5 Langkah Mudah Menata Rumah Minimalis



MYBIGPROPERTY.COM - Lagi pengin menata ulang rumah? Barangkali Anda ingin gaya yang sekarang sedang ngehits, menata rumah minimalis?

Menata rumah minimalis tidaklah susah kok. Tapi, sebelum mulai, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan gaya minimalis?

Sebenarnya minimalis bukanlah sekadar tren, melainkan merupakan gaya hidup yang diadopsi dari gaya hidup Zen di Jepang.

Gaya hidup minimalis ala Zen ini mengemukakan bahwa semakin sedikit benda yang kita gunakan sehari-hari, maka semakin tenanglah hidup kita.

Jadi, menata rumah minimalis berarti kita mempergunakan sesedikit mungkin furniture di dalam rumah, dengan warna yang juga seminimal mungkin.

Nah, jika Anda ingin menata rumah dengan gaya minimalis ini, maka berikut beberapa langkah menata rumah minimalis yang bisa Anda lakukan.

6 Langkah menata rumah minimalis


1. Simpel dan kompak

Salah satu prinsip dalam menata rumah minimalis adalah kesederhanaan dan kekompakan furniture serta perlengkapan yang kita pakai.

Maksudnya, beberapa furniture yang kita pakai haruslah bisa multifungsi, agar kompak di dalam rumah. Misalnya, sofa ruang tamu, bagian bawah dari jok tempat duduknya sekaligus berfungsi sebagai laci-laci untuk menyimpan taplak, seprai, dan sarung bantal.

Televisi dipasang di tembok, dengan rak buku yang menjadi satu dengan meja belajar anak-anak. Meja makan bisa dilipat ke dinding saat tidak digunakan.

Intinya furniture-furniture yang ada bisa digunakan untuk 2 - 3 kegiatan sekaligus.


2. Pilihlah tone netral

Menata rumah minimalis berarti juga memilih warna netral untuk interior, yaitu warna yang bernuansa putih atau krem. Warna ini akan membuat rumah Anda menjadi hangat dan cerah.

Supaya tak monoton, mainkan gradasi warnanya. Saat memilih cat, coba perhatikan cat-cat yang neutral base. Biasanya ada puluhan varian. Nah, kombinasikanlah warna-warna ini agar membuat ruangan menjadi menarik.

Anda juga masih bisa kok menambahkan aksen-aksen warna lain, seperti hijau, cokelat, atau hitam. Taruh warna-warna aksen ini dalam bentuk pernak-pernik, seperti sarung bantal, atau warna pot sukulen yang ditaruh di dekat jendela, dan sebagainya.


3. Satu-masuk satu-buang

Ini dia prinsip utama dalam menata rumah minimalis.

Dalam prinsip ini, kita "tidak diperbolehkan" menyimpan barang karena sayang ataupun alasan memorabilia.

Prinsip one-in one-out harus dipegang teguh. Saat Anda membeli satu barang baru, maka ada satu barang lama pula yang harus dikeluarkan dari rumah. Boleh dijual lagi, atau dihibahkan, atau didonasikan.

Ini prinsip menjaga agar rumah tetap minimalis.

Misalnya, jika Anda mulai ingin memberikan satu kamar sendiri untuk si kecil dengan membelikan satu tempat tidur baru, maka ranjang bayinya harus dikeluarkan. Anda bisa menjualnya sebagai barang preloved secara online melalui marketplace-marketplace yang sekarang marak di internet.

Tak perlu terlalu sayang pada kenangan, karena kenangan akan tinggal meski barangnya sudah tak ada.


4. Bersihkan semua permukaan

Kebiasaan buruk kita semua adalah sering meninggalkan atau meletakkan segala sesuatu di permukaan apa saja.

Kunci mobil, tiket parkir, uang receh, catatan belanja, alat tulis, semua tercecer di seantero rumah. Entah di meja tamu, meja makan, rak buku, bahkan sampai di wastafel kamar mandi. Semua permukaan selalu ada "isinya".

Hal ini bertentangan dengan prinsip menata rumah minimalis. Karena itu, yuk, bereskan semua printilan yang tersebar ke berbagai sudut rumah tersebut. Sediakan satu dua wadah khusus untuk printilan, dan kalau bisa jangan sampai terlihat. Misalnya taruh di dalam laci meja konsol.

Jika memang ada yang tidak terpakai lagi, jangan sayang untuk membuangnya.


5. Pilihlah barang berkualitas

Akan lebih baik, jika memungkinkan, kita memilih barang-barang dengan desain dan kualitas yang lebih baik tapi dalam jumlah yang sedikit ketimbang banyak barang tapi kualitas sedang atau rendah.

Barang berkualitas biasanya lebih awet. Jika bosan, jual saja lagi sebagai barang preloved atau gelar garage sale. Lumayan kan, uangnya bisa dipakai untuk membeli barang baru.


Nah, itu dia beberapa langkah menata rumah minimalis yang bisa Anda lakukan.
Selamat beberes ya!

No comments

Powered by Blogger.