Makanan Sehat Berawal dari Dapur yang Juga Sehat



MYBIGPROPERTY.COM - Dapur adalah sebuah tempat di rumah yang khusus disediakan untuk memasak dan menyiapkan makanan. Semua peralatan dan bahan ada di sana, menjadikan dapur ruangan yang harus bersih sekaligus juga mudah kotor. 

Tidak hanya terdapat banyak perlengkapan, di dapur juga ada banyak kegiatan. Mulai dari membersihkan bahan makanan, mengolah dan memasak, juga menyajikannya. Lalu, bisakah menyajikan makanan sehat dengan berbagai hal yang ada di dapur?

Jika Anda kebetulan sedang kebingungan dengan hal itu, mari perhatikan 5 hal berikut agar senantiasa memastikan dapur sehat demi bisa menyiapkan makanan yang juga sehat

1. Bebas Distraksi

Zaman sekarang adalah zamannya gawai, di mana semua orang memeganginya hampir setiap saat. Termasuk di dapur. Entah untuk alasan melihat resep, membalas pesan, atau sedikit mengintip media sosial, yang jelas gawai itu sangatlah mendistraksi. 

Oleh sebab itu, bebaskan dapur dari segala jenis gawai juga media elektronik lainnya seperti televisi dan radio.

Kalau hanya untuk didengar dan butuh musik selama memasak, Anda bisa mengeraskan sedikit volume radio atau speaker ipod. Tapi tidak demikian halnya dengan televisi atau laptop yang bisa mengantarkan informasi secara visual, karena menontonnya dapat memecah konsentrasi. 

Jika tayangannya berupa cara memasak, Anda bisa menghafal atau mencatatnya. Lebih baik sibuk melihat catatan ketimbang terbawa suasana menonton, hingga masakannya terabaikan.


2. Pencahayaan cukup

Bagaimana Anda bisa menyiapkan makanan sehat jika kondisi dapur remang-remang, bahkan gelap? Bisa jadi, Anda malah membahayakan diri sendiri dengan kondisi penerangan yang kurang.

Jadi, pastikan dapur Anda mendapat penerangan yang cukup. Tambahkan beberapa lampu di area-area tertentu, misalnya di area tempat Anda biasa mengiris-iris bahan makanan. 


3. Tanaman dapur

Ada banyak jenis tanaman yang sering terlibat dalam acara masak-memasak, yang dapat ditanam sendiri di dapur sehat Anda. Misalnya daun seledri, daun bawang, mint, daun ketumbar, kemangi dan lain sebagainya. 

Taruh mereka di dalam pot-pot sedang, dan letakkan berjajar di meja dapur. Atau, Andajuga bisa menggantungnya di bawah jendela luar dapur sehingga sewaktu-waktu dapat dipetik–segar dan sehat. 
Selain menjadi bahan masak, tanaman-tanaman tersebut dapat juga menjadi penghias ruangan.


4. Sirkulasi udara yang lancar

Tak hanya menyediakan bahan makanan yang segar untuk dapat memasak masakan yang sehat, tetapi juga memastikan sirkulasi udara di dalam dapur juga lancar.

Dengan sirkulasi udara yang lancar, dapur pun tak pengap. Bebauan cepat pergi, dan lagi, lebih aman karena dapur sebenarnya merupakan area yang rawan kecelakaan.



5. Atur ulang bahan-bahan

Jika Anda termasuk tipe yang suka menyimpan stok, maka susunlah bahan-bahan makanan berdasarkan tanggal kedaluwarsanya. 

Atur juga semuanya sesuai kebutuhan dan jenisnya. Misalnya botol-botol berisi bahan-bahan pembuat kue di rak paling atas, kemudian mason jar-mason jar berisi bumbu-bumbu untuk masakan berat, di rak di bawahnya, dan seterusnya.

Dengan memisahkannya per kebutuhan dan per jenis, tentu akan lebih memudahkan Anda saat memasak, dan pastinya akan lebih rapi demi mewujudkan dapur sehat.



Dengan memperhatikan hal-hal di atas, niscaya makanan sehat akan selalu tersaji dari dapur sehat Anda. 

Dapur jadi memiliki nilai lebih dari sekadar tempat memasak, juga sebagai ruang yang nyaman untuk beraktivitas. Jika merasa nyaman di dapur, maka acara memasak akan lebih menyenangkan, sehingga energi positifnya ikut mendukung penyajian makanan sehat.

No comments

Powered by Blogger.