9 Prinsip Dasar Mendekorasi Rumah yang Bisa Jadi Pedoman Bagi Pemula

9 Prinsip Dasar Mendekorasi Rumah yang Bisa Jadi Pedoman Bagi Pemula


MYBIGPROPERTY.COM - Soal mendekorasi rumah bisa saja sangat tergantung pada selera pribadi masing-masing orang. Tapi sebenarnya, ada beberapa prinsip desain yang harus diikuti untuk membantu Anda sukses mendekorasi.

Jadi, ini dia beberapa prinsip menata dekorasi rumah yang bisa Anda ikuti

Do's


  1. Sesuaikan gaya dekorasi rumah Anda dengan gaya arsitektur rumah secara keseluruhan. Jangan memaksakan tampilan modern minimalis dalam rumah bergaya Victoria yang penuh dengan ornamen.
  2. Pertimbangkan lokasi rumah Anda. Misalnya, jika Anda menyukai gaya rumah pantai, tapi jika lokasi rumah Anda yang terkurung dalam perkampungan padat penduduk, ya sepertinya akan failed. Rangkullah gaya yang sudah ada di sekitar lokasi rumah Anda, dan manfaatkan lingkungan Anda untuk menginspirasi skema dekorasi rumah yang Anda inginkan.
  3. Buat mood board dan denah ruangan, jika Anda ingin menata rumah secara keseluruhan. Hal ini bisa membantu Anda untuk memikirkan konsep desain dan dekorasi secara keseluruhan, sehingga penataan setiap ruangan akan lebih kompak dan seirama. 
  4. Campur gaya lama dan baru. Misalnya, jika Anda menyukai tampilan semua perabotan baru, tambahkan sesuatu yang sedikit berusia agak lebih tua juga, seperti jam antik, kandil antik, atau rak kayu yang difinishing washed. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari kesan monoton.
  5. Take your time. Menata dan mendekorasi rumah itu bukan pekerjaan yang bisa diburu-buru. Anda harus bekerja per tahap. Bahkan mungkin butuh waktu bertahun-tahun sebelum menemukan gaya dekorasi rumah yang benar-benar pas dengan selera Anda. Tak perlu khawatir. Just, take your time. 

Dont's


  1. Menempatkan semua furniture mepet ke dinding. Ingat, Anda punya seluruh ruangan untuk ditata dan diatur. Jadi, jangan taruh semua di pinggir. Isilah seluruh ruangan dengan dekorasi dan furniture secara merata, tapi jangan terlalu penuh juga.
  2. Memilih aksesori yang serupa. Mungkin Anda memang suka keteraturan, termasuk soal menata rumah. Anda suka menaruh barang-barang yang seragam; bentuknya, tingginya, warnanya, ataupun motifnya. Ini bagus, tapi bisa jadi sangat membosankan lo. Coba kreasikan sedikit; kombinasikan yang tinggi dengan yang rendah, padukan bantal persegi dengan bantal berbentuk bintang atau bundar, dekatkan vas dari kaca dengan mangkuk-mangkuk hiasan kristal, dan seterusnya.
  3. Jangan berlebihan dalam mengombinasikan. Bisa jadi Anda memang menyukai beragam gaya dan hal, tapi jangan masukkan semua sekaligus dalam satu ruangan. Bisa-bisa ambience rumah Anda menjadi kacau. Ingat, less is more. Tetaplah berpegang pada gaya pribadi, lalu tambahkan satu atau dua tren. Jaga supaya jangan terlalu penuh, sisakan ruang kosong sedikit di sana-sini, agar terasa lebih lega. 
  4. Mendekorasi dengan hanya dominasi satu atau dua warna saja. Memang bagus sih jika Anda ingin mempunyai theme color. Tapi jika Anda tak menambahkan warna-warna lain juga, bisa jadi monoton dan membosankan. Jadi, belajarlah untuk mengombinasikan warna. 

Nah, demikianlah beberapa prinsip dasar mendekorasi rumah yang bisa Anda ikuti, meskipun Anda belum pernah menata rumah sebelumnya. Jika prinsip ini sudah Anda ketahui, mau gaya apa pun bisa Anda adopsi untuk rumah Anda yang nyaman.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.