Ingin Mempercantik Rumah, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?



MYBIGPROPERTY.COM - Proses mempercantik rumah memang tak akan selesai dalam waktu sehari. Butuh waktu dan perencanaan yang baik, agar semua tampak sesuai dan nyaman untuk ditempati.

Barangkali Anda juga berpikir bahwa, mempercantik rumah pasti perlu biaya yang lumayan. Ya, memang. Karena itulah, kita harus membuat perencanaan matang akan biaya dan desain.

Jika memang terlalu berat, Anda bisa kok mempercantik rumah per bagian. Ikuti tip dari MyBigProperty berikut ini ya.


Mempercantik Rumah, Mulailah dari 7 Hal Ini


1. Pagar

Hampir semua rumah-rumah di Indonesia berpagar, kecuali memang di kompleks perumahan full security yang memang desainnya rumah tanpa pagar. Pagar selain sebagai batas teritori rumah kita, juga bisa menambah estetika bagian depan rumah.

Pertimbangkan untuk mengganti desain pagar jika Anda ingin mempercantik rumah. Terutama, bila beberapa bagian sudah mulai berkarat. Mengombinasikannya dengan tanaman perdu maupun bunga bisa mempercantik halaman depan rumah.

Bila dirasa mengganti seluruh pagar terlalu mahal, memperbaiki dengan mencat kembali juga bisa.


2. Jalan Masuk

Beberapa desain bagian depan rumah membedakan jalan masuk untuk mobil dan jalan masuk untuk orang.

Untuk mempercantik rumah, Anda bisa menambahkan batu alam atau susunan pecahan keramik yang ditata ala mozaik.

Menambahkan bak bunga permanen atau cukup pot-pot tanaman yang berbau harum, misalnya lavendel, mawar, sedap malam, dan lain-lain.


3. Teras Depan

Teras depan bisa berfungsi ganda. Sebagai area transisi antara ruang publik dan ruang privat di dalam rumah, dan pengganti ruang tamu.

Oleh karena itu, mempercantik rumah bagian teras bisa ditambahkan kursi dan juga pot-pot tanaman.


4. Pintu Depan

Desain pintu rumah bisa bermacam-macam, ada yang berdaun pintu satu, ada juga yang berdaun pintu dua. Beberapa desain rumah melengkapi area dekat pintu dengan bel, lonceng, lampu hias, dan lain-lain.

Bisa dikombinasikan dengan kaca, ornamen, handle pintu yang unik, atau cukup pintu solid saja.


5. Lampu dan Karpet Ruang Tamu

Ruang tamu biasanya sudah didesain rapi dan kompak, lantaran menjadi ruang pertama tempat menerima tamu.

Kalau pengin mempercantiknya lagi, Anda bisa bermain di lampu dan karpet. Pilihlah yang warnanya cocok satu sama lain. Bisa juga memilih warna kontras.

Hati-hati dalam memilih warna kontras, karena harus memperhatikan warna dinding, warna lantai, warna atap ruangan, dan tentu saja warna jok sofa.


6. Dinding

Mau mempercantik rumah, pastinya Anda harus mempertimbangkan mengenai cat dinding.

Hati-hati dalam memilih warna cat dinding. Kadang contoh warna cat di toko cat atau di brosur tak sesuai setelah dipulaskan ke bidang besar atau tembok.

Untuk mempermudah Anda memilih, terutama agar tidak kecewa karena hasil yang berbeda, pilihlah cat dinding warna yang sedikit lebih muda dari contoh daripada warna yang lebih gelap.

Begitu juga dengan wall paper, terutama yang bercorak. Misalnya saja, wall paper bercorak bunga-bunga mawar sering kali tampak bagus di contoh brosurnya. Begitu dipasang, membuat ruangan tampak ramai dan sempit.

Akan lebih baik jika Anda memilih wall paper bercorak timbul tetapi warna senada, atau warna pastel lembut, karena kesannya lebih mewah dan membuat ruangan menjadi tampak lebih lega dan terang.


7. Dapur

Dapur merupakan jantung rumah. Di sinilah makanan sehat diramu, kehangatan keluarga dibina dan awal dari segala kesibukan.

Dan, tak ada salahnya jika Anda ingin mempercantik rumah mulai dari dapur. Dapur tak harus luas kok. Yang penting kompak sehingga mudah digunakan.

Jika Anda tak mungkin mengganti kitchen set demi mempercantik dapur, Anda bisa sesederhana menambahkan pot-pot tanaman bumbu dapur di jendela dapur. Misalnya seledri, daun bawang, rosemary, daun ketumbar, atau jahe.



Nah, mempercantik rumah itu memang tak selalu harus berbujet banyak kan? Cicil saja satu per satu, hingga akhirnya semua ter-cover dengan baik.

No comments

Powered by Blogger.