Dekorasi Kamar Tidur Mungil dengan 7 Trik Ini!




MYBIGPROPERTY.COM - Sebagai bagian dari masyarakat milenial dengan jumlah lahan yang semakin sempit, Anda bisa jadi sedang menempati sebuah hunian yang tidak terlalu luas. Sebuah rumah atau apartemen yang dibeli dengan uang muka dan cicilan ringan, seperti yang umumnya dilakukan hampir setiap orang sekarang.

Tempat tinggal yang tidak terlalu luas berarti memiliki ruangan-ruangan yang juga mungil. Beberapa ruangan malah berfungsi ganda, misalnya ruang tamu dan ruang keluarga.

Ini juga berarti bahwa kamar tidur luas nan mewah seperti yang ada di katalog-katalog perabotan masih berupa cita-cita. Namun kamar tidur yang mungil, tidak terlalu luas di mana semua barang terjangkau pandangan juga dapat didekorasi dengan nyaman. Sebuah ruang beristirahat mungil yang hanya mengakomodasi sedikit barang yang diperlukan, tapi tetap hangat dan menyenangkan.

Mari, simak 7 trik mendekorasi kamar tidur mungil seperti berikut ini!

1. Perhatikan setiap sudut

Dalam kamar tidur mungil, setiap sudut adalah asset yang berharga. Jadi sebelum membeli barang-barang, Anda harus bisa memastikan keperluan pada semua sudut terlebih dahulu. Apakah nanti akan menjadi tempat meja sisi tempat tidur, pojok membaca, untuk menempatkan sebuah pot tanaman, atau yang lainnya.


2. Cat dinding versus aksesori


Cat dinding dengan warna-warna netral sudah tentu memberikan kesan lebih luas ketimbang yang gelap. Namun jika Anda ingin berekspresi lebih dengan warna, maka salurkanlah pada aksesori.

Belilah lukisan abstrak dengan kombinasi cat yang indah, poster-poster kekinian, gantung lampu yang berwarna-warni, atau pasang hiasan apa pun yang menambah keceriaan. Tapi, biarkan dinding tetap berwarna netral, karena dengan demikian segala aksesori jadi lebih nampak menonjol.


3. Pasang karpet

Ruangan kecil bukan berarti tidak boleh ada karpetnya. Anda boleh memasang karpet dengan lebar yang cukup untuk dua kaki depan tempat tidur.

Alasannya adalah, karpet yang besar ternyata memberi efek ruangan yang luas daripada karpet yang kecil. Jadi walaupun kamar tidurnya mungil, mendekorasinya dengan karpet yang lebar akan cukup menolong untuk menambah kesan perbesar ruangan.


4. Utamakan jendela

Demi mendapatkan cahaya dan udara yang cukup, kamar tidur kecil harus mengutamakan jendela. Hindari menaruh barang besar apa pun di depannya, karena jendela dengan kaca berpemandangan luar akan menambahkan kesan luas.

Anda dapat membingkainya dengan gorden berwarna senada dengan cat dindingnya, atau bahkan berkespresi dengan warna lain. Yang jelas, ukurannya harus panjang sampai hampir menyentuh lantai, karena seperti halnya celana panjang, kain gorden yang terlalu pendek akan memberi kesan sempit.


5. Barang multifungsi

Demi menghemat ruangan, Anda harus bisa menemukan cara untuk dapat menyimpan barang dengan efektif dan efisien.

Untuk itu, lemari pakaian dengan kegunaan sebagai lemari tas juga beberapa pasang sepatu favorit dapat dijadikan pilihan.

Selain itu, mintalah tukang furnitur untuk membuatkan wewadahan yang multifingsi, seperti bench yang bawahnya bisa dijadikan untuk tempat menyimpan seprai dan bed cover, dan sebagainya.


6. Berikan sentuhan cermin


Untuk menambahkan kesan luas, sebuah cermin akan sangat bermanfaat. Belilah cermin berdiri untuk diletakkan di sudut ruangan, agar seluruh ruangan jadi terefleksi sempurna.

Atau, sebuah cermin panjang di pintu lemari juga dapat memberikan sentuhan kamar tidur mungil yang lebih leluasa.


7. Efek menggantung

Efek yang dihasilkan dari barang-barang yang menggantung akan cukup membuat ruangan jadi lebih lega.

Untuk beberapa barang seperti nakas, meja rias juga rak televisi, biarkanlah dipaten di dinding tanpa kaki. Ruang lapang di bawahnya akan menjauhkan kamar tidur dari kesan sempit.



Sekarang, sudah siap mendekorasi ruang tidur yang mungil, kan? Selamat bekerja!

No comments

Powered by Blogger.