Serba-Serbi Pengharum Ruangan di Rumah




MYBIGPROPERTY.COM - Rumah yang indah bukan sekadar yang enak dilihat dan nyaman dihuni, tapi juga perlu menyentuh indra penciuman juga. Karena itu, sekarang banyak sekali dijual berbagai pengharum ruangan yang bisa kita pilih berdasarkan selera kita.

Pengharum ruangan tak hanya sekadar berbau wangi saja, tetapi juga harus menyatu dalam interior keseluruhan rumah. Aroma sedap yang menguar dari rumah bisa menginterpretasikan kepribadian pemilik rumah. Karena, selera seseorang bisa dinilai dari pilihan aroma yang tercium saat kita memasuki rumahnya.

Pengharum ruangan juga tak hanya dipakai untuk keperluan fungsional saja, seperti menghalau bau tak sedap dari rumah, tetapi ada juga fungsi estetis, yang akan memberi efek menyenangkan bagi penghuni rumah.


Beberapa jenis pengharum ruangan yang dikenal


1. Dupa

Pengharum ruangan pertama kali dikenal di dunia melalui penggunaan dupa. Saat itu sekitar 3500 tahun silam, orientasi penggunaannya sangat kental dengan ritual keagamaan.

Seiring kemajuan zaman, dupa tetap menjadi pengharum ruangan favorit karena efek dari aroma bakarannya yang mengharumkan dengan cepat. Terutama di daratan Eropa, yang orang-orangnya menyukai wewangian yang 'berat'.


2. Potpourri (bunga kering)

Potpourri juga merupakan salah satu produk pengharum ruangan tertua. Produk ini kemudian menjadi inspirasi munculnya wewangian lain dalam berbagai bentuk. Kekurangan dari jenis pengharum ruangan ini adalah wanginya yang tak sekuat produk lain.


3. Bentuk-bentuk modern

Bentuk-bentuk pengharum ruangan yang berkembang kemudian adalah room spray, scented candle, dan diffuser yang bisa digunakan dengan 2 cara, yaitu stick yang dicelupkan ke dalam botol minyak wangi dan minyak dalam wadah yang dipanaskan dengan listrik sehingga mengeluarkan uap.

Ada pula produk berupa scented oval (bentuknya seperti kapur barus) yang digantung di dalam lemari. Juga ada scented crystal berupa batu-batuan kristal yang uapnya mengeluarkan wangi.


Penggunaan berbagai macam bentuk dan jenis pengharum ruangan di atas pastinya merupakan pilihan berdasarkan selera dan kesukaan masing-masing ya.

Namun, yang pasti, siapa pun yang mau menghadirkan pengharum ruangan dalam rumah sudah menyuarakan karakter dan selera desain yang tinggi.

Bagaimana? Pengin menggunakan pengharum ruangan jenis yang apa?

No comments

Powered by Blogger.