Kain-Kain dalam Interior: 2 Langkah Pemanfaatannya dalam Dekorasi Rumah agar Serasi

Kain-Kain dalam Interior: 2 Langkah Pemanfaatannya dalam Dekorasi Rumah agar Serasi


MYBIGPROPERTY.COM - Menambahkan dekorasi rumah merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat rumah yang kita tinggali semakin nyaman dan juga unik. 

Namun, ada beberapa hal yang mungkin menyulitkan Anda untuk mendesain sendiri ruangan di rumah, lantaran memang Anda tak punya background yang cukup. Sedangkan, menyewa jasa seorang desainer interior tentulah butuh persiapan dana yang tak sedikit.

Salah satu hal yang biasanya berpengaruh besar pada desain ruang secara keseluruhan adalah bagaimana menyocokkan motif-motif kain yang dipakai sebagai pelengkap dekorasi rumah, misalnya seperti upholstery sofa, sarung-sarung bantal, gorden, karpet, dan lain-lain.

Sering tidak diperhatikan, elemen-elemen dekorasi rumah yang berbahan kain ini bisa menjadi kesalahan besar, kalau kita sampai salah menentukan. Misalnya warnanya kurang cocok, tekstur ataupun motif yang tak sesuai, dan seterusnya. 

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan elemen-elemen kain dalam interior, utamanya sebagai dekorasi rumah


1. Sesuaikan Warna

Warna dalam ruangan rumah bisa menentukan mood dan suasana ruangan secara keseluruhan. Pola dan warna yang selaras akan memunculkan harmoni ruang, yang akan berefek pada kenyamanan dan kondisi psikologis kita.

Saat kita terlalu banyak memasukkan atau menggunakan unsur warna dalam ruangan, bisa menimbulkan perasaan kacau, tertekan, dan perasaan-perasaan lain yang kurang nyaman, karena ketidakteraturannya. 

Dan, warna dalam ruangan ini tak hanya terdiri atas warna cat dinding saja, tetapi juga termasuk warna-warna dekorasi rumah berbahan kain tersebut. Karena itu, coba lakukan beberapa tip berikut:
  • Agar ruangan terasa lebih hidup, maka serasikanlah warna-warna kain dalam dekorasi rumah yang digunakan. Anda bisa menyelaraskannya dengan warna cat dinding, atau mungkin warna-warna aksen yang ada.
  • Supaya ruangan yang ada di rumah tidak terlalu terkesan penuh dengan banyaknya furnitur yang ada, Anda bisa gunakan warna-warna kain yang polos dan menarik untuk dilihat. Pilihan ini setidaknya yang paling aman ketimbang Anda memakai kain bermotif.
  • Anda juga bisa memilih warna kain yang kontras dengan dekorasi rumah yang sudah ada. Namun, ingatlah untuk tidak menggunakan terlalu banyak warna. Dua sampai tiga warna saja sudah cukup.
  • Jika Anda masih kebingungan dalam menentukan warna apa yang paling baik, maka pilihan warna netral akan selalu aman. Tinggal Anda mainkan saja tekstur ataupun motifnya, dengan pilihan warna yang tidak terlalu luas. Misalnya, pilih warna krem dan padukan dengan warna-warna dengan 2 tingkatan lebih terang dan gelap.


2. Jenis kain juga menentukan

Ketika akan memilih jenis kain sebaiknya pilihlah sesuai kebutuhan. Walaupun mungkin Anda pengin bereksperimen, namun sebaiknya pilihlah warna kain yang sesuai dengan ruangan rumah, dan jangan terlalu dipaksakan.

Seperti jika ruangan yang ada itu ukurannya cukup besar, maka sebaiknya pilihlah kain yang bisa awet dan tahan lama. Karena dengan memilih kain yang tahan lama bisa membuat kebutuhan lebih hemat.

Anda pun harus memperhitungkan bagaimana membersihkannya atau mencucinya nanti.



Itulah beberapa tip untuk memilih jenis kain-kain dalam interior sebagai dekorasi rumah.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.