Nggak Ada Waktu untuk Konmari? Lakukan Saja 6 Hal Berikut untuk Decluttering dengan Cepat!




MYBIGPROPERTY.COM - Konmari memang merupakan cara merapikan rumah yang kekinian. Metode yang diperkenalkan oleh Marie Kondo ini kalau memang berhasil kita lakukan, bakalan membawa kualitas hidup kita ke level yang lebih baik.

Namun kadang, Konmari memang agak sulit dilakukan, terutama bagi mereka yang sibuk. Lalu gimana dong? Yang pasti, rumah jangan dibiarkan berantakan. Apa akal?

Anda bisa melakukan decluttering dalam beberapa langkah berikut, yang bisa Anda lakukan dengan cepat.

1. Atur kertas-kertas

Pada sebagian besar kasus ruang yang berantakan--baik itu kamar, rumah, maupun area kantor--kebanyakan disebabkan oleh kertas-kertas yang berceceran dan beterbangan ke sana-kemari.

Ya, kertas adalah sumber ketidakrapian ruangan, termasuk di rumah.

Jadi, coba lihat di sekeliling Anda. Apakah banyak kertas-kertas yang berceceran di sana-sini? Kertas bekas bungkus makanan, kertas coret-coretan, slip minimarket, kertas-kertas kardus bekas kemasan biskuit, kertas-kertas lukisan anak-anak, dan sebagainya?

Coba atur dan tata dalam satu tempat, yang terpisah masing-masing jenisnya. Yang tidak terpakai, bisa langsung Anda sisihkan untuk didaur ulang, dijual, atau dibuang.


2. Usahakan permukaan bersih

Permukaan di sini misalnya permukaan meja kopi, permukaan meja kerja, permukaan kredensa, permukaan rak televisi. Apakah permukaannya terlihat? Ataukah tertutup berbagai barang nggak jelas, seperti majalah, kertas, buku, tas, dan sebagainya?

Itu dia juga yang menjadi salah satu penyebab ketidakrapian ruangan. Permukaan yang tidak kelihatan.

Coba atur dan tata barang-barang yang Anda letakkan sembarangan di berbagai permukaan furnitur di rumah Anda. Usahakan agar ada permukaan yang bersih dan terlihat.


3. Tempatkan majalah dan buku

Majalah dan buku biasanya juga menjadi salah satu sumber ketidakrapian dalam ruangan. Sudah tersebar di berbagai sudut di rumah, tumpukannya juga tidak menghadap ke arah yang sama--ada yang melintang, ada yang membujur. Besar kecil pun campur aduk menjadi satu.

Pisahkan buku dan majalah. Atur majalah menurut ukuran, menghadap ke arah yang sama, agar tumpukan atau deretannya lebih rapi. Begitu juga dengan buku. Kembalikan setiap buku yang tersebar di seantero rumah atau ruangan ke raknya semula. Masukkan pembatas pada halaman terakhir yang dibaca, tutup, kemudian kembalikan ke raknya.


4. Rapikan pakaian

Jika Anda termasuk orang yang suka menaruh pakaian sembarangan di mana saja--di headboard tempat tidur, di balik daun pintu, di pintu lemari, di kamar mandi--sekarang saatnya Anda menertibkan diri sendiri.

Pisahkan baju-baju yang sudah dipakai lebih dari 2 kali, dan cuci, kemudian simpan di lemari pakaian, yang sudah dipisahkan berdasarkan jenis dan fungsinya. Jangan menggantung baju terlalu lama di luar lemari. Selain membuat rumah jadi tampak sangat berantakan, kebiasaan ini juga tak sehat. Baju lembap yang sudah pernah dipakai biasanya sangat disukai nyamuk lo. Belum lagi debu-debu yang malahan semakin menempel pada kain.


5. Rapikan dapur

Sumber ketidakrapian rumah lainnya adalah dapur. Ya wajar saja, karena di sinilah tempat yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak.

Tapi bukan berarti, dapur dapat  dibiarkan saja berantakan. Anda dapat membaca artikel Menata Ruang Dapur Agar Rapi dan Stylish ini.


Nah, kelima langkah di atas sekiranya hanya butuh 10 - 15 menit saja dilakukan setiap hari. Pastinya tidak akan banyak menyita waktu Anda yang berharga bukan?

Selamat beres-beres!

No comments

Powered by Blogger.