Cara Jitu Memilih Hiasan Dinding yang Cocok untuk Masing-masing Ruang di Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Mengatur rumah memang jadi tugas kita sebagai penghuni rumah, agar rumah menjadi semakin nyaman untuk dihuni, termasuk di dalamnya adalah mempercantik rumah dengan aksesoris, seperti hiasan dinding misalnya.

Ngomong-ngomong, apa sih aksesoris rumah yang menjadi favorit Anda? Pajangan kristal? Bunga-bunga di vas? Pernak-pernik collectible yang lucu dari berbagai kota atau tempat? Nanti kita akan bahas satu per satu deh ya, mengenai bagaimana menata semua aksesoris tersebut agar serasi di dalam rumah.

Tak perlu menyewa jasa seorang desainer interior profesional kok, kita sendiri juga bisa melakukannya. Yang perlu kita mengerti pada awalnya adalah sifat ruang yang kita sesuaikan dengan warna dan sifat aksesorisnya.

Nah, kali ini kita coba dulu dengan dengan hiasan dinding yuk.

Hiasan dinding sudah biasa kita pakai untuk memeriahkan ruang-ruang dalam rumah kita ya? Di kamar, di ruang makan, di ruang tamu, di mana saja.

Tapi, tahukah Anda? Bahwa masing-masing ruang dalam rumah kita itu punya sifat sendiri-sendiri yang harus pula disesuaikan kalau kita ingin memasang hiasan dinding, seperti lukisan atau bentuk hiasan dinding yang lain. Lantaran, kalau tidak, wah, bakalan merusak mood ruangan dan juga mengacaukan sifat ruang itu sendiri.

Akibatnya? Ya, ruangan jadi kurang nyaman ditinggali.

Nah, kita coba lihat satu per satu yuk, bagaimana cara memilih hiasan dinding yang cocok untuk masing-masing ruangan di rumah kita.


Ruang Tamu


Ruang tamu biasanya bersifat lebih formal dibandingkan dengan ruang lain di dalam rumah. Sifat ruangnya adalah publik, yang artinya lebih banyak dimasuki oleh orang luar.

Hiasan dinding yang cocok untuk ruang tamu ini adalah bentuk-bentuk geometris yang kaku yang diimbangi dengan warna-warna yang kalem. Bingkai dari hiasan dinding di ruang tamu biasanya dipilih yang mempunyai garis-garis tegas dan bergaya minimalis.

Kalau ruang tamu kita bergaya klasik, pilihlah hiasan dinding dengan nuansa klasik yang kental, terutama pada bingkainya.

Penataannya akan cenderung simetris dan berjajar di dinding dengan rapi, atau pemasangan soliter, yaitu pemasangan satu hiasan dinding saja namun mendominasi bidang dinding secara menyeluruh.


Ruang keluarga


Ruang keluarga merupakan pusat dari seluruh aktivitas keluarga. Suasananya cenderung santai dan aktif. Sifat ruangnya semi publik, dalam arti hanya beberapa orang luar saja yang diperbolehkan untuk memasuki area ini, yaitu mereka yang akrab dengan penghuni.

Hiasan dinding yang dipasang di ruang keluarga ini biasanya adalah foto-foto keluarga yang lengkap dengan warna-warna yang disesuaikan dengan warna interior ruang keluarga tersebut. Bingkai hiasan dinding di ruang keluarga lebih luwes, bisa kita pilih dari yang bergaya klasik hingga bingkai bergaris tegas modern minimalis.

Yang perlu diperhatikan hanyalah kesesuaiannya dengan furnitur dan warna dinding ruang.


Ruang makan


Ada ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga, sehingga aktivitas-aktivitasnya pun hampir sama dengan ruang keluarga. Suasananya santai dan menyenangkan. Sifat ruangnya semi publik, dengan aktivitas yang lebih terfokus yaitu makan.

Hiasan dinding yang dipasang sebaiknya dipilih gambar-gambar yang menggugah selera, seperti gambar-gambar buah, sayur dan lain-lain. Atau dapat pula dipilih gambar-gambar pemandangan alam yang hijau yang menyejukkan mata.

Agar keakraban dan keceriaan bertambah, pilihlah warna-warna yang cerah dan hangat untuk bingkai maupun objek hiasan dindingnya.


Ruang kerja


Bekerja membutuhkan motivasi. Hal ini bisa dicapai dengan memasang hiasan dinding dengan inspiring words atau quotes di dalamnya, berisi kalimat-kalimat yang menambah semangat kerja atau kalimat-kalimat bijak lainnya.

Untuk menambah suasana yang menyenangkan, kita juga bisa memasang lukisan-lukisan abstrak dengan bentuk-bentuk geometris yang tidak terlalu tegas.

Gunakan bingkai yang bergaya minimalis atau kontemporer untuk menunjukkan modernitas. Pilihlah yang berwarna metalik seperti silver atau stainless steel untuk menonjolkan keindahan objek hiasan dinding tersebut.

Namun hati-hati, jangan terlalu banyak memasang wall art di ruang kerja, karena bisa memecah konsentrasi bekerja.


Ruang tidur utama


Ruang tidur utama merupakan area yang paling privat di dalam rumah. Karenanya penataannya akan cenderung bersifat personal si pemilik kamar.

Hadirkan ketenangan dan kenyamanan di dalam ruang tidur dengan memasang hiasan dinding yang bersifat menenangkan, seperti lukisan pemandangan alam yang indah.

Pilihlah bingkai sesuai dengan yang diinginkan, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan color scheme dan tema ruang tidur.


Ruang tidur anak


Lucu, ceria dan berwarna cerah, itulah kesan yang akan ditampilkan oleh sebuah ruang tidur anak.

Pilihlah objek-objek yang sekiranya disukai anak-anak, seperti binatang, poster tokoh kartun atau mungkin Anda bisa memajang hasil lukisan si kecil sendiri. Wah, pasti bangga deh dia, kalau hasil karyanya dipajang di dinding.

Pilihlah bingkai-bingkai simpel yang tidak terlalu berat dengan warna-warna yang cerah atau pastel. Bisa juga  memanfaatkan wall sticker yang sekarang banyak dijual di pasaran.


Dapur


Kegiatan memasak dan mencoba-coba resep bisa dibuat lebih menyenangkan dengan hadirnya hiasan dinding  yang membangun suasana, seperti gambar-gambar buah, sayur, atau bunga.

Selain yang berupa lukisan, kita juga bisa memasang koleksi alat makan yang kuno dan indah di dalam bingkai yang simpel di dapur gitu. Lucu dan antimainstream kan?


Teras


Teras merupakan ruang publik dan area penyambutan tamu sebelum dipersilakan masuk ke dalam rumah.

Ciptakan kesan ‘welcome’ dengan menempatkan lukisan-lukisan flora atau alam. Pilihlah bingkai berwarna natural dengan serat-serat kayu yang masih terlihat, jangan terlalu besar dan pasanglah cukup satu hiasan dinding saja.


Nah, dengan memasang hiasan dinding yang sesuai, maka mood ruangan pun menjadi terbangun sempurna bukan? Kita jadi nyaman berada di ruangan tersebut, melakukan aktivitas bersama keluarga tercinta.

Selamat menata rumah!

No comments

Powered by Blogger.