Tip Tepat Memilih Aksen Warna Interior



MYBIGPROPERTY.COM - Tampilan ruang di dalam rumah Anda laksana wajah. Ruang butuh perhatian, perawatan, bahkan penataan berkala agar terlihat selalu bersih, rapi, dan nyaman. Untuk mendapatkan kenyamanan maksimal ini, warna interior ternyata memegang peranan penting. Ada beberapa warna yang terasa mengintimidasi, ada pula warna yang cenderung membuat rileks.

Nah, untuk mendapatkan warna interior yang pas ini kita akan butuh pemahaman dasar tentang menata dan menempatkan warna pada susunan elemen utama dalam ruang itu sendiri.

Dinding beraksen warna adalah salah satu elemen utama tersebut. Apa yang menjadi faktor penentu nyaman tidaknya warna ditempatkan dalam sebuah elemen di dalam ruang?

Setidaknya ada 2 hal yang menjadi penentu nyaman tidaknya pemilihan warna interior kita

1. Komposisi dan proporsi yang tepat

Penempatan warna interior yang didasarkan atas komposisi ruang harus ditata lapisan per lapisan. Ada bagian belakang yang dijadikan latar belakang komposisi, ada elemen warna yang menjadi fokus komposisi. Ada juga sentuhan warna yang menjadi penguat ikatan komposisi.

Hal ini haruslah direncanakan sejak awal. Warna-warna yang ditempatkan sebagai latar belakang harus dapat memberikan kekontrasan pada komposisi furnitur atau elemen pelengkap di depannya.

Untuk pewarnaan dinding di bagian samping, selalu perhatikan orientasi penataan furnitur. Jangan sampai sentuhan warna di sini justru membaurkan komposisi furnitur di depannya.

Warna yang menjadi point of interest yang menjadi fokus dari komposisi bisa dimainkan dalam warna-warna furnitur yang senada. Bisa juga fokus warna itu berupa permainan warna dinding yang didukung oleh arah orientasi peletakan furnitur.


2. Nilai fungsi dan ergonomitas yang tinggi

Aksen warna memberikan pesan dan pengaruh terhadap suasana ruangan. Aksen warna terang cenderung memberikan ketegasan pada aktivitas yang ada di dalam ruang. Aksen ini cocok untuk kegiatan yang membutuhkan dinamika dan interaksi yang tinggi. Ruang keluarga, misalnya.

Aksen warna gelap memberikan suasana kontemplatif ataupun relaksasi, plus ada nuansa elegan yang cenderung melembutkan. Jadi, warna ini akan cocok untuk ruangan-ruangan yang akan Anda gunakan untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi ataupun kontemplatif. Ruang kerja di rumah atau ruang tidur, misalnya.


Beberapa tip untuk menjadikan ruang di rumah Anda memiliki aksen warna interior yang padu dan cantik

1. Perhatikan bentuk dan warna furnitur

Bentuk furnitur yang kompak memungkinkan Anda untuk memainkan warna-warna interior aksen dinding yang lebih berani.

Bentuk-bentuk furnitur dengan banyak unsur dekoratif akan menuntut kita lebih cermat menggunakan warna turunan atau warna padanan yang terkait dengan furnitur.

Hal ini untuk mencegah bertambahnya keruwetan komposisi visual ruang.


2. Pastikan pengecatan rata

Melabur cat untuk menambah aksen warna pada dinding berpengaruh besar pada komposisi ruang. Ketidakrapian membuat komposisi bisa menjadi berantakan.


Nah, semoga dengan sedikit panduan di atas, sekarang Anda bisa mulai merencanakan warna-warna interior yang paling pas untuk rumah Anda yang indah ya.

No comments

Powered by Blogger.