5 Tip Menata Kamar Tidur Agar Semakin Nyaman

5 Tip Menata Kamar Tidur Agar Semakin Nyaman


Kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang penting di rumah. Ya, bagaimana tidak? Kamar tidur itu sekarang menjadi tempat melakukan segala sesuatu. Mulai dari menonton TV, mengobrol, membaca buku, dan lain-lain.

Tapi, utamanya sih tetap. Kamar tidur adalah tempat untuk sejenak beristirahat melepas rasa capek setelah seharian bekerja di kantor ataupun beraktivitas lain.

Nah, saat kita butuh istirahat, pastinya kita juga akan membutuhkan kenyamanan saat tidur. Dan ini bukan soal gampang, karena tak semua orang bisa langsung tidur begitu menyentuh kasur. Mungkin ada di antara Anda yang sedang mengalami kesulitan untuk tidur.

Kenyamanan kamar tidur kita juga berpengaruh pada kualitas tidur kita. Nah, MyBigProperty punya sedikit tip yang bisa Anda coba untuk memastikan kualitas tidur yang Anda dapatkan bisa baik, dengan berawal dari penataan kamar tidur yang tepat. Yuk, disimak.


5 Tip Menata Kamar Tidur Agar Semakin Nyaman Dipakai untuk Beristirahat

1. Sesuaikan Warna

Tahukah Anda, bahwa ternyata pemilihan warna pada kamar tidur bisa memengaruhi kondisi tidur Anda lo. Hope Bastien, seorang psikolog, mengaminkan hal ini dan mengatakan bahwa pemilihan warna yang tepat dalam kamar tidur bisa membuat kesehatan jiwa kita akan lebih baik. 

Warna yang bisa membuat kenyamanan tidur menjadi lebih baik adalah warna-warna polos seperti biru muda, merah muda, kuning, hijau. 


2. Selalu Rapikan Tempat Tidur

Ketika bangun tidur, terkadang kita suka lupa untuk merapikan tempat tidur. 

Nah, kebiasaan ini perlu diubah. 
Ternyata merapikan tempat tidur bisa membuat mood kita lebih baik daripada ketika kita tidak merapikannya lo. 

Jadi, jangan lupa untuk merapikannya setiap kali kita bangun. Sekalian juga rapikan barang-barang yang berserakan di sekitar tempat tidur ya. Misalnya, di nakas, meja kerja, ataupun sofa. 


3. Tambahkan Pengharum Ruangan di Kamar Tidur

Aroma yang menenangkan seperti lavendel dan melati akan membuat kenyamanan di kamar tidur Anda akan semakin bertambah. 

Pengharum ruangan akan memberikan kesan sejuk ketika kita sampai di kamar tidur setelah beraktivitas seharian dan membuat pikiran kita kembali fresh. Anda bisa letakkan pengharum ruangan di sekitar tempat tidur, seperti di dekat nakas yang berada di samping kanan kiri bed, ataupun gantungkan di tembok kamar tidur.


4. Minimalkan cahaya


Tahukah Anda bahwa cahaya dapat menghambat produksi hormon melatonin, yang merupakan hormon yang bertindak seperti obat tidur alami tubuh kita? 

Jadi, aturlah jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamar tidur. Saat sedang tidak digunakan, pastikan cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa. Namun, saat kita sedang membutuhkan istirahat yang cukup, aturlah supaya ruangan kamar tidur lebih gelap, untuk membantu kita mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Jangan biarkan TV menyala, ataupun gawai terus menerus memancarkan sinar, karena dapat mengganggu kenyamanan Anda tidur.


5. Atur Penempatan Alat Elektronik

Kamar tidur yang akan memberikan kualitas istirahat yang baik adalah ruangan yang mempunyai jarak antara tempat tidur dan alat elektronik--seperti TV dan radio--yang tepat.

Sebaiknya, jika memang tidak mendesak dan memungkinkan, letakkan saja semua alat elektronik di luar kamar tidur. Jangan bawa alat-alat tersebut ke dalam ruang tidur, karena pancaran sinar birunya dapat mengganggu tidur Anda.



Nah, sampai di sini, Anda pasti setuju kan, bahwa saat akan tidur, pasti kita ingin menginginkan suasana yang nyaman tanpa gangguan.

Jadi, lakukanlah 5 hal di atas sebagai permulaan untuk menciptakan kenyamanan di dalam kamar tidur Anda. Selanjutnya, Anda pasti bisa menata kamar tidur sesuai selera yang bisa menjamin kualitas istirahat Anda.

No comments

Powered by Blogger.