3 Cara Ampuh Untuk Mengusir Nyamuk dari Lingkungan Rumah

Cara Mengusir Nyamuk dari Lingkungan Rumah


MYBIGPROPERTY.COM - Musim kemarau sepertinya masih panjang. Musimnya para nyamuk beterbangan dengan bebas tanpa terganggu hujan. Anda harus lebih waspada pada masa-masa ini, ya, agar keluarga senantiasa terbebas dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Nyamuk itu paling senang berada di tempat-tempat yang berantakan, bersampah, yang ada air tergenang, dan semak-semak. Karena itu, rajin-rajinlah bebersih rumah, dan perhatikan tempat-tempat di mana mereka suka bersembunyi, seperti gantungan baju-baju dan pojok-pojok ruangan.

Kalau di luar ruangan, maka halamanlah tempat mereka bersarang, karena habitat alaminya memang outdoor.

Untuk itu, periksa kembali halaman depan dan belakang. Singkirkan genangan air, tutup rapat tempat sampah, dan pangkas semak-semak yang sekiranya sudah terlalu lebat.

Selain itu, ada 3 lagi cara ampuh untuk mengusir nyamuk dari lingkungan rumah. Simak yang berikut ini, ya!


1. Warna Terang

Konon, lalat sangat membenci warna biru terang. Mereka akan menghindari rumah-rumah bercat biru. Serangga-serangga itu memang suka dengan warna gelap, karena merasa aman tanpa pandangan orang.

Demikian juga dengan nyamuk. Jadi warnailah rumah dan seluruh ruangannya dengan cat-cat yang cerah, agar mereka tidak nyaman melihatnya. Terutama dinding luar rumah, sebaiknya hindari cat berwarna gelap seperti abu, ungu, dan hitam.

Tidak hanya mengenai dinding lo, tapi warna cerah itu juga semua hal. Itulah mengapa bunga yang berwarna-warni dihinggapi oleh kupu-kupu dan bukannya nyamuk.

Jadi, jika Anda senang berkebun dan meluangkan banyak waktu di halaman, pilihlah pakaian berwarna terang. Pakai juga sepatu boot agar kaki terhindar dari nyamuk, ya.


2. Tanaman Pengusir Nyamuk

Di halaman tentunya ada tanaman-tanaman, bukan? Nah, manfaatkanlah halaman untuk sekaligus mengusir nyamuk-nyamuk.

Ada banyak sekali tanaman yang secara alamiah mengeluarkan wewangian yang tidak disukai nyamuk. Lavendel, misalnya, yang wanginya lembut menenangkan bagi manusia tapi nyamuk menghindarinya. Bunga Lavendel yang berwarna ungu kalem sebetulnya berguna sekali untuk aromaterapi. Namun sang kembang memiliki kandungan Linalool dan Linalil Asetat yang membuatnya dibenci nyamuk

Lalu ada bunga Marigold dan Geranium, yang memiliki senyawa bernama pyretrhum yang dihindari nyamuk.

Selain bunga-bunga, beberapa tanaman pun memiliki aroma khas yang ampuh mengusir nyamuk. Seperti serai, misalnya, yang wanginya cukup menyengat. Selain itu ada tanaman daun mint juga kemangi yang khasiatnya baik bagi kita namun tidak disukai nyamuk.

Tanamlah setidaknya satu di antaranya yang Anda suka, ya, karena selain bermanfaat juga memperindah halaman.


3. Lampu Serangga  

Ini khususnya untuk Anda yang memiliki teras rumah cukup besar untuk ajang duduk-duduk. Terutama pada malam hari, warna-warna cerah tidak lagi terlalu berpengaruh dalam mengusir nyamuk. Jadi, pasanglah lampu neon putih cukup terang di area teras, dan lupakan bohlam kuning temaram demi kesan romantis–setidaknya di musim kemarau.

Anda juga bisa menambahkan lampu serangga dengan neon berwarna ungu untuk membantu menghindari nyamuk. Dengan demikian, acara kumpul-kumpul dengan keluarga atau sahabat di teras rumah akan lebih nyaman.


Selain 3 hal tersebut, Anda juga perlu menjaga diri dengan baik agar dijauhi nyamuk. Mandilah dengan bersih menggunakan sabun yang wanginya segar, agar nyamuk menghindar. Untuk anak-anak, apalagi yang masih bayi, olesi lotion antiserangga.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

No comments

Powered by Blogger.