7 Peralatan Personal yang Ada di Kamar Tidur dan Kamar Mandi yang Harus Diganti Secara Periodik



MYBIGPROPERTY.COM - Peralatan kamar tidur seperti seprai, bantal, kasur seringkah diganti? Kapan tepatnya? Seminggu, dua minggu, sebulan atau tunggu udah kumal baru ganti? Duh.

Namun, memang ya. Kadang nih, karena kesibukan yang super padat dan capek yang melanda, kita suka nggak memperhatikan waktu penggantian peralatan personal ini ya. Padahal, efeknya bisa bahaya bagi kesehatan kita. Seperti seprai, misalnya. Kalau nggak kotor, nanti saja deh diganti. Padahal tanpa disadari banyak kuman maupun bakteri yang melekat di sana.

Nah, ini dia 7 peralatan personal yang ada di kamar tidur dan kamar mandi yang harus diganti secara periodik


1. Seprai – 1 minggu sekali

Setiap orang melepaskan 25 gram sel kulit setiap minggunya. Jumlah ini sama dengan sebungkus keripik kentang! Ewww!

Ini akan menjadi sumber makanan segar bagi 10.000 ekor tungau yang hidup di tempat tidur. Agar tempat tidur bebas dari tungau dan seprai harum menyegarkan, cucilah setiap tujuh hari sekali, pada suhu 60’ celcius tanpa banyak detergen.

2. Bantal – 2 kali setahun

Menurut satu penelitian, pada bantal yang sudah berumur 2 tahun, 10% beratnya akan terdiri dari serpihan kulit mati, tungau dan kotorannya.

Solusinya, untuk membunuh tungau, simpan bantal dalam plastik dan letakkan dalam lemari es selama 6 jam. Lipat bantalnya, dan diikat dengan tali. Masukkan ke dalam plastik (bisa tas plastik) lalu masukkan ke dalam lemari es.

Dan jangan lupa, harus rajin juga mencuci bantal setiap 6 bulan. Untuk sarung bantal, cuci minimal 2 kali seminggu.


3. Kasur – 2 kali setahun

Tidak perlu mencuci kasur bila tidak ada noda atau kotoran yang cukup mengganggu. Cukup membalikkannya setiap enam bulan.

Bersihkan debu dengan vacuum cleaner setiap mengganti seprai. Apabila terkena noda, sebaiknya sikat permukaan kasur memakai sampo atau deterjen, yang dicampur air hingga berbusa. Bersihkan area noda dengan spons yang telah dibasahi air hangat.

Yang penting, jangan biarkan bagian dalam kasur basah atau lembap. Segera keringkan dengan kipas angin, hair dryer atau dijemur di luar ruangan.


4. Baju tidur – 2 kali seminggu

Tanpa disadari, kita mengeluarkan keringat setengah liter setiap malam yang sebagian besar diserap oleh baju tidur atau piyama.

Jika Anda termasuk orang yang mandi teratur setiap hari, pagi dan sore, Anda boleh mengganti baju tidur setiap 3-4 hari. Namun, bila udara panas dan tidur di kamar tanpa pendingin, usahakan ganti baju tidur setiap hari.


5. Sisir – 1 tahun sekali

Para penata rambut menganjurkan mengganti sisir minimal setahun sekali, meskipun kondisinya masih terlihat baik. Sisir yang sikatnya sudah lepas dapat melukai kulit kepala, juga menghambat produksi sebum (pelembap alami rambut), sehingga rambut menjadi kusam dan tidak sehat.

Jangan lupa untuk membersihkan sisir secara teratur dengan cara direndam di dalam air hangat yang dicampur sampo.

Sisi dapat menyimpan minyak dari produk perawatan rambut serta debu dari ruangan. Jangan sampai kotoran tersebut akan ditransfer kembali ke rambut, ya!

Perlengkapan rumah yang satu ini memang sering banget kita abaikan tapi pengaruhnya besar juga.


6. Handuk – 1 minggu sekali

Handuk yang lembap adalah tempat paling ideal untuk hidupnya kuman yang bersarang di tubuh kita seperti stapylococus aureus, mikroorganik yang sebenarnya tidak berbahaya tapi bila bertemu dengan luka bisa menyebabkan infeksi.

Dianjurkan untuk mencuci handuk minimal seminggu sekali dalam suhu 60’ celcius. Jangan lupa untuk mengeringkannya sebelum dilipat atau digantung.


7. Sikat gigi – 3 bulan sekali

Hayo seberapa sering Anda mengganti peralatan kamar mandi yang mungil ini, sikat gigi?

Sebagian besar orang menyimpan hingga 10 juta bakteri dalam mulut, yang dipindahkan ke sikat gigi. Bakteri ini akan dapat bertahan hingga 48 jam atau bahkan lebih lama, apabila sikat gigi tidak dibiarkan mengering.

Sikat gigi juga rentan terhadap kuman di kamar mandi, seperti 750.000 kuman yang terletak di udara setiap kali toilet disiram.

Karena itu juga disarankan agar menyimpan sikat gigi minimal 2 meter jaraknya dari toilet! Dari dokter gigi, disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan.


Jadi, sudah tahu kan kapan waktu untuk mengganti peralatan personal yang ada di kamar tidur dan kamar mandi ini kan? Yuk, jangan malas lagi untuk menggantinya.

No comments

Powered by Blogger.