7 Tip Merawat Sofa Minimalis Modern Agar Tetap Awet dan Bersih

7 Tip Merawat Sofa Minimalis Modern Agar Tetap Awet dan Bersih

Furnitur yang tidak luput pada berbagai desain rumah termasuk rumah minimalis modern, adalah sofa minimalis modern. Sofa minimalis modern tergolong furniture rumah yang penting ada di hunian minimalis Anda. Penempatan sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau di ruang keluarga. Sofa dinilai mampu memberikan tampilan ruangan menjadi lebih menarik. Furniture ini juga dapat menjadikan rumah Anda terkesan mewah loh! 

Material dari sofa minimalis modern juga sangat beragam, diantaranya adalah sebagai berikut:

Bahan katun 

Sofa dengan bahan katun cukup populer. Anda dapat membersihkan sofa minimalis modern ini cukup menggunakan air bersih ataupun disetrika. Anda juga dapat cara membersihkan sofa dengan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sofa.

Bahan polyster

Sofa berbahan polyster cenderung lebih rentan terhadap air loh! Cara membersihkan sofa minimalis modern dengan melakukan dry cleaning.

Bahan sutra

Walaupun sofa jenis ini termasuk jarang digunakan karena lebih umum digunakan sebagai sarung bantal sofa.

Bahan kulit

Sofa minimalis modern berbahan kulit bisa dikatakan paling populer dibeli. Sebab sofa jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan. 

Sofa yang bersih dan lembut membuat Anda sekeluarga nyaman. Tapi, apakah Anda ingat kapan terakhir kali membersihkan sofa minimalis modern milik Anda? Jika Anda jarang merawat tempat duduk yang satu ini, sofa akan rentan menjadi sarang jamur, loh!

Agar sofa minimalis modern kesayangan Anda selalu bersih dan awet, simak 7 tip merawat sofa minimalis modern milik Anda ini!

1. Gunakan penghisap debu (vacuum cleaner)

Perawatan sofa minimalis modern yang pertama adalah mengusir debu dan kotoran dari sofa menggunakan penghisap debu (vacuum cleaner). Anda bisa membeli penghisap debu dengan pegangan tangan (portable) supaya bisa menjangkau sudut yang sempit.

Untuk permukaan sofa yang terbuat dari kain sepeti material bulu, pilihlah sikat lembut yang dipasang di ujung vacuum cleaner. Mulailah dengan membersihakannya dari bagian atas hingga ke bawah kursi, dari kiri hingga ke kanan. Membersihkan sofa dengan arah yang teratur akan membuat tidak ada area yang tertinggal. Jadi tidak perlu kerja dua kali juga bukan?

2. Menghindari sinar matahari langsung

7 Tip Merawat Sofa Minimalis Modern Agar Tetap Awet dan Bersih

Merawat sofa agar awet dengan menghindari sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat menyebabkan warna sofa memudar, loh! Untuk sofa minimalis modern yang berbahan kulit, tidak menutup kemungkinan juga kulit sofa perlahan akan mengelupas.

3. Menjauhkan dari binatang peliharaan

Jika Anda memiliki binatang peliharaan di dalam rumah, sebaiknya hindari binatang tersebut untuk duduk di sofa milik Anda. Apabila tidak dijaga, maka tidak heran hewan peliharaan tersebut secara tidak sengaja akan menggores permukaan sofa. Hal ini dapat mengurangi keindahan sofa Anda.

4. Menggunakan cover sofa

7 Tip Merawat Sofa Minimalis Modern Agar Tetap Awet dan Bersih

Saat ini banyak sekali toko online homedecor yang menjual cover sofa. Cover sofa ini bertujuan melindungi permukaan sofa Anda agar tidak lekas kotor dan rusak. Cover sofa ini biasanya berbahan katun jadi agar mudah dicuci kembali jika kotor.

5. Membersihkan noda membandel

Inilah saatnya Anda fokus membersihkan noda yang masih tersisa di permukaan sofa minimalis modern milik Anda. Untuk noda yang berukuran kecil, Anda dapat menggunakan cuka dan mengelapnya lembut dengan kain mikrofiber.

Apabila Anda menemukan noda yang menempel pada sofa, segera langsung bersihkan, ya. Agar noda tersebut tidak mengendap dan menjadi sulit untuk dibersihkan nantinya. Apalagi  sofa minimalis modern yang terbuat dari bahan halus seperti sutra, linen, kulit, dan beludru.

6. Menjemur sofa

Meskipun sofa minimalis modern milik Anda tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, tetapi sofa juga perlu untuk di jemur. Anda dapat menjemur sofa selama satu minggu sekali dalam waktu kurang lebih satu jam. Jangan terlalu lama menjemurnya supaya warna pada sofa tidak memudar, ya.

Untuk sofa minimalis modern dengan ukuran yang besar, mungkin agak sulit membawanya keluar rumah untuk dijemur. Anda dapat menyiasatinya dengan membuka lebar pintu dan jendela rumah Anda sehingga sinar matahari bisa masuk dan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lancar.

7. Ganti posisi tempat duduk

Usahakan Anda tidak selalu duduk di salah satu bagian sofa. Hal ini dapat menyebabkan bagian yang sering diduduki membuat bentuk dudukan dan kelihatan menurun sehingga tidak baik untuk sofa milik Anda. Usahakan bantal sofa diletakkan pada posisi yang berganti-ganti.

Nah, itulah 7 tip merawat sofa minimalis modern yang bisa Anda terapkan di rumah minimalis milik Anda. Beda jenis sofa, beda pula cara perawatannya, ya. Tetapi secara umum, Anda dapat menerapkan 7 tip tersebut untuk sofa di rumah Anda dan membuat sofa Anda awet. 




No comments

Powered by Blogger.