5 Tip Praktis Menata Ruang Keluarga yang Nyaman Supaya Selalu Rapi Tanpa Repot



MYBIGPROPERTY.COM - Saat ini, ruang keluarga menampung banyak sekali fungsi ya. Di sinilah Anda sekeluarga biasa menonton TV, juga mungkin menemani anak bermain. Di sini juga Anda mungkin biasa menerima kerabat yang datang berkunjung.

Ya, semakin hari ruang keluarga menjalani fungsi yang semakin beragam. Tanpa sadar, ada banyak sekali kegiatan yang kita lakukan di ruang keluarga. Bahkan, pada beberapa kasus, ruang keluarga juga berfungsi sebagai ruang belajar anak, ruang bermain musik, atau ruang olahraga.

Dengan fungsi yang banyak itu, otomatis ruang keluarga sering kali harus menampung banyak benda.

Ya, selain furnitur wajib, seperti sofa dan meja kopi, ruang ini juga sering menjadi tempat untuk menaruk koleksi buku, mainan anak, pernak-pernik, foto keluarga, dan bahkan alat olahraga seperti treadmill ataupun sepeda statis.

Agar segala aktivitas yang dilakukan di ruang keluarga ini bisa terasa nyaman, maka perlulah Anda beri juga perhatian khusus.

Ruang keluarga—meski penuh—haruslah rapi, bersih, tertata, tanpa kehilangan kenyamanan dan kehangatannya. Karena di ruang inilah sebuah keluarga bisa membangun ikatan emosional antaranggota keluarga bisa berkumpul dan berkegiatan bersama.


Jadi, gimana ya caranya membangun ruang keluarga yang rapi dan nyaman?


1. Sofa nyaman

Sofa bisa dibilang merupakan furnitur utama di ruang keluarga. Karena biasanya ruang keluarga digunakan untuk bersantai, maka idealnya kita juga menghadirkan sofa yang nyaman diduduki, atau bahkan ditiduri.

Sofa empuk dan nyaman yang dibalut pelapis kain bisa jadi pilihan. Namun, pelapis kain ini cenderung lebih mudah kotor. Alternatifnya adalah sofa dengan pelapis kulit—baik asli maupun sintetis. Kulit sintetis sedikit panas jika diduduki untuk jangka waktu yang lama, namun lebih mudah perawatannya.

Ada beberapa pilihan ukuran sofa: ada sofa 2 dudukan, 3 dudukan, ada pula sofa berbentuk L. Pilihlah sofa dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga dan ukuran ruang.

Bila Anda tidak memiliki ruang tamu, maka tampilan sofa menjadi penting karena orang yang datang bertamu akan duduk di sini.

2. Coffee table atau meja kopi

Coffee table, atau meja tamu pendek, umumnya menemani sofa di ruang keluarga. Biasanya coffee table digunakan untuk menaruh benda-benda seperti gelas, stoples camilan, remote TV, majalah, dan sebagainya.

Kalau Anda sekeluarga cukup sering berada di ruang keluarga, maka sebaiknya pilih coffee table yang agak besar. Sedangkan untuk menjaga kebersihannya, Anda dapat memilih meja dengan bahan yang mudah dibersihkan.

3. Panel TV

Zaman sekarang, kita biasa menggunakan TV LCD pipih atau flat screen ya. TV jenis ini bisa diletakkan di meja, maupun digantung di dinding.

Panel TV merupakan furnitur yang biasa diletakkan pada dinding tempat TV berada.. Panel ini merupakan satu kesatuan antara meja TV dan rak atau lemari pajang.

Keuntungan menggunakan panel TV adalah kabel-kabel bisa disembunyikan di balik panel sehingga ruang keluarga pun menjadi terlihat lebih rapi.

4. Rak dinding

Ruang keluarga jelas membutuhkan dekorasi. Untuk memajang elemen dekoratif, gunakan rak yang menempel pada dinding atau rak yang berfungsi sebagai partisi.

Rak seperti ini tidak memakan tempat, sehingga ruang keluarga tidak menjadi sempit.

5. Karpet

Apakah ruang keluarga Anda membutuhkan karpet? Jawabannya, bisa ya, bisa tidak. Tergantung kebutuhan.

Kalau ruang keluarga berukuran mungil, sementara ada anak balita, maka Anda mungkin akan perlu karpet.

Namun, karpet akan membutuhkan perawatan ekstra. Anda perlu sering-sering membersihkan karpet, karena debu yang terperangkap di sana justru dapat menjadi pemicu alergi, khususnya pada anak.


Nah, demikian beberapa tip praktis menata ruang keluarga yang nyaman, bikin betah.
Selamat menata rumah! Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.