7 Langkah Menata Rumah Agar Menjadi Tempat Aman baginya Berkreasi dan Membuatnya Makin Pintar

7 Langkah Menata Rumah Agar Menjadi Tempat Aman baginya Berkreasi dan Membuatnya Makin Pintar


MYBIGPROPERTY.COM - Dalam berantakannya rumah, saat itulah anak-anak belajar. Setuju kan? Karena itu, kita pun perlu memastikan bahwa rumah aman bagi mereka. Yuk, menata rumah yang ramah anak.

Untuk apa? Tentu saja, agar mereka semakin nyaman bereksplorasi dan belajar. Karena bukankah dalam bermain itu mereka belajar? Dan, pastinya kita mau mereka selalu aman, terhindar dari kecelakaan ataupun luka saat bermain itu bukan?

7 Langkah menata rumah yang ramah anak

1. Furniture tak bersudut

Anak-anak pasti suka berlarian ke sana ke mari tak tentu arah, bahkan di dalam rumah. Yah, namanya juga anak-anak. Kejadian kejedot meja ataupun lemari, pasti akan sering terjadi.

Karena itu, akan lebih baik jika Anda berinvestasi pada furniture-furniture yang berujung bulat, atau minim sudut. Kurangi furniture yang berbahan logam, apalagi yang bersudut.

Namun, jika memang sudah ada furniture seperti ini di dalam rumah sebelum anak-anak datang, maka Anda bisa membeli siku-siku untuk mengamankan ujung-ujung meja, kaca, dan furniture-furniture yang banyak dijual di pasaran.

Ujung-ujung yang tajam adalah musuh bagi kepala anak-anak.


2. Dinding yang disediakan khusus untuk para pelukis cilik

Pasti juga akan ada saatnya dinding, seprai, sarung bantal, taplak, lantai, dan perkakas-perkakas Anda di rumah berubah menjadi kanvas bagi si pelukis cilik.

Jangan risau. Semuanya itu nanti akan bisa dibersihkan kok. Setidaknya, dengan cat baru.

Sementara itu, sediakanlah satu bidang dinding khusus untuk mereka berkreasi seluas-luasnya. Lapisi dengan cat washable, atau yang bisa dibersihkan dengan mudah. Pilihlah warna biru, lantaran--konon--bisa menstimulasi otak dengan lebih baik ketimbang warna lainnya.

Dan biarkan anak-anak mempergunakan dinding itu untuk menggambar dan menulis apa pun sesuka hati.


3. Majalah Dinding

Zaman sekolah dulu, pasti kita kenal dengan mading, sebuah papan bertempelkan informasi-informasi penting seputaran sekolah dan juga artikel-artikel.

Belikan anak-anak satu papan tulis bermagnet yang berfungsi sebagai galeri seninya, yang bisa mereka pakai untuk memamerkan karya-karya mereka.

Atau, Anda bisa juga memanfaatkan pintu kulkas untuk sebagai galeri seni ini. Pastikan Anda juga mempunyai magnet-magnetnya ya. Banyak bentuk-bentuk yang lucu, yang bisa Anda beli dan pasti si kecil juga suka.

Setiap karya adalah kebanggaan mereka, jadi sudah sepantasnya dipajang di ‘galeri’, bukan?


4. Alas Bermain

Anda juga perlu berinvestasi untuk membeli alas bermain, karena biasanya anak-anak akan lebih suka bermain di lantai ketimbang di sofa ataupun di kursi.

Alas main anak ini bisa berupa karpet ataupun alas lain dengan beragam bahan dan ukuran, banyak sekali pilihannya. Ada yang bergambar yang menarik sekaligus edukatif. Ada yang bergambar jalanan lengkap dengan mobil dan rambu-rambu lalu lintas, gambar huruf dan angka, dan lain-lain.


5. Meja dan Kursi Kecil

Berinvestasilah juga pada seperangkat kursi dan meja pendek khusus untuk anak-anak.

Letakkan di ruang keluarga, di mana ada satu sisi dinding yang dikhususkan untuk ‘kanvas’ mereka.

Pada meja itu, letakkanlah alat-alat tulis dan gambar, dan ajarkan si kecil untuk segera mengembalikan semuanya setelah dipakai.

Dengan demikian, mereka akan terbiasa menggunakan meja tersebut sebagai ‘meja kerja’. Seperti punya orang tuanya, yang berisi barang-barang penting yang harus tersimpan rapi.


6. Siapkan Kotak-Kotak Mainan Berkualitas Baik

Rumah dengan anak-anak itu akan selalu membutuhkan wadah, yang digunakan untuk menyimpan mainan yang ratusan jumlahnya.

Berinvestasilah pada kotak-kotak mainan yang berkualitas baik agar lebih awet. Namanya juga untuk digunakan oleh anak-anak. Pasti peluangnya untuk terbanting, tertendang, dan sebagainya akan lebih sering.

Ajak anak-anak mengerti, bahwa kotak-kotak mainan itu adalah tempat semua perkakas milik mereka. Dengan demikian, Anda telah meminta mereka untuk belajar bertanggung jawab.


7. Sediakan Rak Buku

Buku adalah salah satu jenis mainan sekaligus teman yang harus dipunyai oleh anak-anak sejak dini.

Memiliki rak buku khusus pastinya akan menarik minat anak untuk lebih banyak membaca. Meskipun hanya dipegang dan dilihat gambarnya saja di awal, namun nanti juga mereka akan penasaran dengan isi ceritanya.



Nah, selamat menjalani berbagai petualangan dengan anak-anak di rumah. Dengan menata rumah yang children friendly, pasti mereka akan merasa nyaman untuk bermain dan mengeksplorasi kemampuan diri bersama orang tuanya.

No comments

Powered by Blogger.