Menata Rumah ala Filosofi Zen Jepang untuk Rumah yang Lebih Adem



MYBIGPROPERTY.COM - Menurut Home Design, filosofi Zen Jepang merupakan salah satu inspirasi seni menata rumah yang menjunjung tinggi kesederhanaan alami.

Seperti apa sih, interior rumah yang mengadopsi filosofi Zen ini? Intinya adalah ruangan-ruangan terbuka, dengan hanya sedikit saja dinding pemisah antara satu ruang dengan yang lainnya.

Masyarakat Jepang percaya, saat kita mengurangi beberapa elemen yang tak penting dalam rumah, maka hal tersebut bisa menambah kualitas kebersamaan keluarga.

Tertarik untuk menata rumah ala filosofi Zen Jepang?
Berikut ada sedikit tip mengenainya.


5 Prinsip menata rumah dan ruang menurut filosofi Zen Jepang


1. Ruang tamu

Jepang punya tradisi minum teh, yang dilakukan dengan serangkaian ritual dengan duduk bersimpuh. Karena itu, ruang tamu mereka biasanya lesehan, dengan furniture-furniture pendek.

Meski Anda tak melakukan upacara minum teh seperti layaknya masyarakat Jepang, namun Anda bisa mengadopsi filosofi Zen untuk ruang tamu ini. Hindari pemakaian furniture berat, besar, dan tinggi di ruang tamu. Pakailah seperangkat sofa dan meja kopi pendek di sisi jendela yang lebar.


2. Ruang Keluarga

Tambahkan tatami--yaitu tikar bambu khas Jepang--dalam ruang keluarga, dan pertahankan furniture-furniture ringan dan pendek.


3. Ruang Makan

Pilih meja makan yang juga pendek, dengan bantal-bantal besar sebagai alas duduk. Aslinya di Jepang sana, ruang makan biasanya dilengkapi dengan lubang-lubang di lantai dengan meja di tengahnya. Sehingga kalau kita duduk di lantai, kaki pun tak kesemutan, dan lebih nyaman.


4. Ruang Tidur

Kamar tidur juga dilengkapi dengan furniture berdesain minimalis dengan bentuk-bentuk sederhana. Tempatkan tanaman hidup dalam pot di dalam kamar untuk menyeimbangkan elemen udara.

Jika Anda bisa membangun jendela-jendela geser pasti akan bisa lebih mendekati prinsip menata rumah ala filosofi Zen ini.


5. Kamar Mandi

Masyarakat Jepang lebih suka menggunakan peralatan mandi dari kayu, alih-alih dari porselen ataupun plastik. Mulai dari bak mandi dan juga gayungnya, hingga printilan-printilan kecil di sekitar kamar mandi.

Jadi, jika Anda mampu, coba deh hunting bak mandi dari kayu ketimbang dari keramik. Lebih ramah lingkungan dan Jepang banget, pastinya.


Selamat menata rumah!

No comments

Powered by Blogger.