Membangun Rumah Sendiri Secara Hemat? Ini Dia 5 Langkahnya!

Membangun Rumah Sendiri Secara Hemat? Ini Dia 5 Langkahnya!


MYBIGPROPERTY.COM - Tapera sebentar lagi bergulir. Tabungan ini boleh dipergunakan baik untuk membeli rumah, ataupun juga bisa untuk Anda yang berniat membangun rumah sendiri. 

Jika Anda ingin bisa punya rumah dengan layout yang lebih sesuai kebutuhan, berarti opsi kedua nih yang dipilih, bukan? Tapi, benarkah membangun rumah sendiri itu lebih sulit dan mahal ketimbang diurus oleh pengembang?

Jangan khawatirkan itu! 

Dengan 5 langkah berikut ini, Anda bisa membangun rumah sendiri dengan hemat!

1. Buat Piramida Kebutuhan

Gambarlah sebuah segita sama kaki, lalu buatlah garis-garis horisontal di dalamnya yang akan membagi-bagi segitiganya. Setiap bagian adalah untuk satu hal yang akan dibutuhkan di dalam pembangunan rumahnya nanti.

Tentukan hal-hal yang dibutuhkan itu sesuai pendanaannya, sehingga Anda tahu bujet mana yang harus besar dan kecil. Misalnya, biaya untuk membeli material akan harus lebih besar ketimbang membeli perabotan.


2. Beli Material Sendiri

Dengar-dengar, toko-toko bahan bangunan itu punya target dalam menjual barang-barangnya. Semua vendor yang masuk ke sana memberikan waktu sekian lama untuk membiarkan produknya dijual di sana. 

Jadi, ambilah kesempatan itu dan bekerja samalah dengan toko bahan bangunan. Tanyakan barang-barang apa yang sekiranya sudah akan ditarik, lalu belilah. Toh bahan bangunan itu tidak punya tanggal kedaluwarsa, kan?

Dengan membeli sendiri material yang dibutuhkan, Anda tidak hanya akan mendapatkan yang sesuai selera dan lebih berkualitas, juga dapat harga yang miring!


3. Beli Material Reused and Recycle

Selain membeli sendiri dalam rangka mencari yang lebih sreg di hati dan mengejar diskonan, Anda bisa melirik ke material reused and recycle juga, loh. Tidak perlu khawatir akan kualitasnya, apalagi mempertahankan gengsi, karena menggunakan barang-barang bekas dan daur ulang itu berarti turut serta dalam melestarikan alam.

Ada beberapa toko bahan bangunan yang menjualnya, bahkan toko-toko online. Barang-barang seperti kusen, kayu untuk kuda-kuda atap, genteng, bahkan batu bata itu selalu tersedia dan tentu saja harganya lebih murah. Kalau Anda pandai memadupadankan semuanya, pasti rumah Anda akan terlihat unik dan klasik.


4. Sewa (atau ajak) Para Profesional

Ini juga sangat diperlukan. Kalau Anda punya teman seorang arsitek, tanya-tanyalah pendapatnya tentang pembangunan rumah. Tanya-tanya sedikit toh tidak perlu membayar kan, kecuali jika memang ada bujet untuk menyewa jasanya secara full. 

Selain itu, sewalah mandor beserta anak buahnya yang sudah sering mengerjakan bangunan. Tanya saja pada pengembangnya, biasanya mereka akan memberi referensi orang. Jangan lupa untuk mengadakan pengawasan ketat terhadap mereka saat prosesnya, ya!


5. Buatlah yang Minimalis

Ide rumah minimalis selain sedang trending juga memang lebih ramah di kantong. 

Desainnya dengan detail bangunan yang sederhana akan lebih murah ketimbang yang rumit nan mewah, seperti tiang penyangga yang berukir-ukir dan sejenisnya. Layout-nya yang cenderung lega dan tidak penuh pengotakan ruangan juga membantu mengurangi anggaran. 

Apalagi, rumah-rumah sekarang itu biasanya tidak terlalu luas, jadi Anda bisa mempertimbangan desain minimalis saat mambangun rumah sendiri, ya.


Membangun rumah sendiri memang layaknya membangun istana impian, namun demikian tetap perlu kebijaksanaan dalam merencanakan bujetnya. 

Jadi, semoga 5 langkah dalam rangka membangun rumah sendiri dengan lebih hemat ini dapat membantu Anda, ya.

Selamat membangun istana!

No comments

Powered by Blogger.