Tip Berkebun dan Merawat Tanaman Hias dalam Pot



MYBIGPROPERTY.COM - Apa pun jenis tanaman hias, jenis berbunga ataupun hanya berdaun, membuat taman dalam pot memang diperlukan ekstra perawatan.

Keterbatasan media tanam, yang berarti keterbatasan unsur makanan dan air yang dibutuhkan tanaman hias untuk tumbuh dengan baik, mengharuskan pemberian pupuk dan penyiramannya tak boleh terabaikan.

Pada jenis tanaman hias yang berbunga dan buah, pada umumnya, memerlukan perawatan ekstra.


Berikut beberapa tip berkebun, memilih dan merawat tanaman hias dalam pot


1. Jenis pot

Semua jenis pot pada dasarnya dapat digunakan.

Tapi, pastikan bahwa pot-pot tersebut memiliki saluran pembuangan air, biasanya berupa lubang di bagian bawah. Pada pot yang terbuat dari tanah liat, satu lubang sudah cukup karena dinding pot punya kemampuan menyerap air.

2. Media tanam yang sesuai

Menyiapkan media tanam dapat dipilih sesuai jenis peruntukan tanaman hiasnya.

Pada jenis tanaman hias dengan bunga pada umumnya tak memerlukan media tanam yang padat seperti tanah dan pasir, tapi harus sering disiram dan diberi pupuk organik.

3. Pemilihan jenis tanaman hias

Memilih jenis tanaman hias haruslah disesuaikan dengan kondisi dan tempat di mana ia berada.

Tanaman pot yang berbunga indah dan berbuah lebat di daerah dingin, belum tentu sama di daerah panas dan punya kelembapan yang tinggi.

Coba simak tentang spesifikasi tanaman-tanaman dalam eksiklopedi atau buku petunjuk.


4. Pilih tanaman hias yang masih kecil

Memilih jenis tanaman hias dalam pot sebaiknya ketika tanamannya masih kecil, atau sudah tumbuh besar tapi harus sudah memiliki akar dan media yang cukup.

Tanaman kecil lebih mudah untuk tumbuh, sedangkan tanaman yang sudah besar tidak boleh dipindahkan dengan ceroboh.


5. Menyiram dengan benar

Menyiram tanaman pot adalah keharusan. Pada dasarnya semua jenis tanaman--termasuk tanaman hias--akan membutuhkan air yang cukup.

Menyiram sering tidak jadi persoalan selama tiris pembuangan cukup baik. Tentu saja, beri juga ia pupuk dan obat-obatan sesuai dengan petunjuk.


6. Buang daun yang sudah kering

Pada tanaman hias yang berbunga atau hanya berdaun, perawatan juga harus dilakukan dengan membuang daun yang sudah kering, mencabut rumput atau tanaman yang mengganggu, dan juga memotong dan membentuk sesuai dengan yang dikehendaki.


7. Terkena sinar matahari yang cukup

Pada tanaman hias pot yang ada dalam rumah dan terlindung, jemurlah tanaman sekali seminggu agar mendapat kesegaran yang cukup.

Bagaimanapun, tumbuh-tumbuhan tropis masih memerlukan sinar matahari.


Nah, selamat berkebun dengan tanaman hias dalam pot ya!

No comments

Powered by Blogger.