5 Tip Memilih Sofa Minimalis Modern yang Cocok untuk Rumah Kekinian!

Memilih sofa minimalis modern banyak dipilih untuk rumah kekinian karena bentuknya yang simple dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Sofa minimalis modern jadi salah satu furnitur wajib para milenial yang baru memiliki rumah. Tidak hanya itu, sofa minimalis modern juga cocok untuk Anda yang menginginkan kepraktisan dalam mendekorasi ruangan di rumah.

Secara umum kita memahami fungsi sofa sebagai tempat duduk sekaligus beristirahat yang nyaman, padahal kegunaan dan fungsinya lebih dari itu. Bentuknya pun bervariasi mulai dari dipan sampai dengan yang berbentuk kursi biasa.  Sofa mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

  • Tempat melepas lelah
  • Furnitur yang memperindah estetika ruangan
  • Sebagai pembatas ruangan
  • Bisa digunakan sebagai tempat tidur (sofa bed)
  • Multifungsi (sofa dengan laci penyimpanan)

Oleh sebab itu, sofa minimalis modern kerap menjadi buruan para milenial karena mampu menampilkan kesan elegan pada sebuah ruangan. Tetapi masalahnya adalah memilih sofa minimalis modern tidak boleh sembarangan. Dikarenakan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan keinginan.

Sebelum Anda memutuskan beli sofa minimalis modern, dibutuhkan perencanaan dan pertimbangan. Memilih sofa bukan hanya karena ketahanan dan kualitas saja, tetapi kenyamanan saat digunakan. Anda tidak mau bukan kalau punggung Anda sakit setelah duduk.

Untuk membantu Anda, ini dia 5 tip memilih sofa minimalis modern yang cocok untuk rumah kekinian!

Ukuran sofa dan ruangan

Langkah pertama, anda harus mengetahui ukuran sofa untuk ruangan Anda. Anda harus mengukur pintu dan sofa yang akan dibeli. Pastikan ukuran sofa minimalis modern tersebut cukup untuk masuk melewati pintu rumah sehingga sofa tidak mengalami benturan-benturan dengan pintu.

Anda juga perlu memperhatikan bahwa ukuran sofa yang hendak digunakan memiliki ukuran yang sesuai dengan ruangan Anda, sehingga tidak menimbulkan kesan terlalu besar atau malah kekecilan.

Selain itu, Anda juga harus menentukan ruangan untuk menaruh sofa minimalis modern. Apakah akan ditempatkan di ruang keluarga, ruang tamu, atau ruang kerja. Seperti sofa minimalis modern untuk ruang keluarga, Anda bisa membeli jenis sofa yang hampir serupa ruang tamu seperti berbentuk setengah lingkaran atau sofa bentuk L, hanya ketahanannya harus lebih kokoh karena kesehariannya akan digunakan keluarga beraktivitas. 

Bahan yang digunakan

Memilih bahan yang sesuai untuk sofa minimalis modern. Anda perlu mengetahui bahwa ada banyak macam bahan pelapis sofa, dari polyester, kulit sintetis, atau denim. Sofa kulit dengan pelapis kulit asli akan memberikan kesan klasik, mewah dan elegan. Sementara sofa yang terbuat dari kain pelapis selain kulit memberi kesan kasual. Nah, untuk hal ini, sih, perlu disesuaikan dengan kebiasaan Anda dan keluarga.

Jika di rumah ada anak kecil dan kerap membawa makanan atau minuman, pelapis sintetis bisa jadi pilihan yang cocok. Sebab, jika makanan atau minuman tersebut tumpah ke sofa, Anda bisa dengan mudah membersihkannya.

Sesuaikan dengan tema ruangan

Anda harus menyesuaiakan sofa minimalis modern dengan tema ruangan. Tujuannya untuk menyelaraskan sofa dengan tema ruangan sehingga menimbulkan kesan yang senada dan harmonis.

Misalnya, Anda memiliki ruangan sempit dan ingin memiliki sofa minimalis modern yang bagus dan nyaman untuk menyambut tamu. Anda tidak disarankan memilih sofa minimalis modern yang bercorak yang mencolok. Hal tersebut akan memberikan kesan yang 'ramai' dan tidak enak dipandang. Sebaiknya pilih saja sofa minimalis modern dengan warna-warna netral untuk memberikan suasana sederhana yang natural.

Perhatikan jenis sofa

Memilih sofa minimalis modern yang harus Anda perhatikan adalah jenis dan model disuka. Banyak jenis sofa minimalis modern yang berdesain sofa 2-seater, sofa bentuk L, hingga sofa bed. Masing-masing dari jenis tersebut punya fungsi yang berbeda.

Sofa 2-seater, contohnya. Sofa ini memiliki kapasitas untuk ditempati oleh dua orang saja. Sofa ini cocok untuk ditempatkan pada ruangan yang tidak terlalu besar di dalam rumah. Lain halnya dengan sofa bentuk L. jenis yang satu ini cocok di tempatkan di sudut ruang tamu yang minimalis. Biasanya, sofa ini punya kapasitas sekitar 4-5 orang sehingga cocok digunakan untuk menerima tamu.

Anda pernah mendengar sofa bed? Sofa yang satu ini cocok untuk Anda yang sedang mencari sofa untuk bersanta. Selain sofa ini untuk duduk santai, sofa bed juga bisa diatur dan membuatnya menjadi tempat tidur. Penggunaan sofa bed pada ruang tamu juga akan membuat ruangan terkesan luas dan lega.

Anggaran untuk membeli dan garansi

Mempertimbangkan anggaran Anda hal yang paling penting. Jika Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah sofa minimalis modern dengan harga yang cukup mahal, jangan dipaksakan. Sebaiknya, pilihlah sofa minimalis modern dengan harga yang terjangkau tetapi kualiasnya juga bagus. 

Kalau anda membeli sofa dengan harga tinggi, pastikan garansi dari sofa tersebut. Ini untuk mengantisipasi jika sofa minimalis modern yang Anda beli mengalami kerusakan atau cacat tanpa sepengetahuan Anda, sehingga sofa tersebut bisa ditukar kembali.

Jangan berpikir kalau sofa yang bagus menjadikan kelas tinggi untuk pemiliknya, namun fokuslah pada kebutuhan Anda ya. Desain sofa minimalis modern bukan dilihat dari mahalnya sofa, tetapi dari beberapa pertimbangan konsep interior desain ruangan dan harmonisasi yang cantik. 

Itu dia beberapa tips memilih sofa minimalis modern untuk rumah kekinian yang perlu Anda tahu. Sekarang sudah banyak showroom furnitur yang menyediakan berbagai macam sofa minimalis modern, tinggal Anda ingin memilih sofa yang seperti apa untuk rumah kekinian Anda. 

Anda jangan sampai salah pilih ya, semoga artikel ini dapat membatu memilih sofa minimalis modern untuk hunian kekinian Anda.

No comments

Powered by Blogger.