Tip Menata Dapur Kecil yang Terlalu Penuh dengan Peralatan Masak

Tip Menata Dapur Kecil


MYBIGPROPERTY.COM - Anda termasuk yang punya hobi menimbun peralatan masak di dapur, sehingga dapur kecil Anda semakin sempit? Yuk, hari ini jadwalkan untuk menata dapur!

Memang ada ya, yang tak hanya hobi memasak tapi juga hobi menimbun peralatan masak. Yah, mau bagaimana lagi? Ibarat peralatan tempur, untuk bisa memasak masakan yang super enak untuk keluarga, pastinya butuh juga peralatan lengkap.

Tapi, jangan sampai mengorbankan dapur kecil yang Anda miliki. Pasti akan kesulitan untuk menata dapur kecil yang penuh dengan peralatan masak ya?

Ah, tidak juga kok. Asalkan kita tahu triknya, dapur yang kecil tak akan semakin sempit meski peralatan masak kita lengkap. Dengan cara menata dapur kecil berikut, barangkali Anda malah semakin gemar memasak.


Tip menata dapur kecil dan peralatan masak yang rapi


1. Manfaatkan area dinding dapur yang kosong

Anda bisa membuat gantungan di sisi dinding dapur untuk menggantungkan berbagai jenis panci yang paling sering Anda pakai.

Anda juga bisa memanfaatkan area di atas tempat cuci piring. Pasanglah rak tambahan di dinding, untuk menaruh piring serta gelas yang sudah dibersihkan. Rak piring tersebut juga bisa berfungsi untuk meniriskan air setelah dicuci. Airnya bisa langsung kembali ke bak cuci.


2. Manfaatkan berbagai kabinet dan lemari

Bagian dalam kabinet dan lemari barangkali sudah dipenuhi oleh peralatan masak Anda. Tapi, masih ada bagian atas, yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan yang jarang dipakai.

Anda bisa memanfaatkan juga sela-sela kecil di dalam lemari makanan untuk menyimpan beberapa makanan kaleng, seperti sarden atau kornet. Susunlah makanan kaleng tersebut sedemikian rupa, supaya mudah dijangkau.

Pintu-pintu kabinet juga bisa Anda pasang gantungan atau ambalan tambahan untuk menyimpan berbagai talenan, nampan, dan sebagainya.

Anda juga bisa memanfaatkan pintu lemari dapur untuk rak penyimpanan berbagai macam bumbu dapur.


3. Mau menyimpan resep? Gampang!

Kadang Anda juga punya koleksi buku resep, bukan? Untuk menyimpannya, Anda bisa memanfaatkan pintu lemari makanan atau peralatan dapur yang lain.

Dengan begitu pada saat dibutuhkan, Anda akan dengan mudah pula menemukannya.


4. Manfaatkan area cuci piring

Sulap tempat cuci piring dengan membuat laci benam. Laci ini bisa berfungsi untuk menyimpan berbagai macam peralatan untuk mencuci piring seperti spons, sarung tangan, penyikat botol dan lainnya.


5. Tumpuk untuk menghemat tempat

Anda juga bisa menumpuk beberapa peralatan masak, sehingga bisa menghemat ruangan penyimpanan.

Misalnya, tumpuk beberapa piring dengan mangkuk atau wajan penggorengan dengan panci. Yang lebih kecil di dalam yang lebih besar.



Nah, punya dapur kecil itu tak berarti tak bisa menyimpan banyak peralatan masak, bukan? Yang penting, bagaimana caranya supaya sampai setiap sudutnya bisa efisien dipakai.

Selamat menata dapur!

No comments

Powered by Blogger.