Tip Menata Ruang Tamu Agar Nyaman Saat Ada Tamu Berkunjung

Menata ruang tamu. Image via Freshome.com


MYBIGPROPERTY.COM - Menata rumah jelaslah tujuannya agar membuat para penghuni rumah merasa betah dan nyaman di rumah sendiri. Hal ini memang harus diusahakan terlebih dahulu. Tapi, jangan berhenti di situ. Kita pun perlu menata ruang tamu, agar tamu-tamu yang mungkin datang juga merasa nyaman.

Tak terlalu rumit, hampir sama saja dengan aspek kenyamanan yang lain, berikut beberapa tip menata ruang tamu yang bisa Anda coba.


5 Tip menata ruang tamu agar nyaman


1. Perhatikan cat


Akan lebih baik jika cat ruang tamu berwarna netral, meski mungkin Anda melakukan eksperimen permainan warna interior.

Warna netral yang cocok untuk ruang tamu adalah warna-warna earthy colors, seperti krem dan berbagai gradasinya, dan cokelat dengan berbagai gradasinya.

Mengapa warna earthy colors yang dipilih?
Karena warna putih terlalu dingin dan kaku, sedangkan untuk warna-warna yang bersifat subjektif, misalnya biru, ungu, atau biru, tamu akan merasa "terintimidasi" oleh penghuni, hingga cenderung tak akan lama-lama tinggal.


2. Furniture yang sesuai ukuran

Jangan memaksakan furniture yang terlihat "berat" untuk masuk ke dalam ruang tamu yang mungil.

Misalnya, Anda memasukkan sofa kayu dengan ukiran Jepara yang detail ke dalam rumah mungil dan minimalis yang Anda miliki. Sofa ini akan "menguasai" seluruh ruangan tanpa ampun, sehingga semakin memberikan kesan sempit pada ruang berukuran kecil.

Sebaiknya, pilihlah sofa yang memiliki kaki, agar ada sedikit ruang di antara sofa dengan lantai, bukan yang full-upholstered, tertutup kain atau kulit dari atas sampai bawah, Hal ini akan membuat kesan lebih ringan. Dan, usahakan pula untuk meletakkan sofa dengan memberi sedikit jarak dengan dinding, tidak langsung menempel.

Apa pun itu yang pas, akan terasa lebih nyaman.


3. Tambahkan sentuhan pribadi

Tentu saja ruang tamu harus juga punya sentuhan ala Anda, sang penghuni rumah, meskipun ruangan ini bersifat yang paling publik di dalam rumah.

Karena, rumah adalah cerminan pribadi sang pemilik, dan ruangan yang nyaman adalah yang penuh sentuhan--apa pun itu jenis sentuhannya.

Anda bisa memberikan sentuhan pribadi Anda pada pencahayaan, misalnya. Pilihlah lampu-lampu unik yang masuk ke selera Anda. Letakkan di meja-meja di samping sofa, atau ditempel ke dinding.

Selain memberikan kesan ramah, lampu-lampu jenis lampu meja dan lampu dinding juga menunjukkan rasa kedekatan.

Jangan lupa juga untuk menambahkan vas dan bunganya, lantaran bunga selalu bisa membawa rasa positif untuk siapa saja yang hadir di ruang tamu.

Lukisan alam juga bisa dipilih untuk memberikan sentuhan personal pada dinding ruang tamu. Sebaiknya, tidak usah memasang foto-foto keluarga di ruang tamu, agar ruang tamu tetap netral.

Sebagai sentuhan akhir, Anda bisa memajang beberapa buku favorit Anda juga di rak kecil di ruang tamu. Atau bisa saja majalah. Tambahan ini memberikan kesan, bahwa si pemilik rumah adalah pribadi yang pintar, selalu berpikiran terbuka, dan siap menambah wawasannya kapan saja ia mau.


4. Perhatikan kamar mandi


Ya, meski kamar mandi ini merupakan ruangan yang terpisah dari ruang tamu, tapi juga harus diperhatikan, karena terkadang para tamu pengin mampir juga ke kamar mandi.

Tak perlu terlalu rumit, cukup dibersihkan saja secara teratur.

Namun, jika Anda memiliki kamar mandi khusus untuk para tamu, maka Anda juga harus memberinya sentuhan yang senada dengan ruang tamu.

Anda juga bisa menaruh cermin yang memadai di dalam kamar mandi, agar tamu-tamu bisa merapikan diri dulu sebelum keluar dan kembali mengobrol.


5. Namun yang terpenting dari semuanya adalah ....


... kehangatan sang tuan rumah.

Ya, rumah yang nyaman adalah tentang suasana yang penuh cinta yang bisa dirasakan oleh siapa pun yang hadir di dalam rumah tersebut, termasuk para tamu.

Akan terasa sekali bagi tamu, jika penghuni rumah tidak memiliki hubungan hangat satu sama lain. Seindah apa pun rumahnya, semewah apa pun perabotan yang ada, se-kekinian apa pun interior rumah ditata, semua akan terasa dingin tak bernyawa.


Nah, sudah siap menata ruang tamu sekarang?
Yuk, segera beberes!

No comments

Powered by Blogger.