dan, Anda sebagai ‘ibunya’, harus mengenalinya agar bisa memberikan kasih sayang yang pas untuknya.

Selamat berkebun!

No comments

Powered by Blogger.