4 Cara Mendesain Rumah Minimalis Agar Lebih Menarik

4 Cara Mendesain Rumah Minimalis Agar Lebih Menarik


MYBIGPROPERTY.COM - Saat kita membeli rumah minimalis yang tidak terlalu luas, pastinya kita akan disibukkan dengan penataan ruangan di setiap sudutnya. Karena lahan yang tidak begitu luas, maka bisa saja hal ini jadi bikin kita bingung untuk menentukan tata letak furnitur dan dekorasi rumah lain supaya cukup.

Ya, kalau bisa, kita manfaatkan saja ruangan yang ada, tak perlu diperlebar. Maunya kan, semua cukup, tapi tetap terasa lega, bisa dipakai bermain anak-anak atau beraktivitas dengan leluasa. 

Memang, mendesain rumah minimalis itu susah-susah gampang. Kita memang mesti pintar mengefektifkan ruang. 

Berikut sedikit tip mendesain rumah minimalis agar lebih menarik yang bisa Anda lakukan

1. Utamakan Fungsi Ruangan

Dalam sebuah rumah minimalis, hanya akan ada ruang-ruang yang tidak banyak dan tidak luas untuk didesain dan didekorasi. 

Dengan demikian, yang harus kita prioritaskan adalah setiap ruangan haruslah sefungsional mungkin. Tata letak furnitur akan menentukan, sebuah ruangan dalam rumah minimalis akan nyaman dihuni atau tidak. Jadi, pikirkanlah baik-baik jika Anda hendak menambahkan furnitur ke dalam ruangan. Kalau perlu, Anda gambar dulu sebelum mulai mendesain.


2. Sediakan ruang untuk menyimpan

Ada satu hal yang biasanya menjadi problem dalam mendesain rumah minimalis, yaitu tempat menyimpan. 

Lemari-lemari adalah furnitur yang vital, tapi kadang begitu makan tempat. Perlu kreativitas lebih untuk bisa menempatkan lemari di lokasi yang tepat, sehingga tidak mengganggu sirkulasi maupun kenyamanan penghuni.

Untuk rak, barangkali Anda bisa lebih memilih rak dinding saja, atau yang populer disebut dengan floating rack. Ya, rumah mungil Anda kan tidak hanya terdiri atas lantai saja, bukan? Ada dinding yang juga bisa dimanfaatkan. Tak hanya untuk memajang dekorasi seperti wall art saja, manfaatkan juga untuk menaruh floating rack atau ambalan. Ini lebih baik ketimbang Anda membeli bufet yang berukuran besar. 


3. Pilihlah Jenis Furnitur yang Serbaguna

Karena rumah minimalis hanya memiliki sedikit saja ruang untuk difungsikan, maka akan lebih baik jika Anda memilih furnitur yang multifungsi.

Misalnya, meja kopi yang bisa difungsikan juga sebagai tempat menyimpan sarung-sarung bantal di dalamnya. Atau meja makan yang sekaligus menjadi meja belajar. Tempat tidur yang dilengkapi dengan laci-laci di kolongnya sebagai tempat menyimpan pakaian. Dan sebagainya.

Ada beberapa rekomendasi furnitur dan dekorasi rumah yang cocok digunakan dalam rumah minimalis karena desainnya yang kompak dan hemat ruang. Semoga bisa membantu memberi Anda ide.


4. Tambahkan Aksesori agar Lebih Menarik

Mentang-mentang minimalis, lantas Anda tak berusaha menaruh dekorasi dan aksesori di sana-sini? Enggak gitu juga.

Anda tetap bisa kok menaruh dekorasi dan aksesori rumah di sana-sini, hanya saja hindari dekorasi dan aksesori yang terlalu ramai. Terlalu ramai apanya? Ya ornamennya, ataupun warnanya.

Selaraskan dengan gaya rumah minimalis Anda secara keseluruhan, agar terlihat padu, kompak, dan menarik. 


Nah, selamat mendesain rumah minimalis Anda yang mungil ya!



No comments

Powered by Blogger.