6 Langkah Menata Ruang Dapur Agar Lebih Nyaman dan Stylish

6 Langkah Menata Ruang Dapur Agar Lebih Nyaman dan Stylish


MYBIGPROPERTY.COM - Dapur sering disebut sebagai jantungnya rumah, lantaran di dapurlah ada masakan yang diracik dan disajikan, yang menjadi awal semua cerita keluarga hari ini. Ruang dapur juga menjadi tempat berkumpul untuk keluarga.

Meskipun mungkin bukan tempat yang tepat untuk menyimpan segala macam pernak-pernik, perabotan yang mahal, ataupun karya seni, namun ada banyak cara untuk menata ruang dapur Anda sehingga terlihat stylish.

Yuk, ikuti beberapa tip menata ruang dapur agar lebih stylish berikut ini.

1. Storage adalah kunci

Dapur adalah, tanpa diragukan lagi, selalu menjadi tempat yang lebih banyak berantakannya ketimbang kondisi rapi.

Maka, storage atau tempat penyimpanan menjadi hal yang vital ada di dalam dapur. Berinvestasilah pada storage, atau tempat penyimpanan, yang tak hanya berfungsi membantu menjaga dapur Anda tetap bersih, tapi juga menambah nilai estetika dalam dapur.

Jika Anda memiliki barang-barang kering seperti teh, kopi, minyak, atau gula yang dipajang, maka simpanlah dalam wadah-wadah kecil atau stoples-stoples yang lucu dan menarik. Yang seperti ini bisa banget membuat dapur menjadi lebih menarik dan stylish.

Susunlah wadah-wadah bumbu dapur ini dalam rak terbuka dengan rapi, kelompokkan sesuai bentuk, ukuran atau warna yang senada atau sama.


2. Karpet di dapur? Kenapa enggak?

Karpet biasanya menghuni ruang keluarga atau kamar tidur ya? Kenapa enggak menambahkan karpet juga ke dalam ruang dapur Anda agar lebih stylish?

Karpet dapat membuat ruang dapur Anda menjadi lebih cerah. Hanya saja, pastikan karpetnya dari bahan yang mudah untuk dibersihkan. Gunakan jenis karpet luar ruangan, yang memang lebih awet.


3. Tambahkan beberapa hiasan bernilai seni

Tampilkan sedikit hiasan bernilai seni pada dinding ruang dapur, untuk membuatnya lebih hidup dan stylish.

Menggantung lukisan atau foto merupakan salah satu cara paling jitu untuk "mengangkat" nilai sebuah ruangan, termasuk ruang dapur.

Misalnya, jika Anda ingin memasang lukisan, maka pilihlah yang menampilkan objek-objek yang pas dengan ruangannya. Yang harus diperhatikan adalah jangan menggantungnya dekat dengan kompor, supaya tak lekas rusak.


4. Daur ulang

Anda tak perlu membeli barang baru lagi untuk menata ruang dapur Anda agar lebih stylish. Gunakan saja barang-barang yang sudah ada.

Misalnya saja, Anda punya koleksi buku resep, maka ini bisa berfungsi juga sebagai aksesori dapur yang menarik lo. Susunlah koleksi resep dalam sebuah rak dinding, atau bisa juga disusun di atas meja. Tambahkan bookend yang lucu.


5. Simpan yang tak sering digunakan

Dapur memang biasanya menjadi tempat penyimpanan harta karun, mulai dari talenan daging sampai koleksi cangkir porselen antik.

Semuanya pasti berharga untuk Anda ya? Namun, tak perlu semuanya dipajang sekaligus. Jika ada barang-barang yang tak terlalu sering dipakai, simpan saja di lemari tertutup atau di gudang. Jangan biarkan tergeletak di rak-rak ataupun meja dapur.

Jaga permukaan meja dan kursi bebas dari perabotan dan peralatan Anda semaksimal mungkin. Dengan demikian, kesan berantakan menjadi berkurang.


6. Jangan membeli barang yang bakalan jarang digunakan

Ketimbang menambahkan hiasan-hiasan yang tak terlalu fungsional, lebih baik Anda berinvestasi membeli perkakas dengan desain yang cantik yang bisa berfungsi sebagai hiasan sekaligus.

Tak perlu Anda membeli peralatan makan untuk acara khusus, karena paling-paling akan lebih banyak disimpan ketimbang digunakan. Lebih baik, belilah yang benar-benar akan Anda gunakan setiap hari.


Nah, demikianlah sedikit tip menata ruang dapur agar lebih nyaman sekaligus stylish. Semoga bermanfaat ya.

No comments

Powered by Blogger.