7 Tanaman Hias Unik yang Cantik Banget untuk Dikoleksi



MYBIGPROPERTY.COM - Tanaman hias terbukti akan membuat rumah nampak lebih asri, nyaman ditempati dan tentunya bisa menghasilkan oksigen yang sangat kita butuhkan.

Ya, walaupun nggak punya lahan untuk kebun, Anda masih bisa menempatkan tanaman di beberapa sudut rumah. Mengoleksi tanaman hias untuk dijadikan home decor sekarang ini tengah menjadi tren. Berbagai pot bunga yang lucu dari bahan tanah liat ataupun anyaman bambu menjadi pelengkap yang cantik untuk rumah. Tak hanya itu, variasi tanaman hias pun semakin banyak. Harganya pun terjangkau di kantong.

Nah, sudahkah Anda memiliki salah satu, beberapa, atau malah semua tanaman hias unik yang berikut ini?


1. Dolphin succulent

Dolphin succulent. Sumber: Youngs Garden Shop Succulents

Sukulen adalah tanaman yang bisa bertahan di musim kemarau karena terdapat timbunan air di dalam batang tanaman tersebut. Tanaman ini berasal dari Afrika, tapi sukulen bisa tumbuh liar di mana pun.

Salah satu sukulen yang unik adalah dolphin succulent, yang berbentuk lumba-lumba! Unik banget deh.


2. Marimo moss balls

Marimo moss balls. SUmber: Amazon

Tanaman hias unik yang satu ini cocok diletakkan di dalam akuarium kecil ataupun terarium. “Moss balls” ini memang hidup di dalam air.

Untuk merawatnya, Anda cukup mengganti air dua minggu sekali dan usahakan tanaman hias ini tidak terkena sinar matahari secara langsung.


3. Zig zag cactus

ZigZag Cactus. Sumber: Lia Griffith

Nama botani untuk tanaman hias ini adalah Selenicereus Anthonyanus, tapi lebih sering dikenal dengan nickname seperti Fishbone Cactus.

Seperti sifat kaktus pada umumnya, tanaman hias ini memang low maintenance dan saat mekar akan muncul bunga berwarna pink.


4. Trachyandra

Trachyandra. Sumber: GreenSeedGarden

Lucu banget ya? Tanaman hias satu ini kalau diletakkan di sudut meja kerja bikin tambah semangat kerja nih pastinya.


5. Crassula Umbella


Crassula Umbella. Sumber: Reddit

Nama lain dari tanaman hias ini adalah Wine Cup. Well, barangkali modelnya kayak penutup anggur apa ya jadi dinamakan seperti itu. Tanaman hias ini tumbuh dengan tinggi 6 inchi saat bunganya mekar.


6. Euphorbia Obesa


Euphorbia Obesa. Sumber: Youtube

Bentuknya yang mirip bola bikin tanaman hias ini diberi julukan “Baseball Plant”.

Lucu dan unik ya, tanaman hias yang satu ini. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan lebar 6-15 cm, bisa menyimpan air untuk mencegah dari kekeringan.


7. Euphorbia Caput – Medusae

Euphorbia Caput – Medusae. Sumber: World of succulents

Tanaman hias succulent ini biasa disebut “Medusa’s Head” dan ini banyak ditemui di Cape Town, Afrika Selatan. Tapi, sekarang Anda bisa punya tanaman Medusa ini karena sudah ada online shop yang menjualnya.


Memiliki tanaman hias berarti Anda juga berkewajiban untuk merawatnya, ya. Jangan dibiarkan begitu saja. Walaupun beberapa tanaman tersebut bisa tahan nggak disiram selama dua minggu, bukan berarti nggak dirawat.

Dan jangan karena tren, Anda jadi lupa untuk cari tahu cara merawat dan membersihkan tanaman hias, ya.

Luangkan sedikit waktu untuk mengecek kondisi tanaman hias, daunnya disemprot dengan air lalu dibersihkan, disiram atau ditata lagi letak pot-potnya.

Selamat mengoleksi!

No comments

Powered by Blogger.