3 Cara Menentukan Desain Sekat Ruangan Minimalis Tanpa Keluar Biaya Banyak

3 Cara Menentukan Desain Sekat Ruangan Minimalis Tanpa Keluar Biaya Banyak

Sekarang ini, rumah yang dibangun kebanyakan rumah minimalis. Walaupun rumah dengan desain ruang minimalis pasti dalam satu rumah harus ada ruang inti  seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Untuk membuat ruangan tersebut terkesan terpisah tapi jangan membuat ruangn menjadi sempit. Di sinilah peran penting dari sekat ruangan minimalis.

Berbeda dengan rumah yang punya ukuran besar, membuat sekat ruangan minimalis di rumah berukuran kecil memang ada tantangan tersendiri. Anda dituntut untuk bisa memisahkan ruang yang satu dengan yang lain, tanpa membuatnya terlihat lebih sempit dan semakin sesak. Tetapi Anda tak perlu khawatir ya, ada beberapa cara menentukan desain yang cocok untuk rumah minimalis Anda.

Berikut 5 menentukan desain sekat ruang minimalis tanpa keluar biaya banyak!

1. Sesuaikan dengan ruangan

Pertama, sebaiknya Anda menentukan terlebih dulu fungsi ruangan yang akan diberi sekat ruang minimalis. Hal ini untuk membantu Anda menentukan desain pembatas ruangan yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga maka Anda bisa menggunakan desain sekat ruangan yang juga berfungsi sebagai rak. Anda dapat meletakkan barang seperti buku koleksi Anda atau foto keluarga untuk dipajang.

2. Mempertimbangkan anggaran

Setelah mengetahui ruangan mana yang akan diberi sekat ruangan minimalis, langkah selanjutnya yaitu mempertimbangkan anggaran yang Anda miliki. Jadi, Anda dapat  menyesuaikan anggaran dengan jenis sekat ruangan yang akan digunakan. Hal tersebut yang perlu Anda pertimbangkan seperti bentuk, model, bahan serta biaya pemasangan pembatas ruangan.

3. Memilih desain sekat ruang minimalis

Untuk cara yang terakhir ini, pastikan Anda memilih pembatas ruangan untuk rumah minimalis yang sesuai selera Anda. Anda dapat memilih dekat ruangan minimalis yang desain dan warnanya cocok dan selaras dengan tema interior ruangan hunian Anda. Penting juga nih, Anda mempertimbangkan material serta ukuran partisi tersebut. Pastikanlah partisi sekat ruangan tidak terlalu besar sampai menghabiskan banyak space pada ruangan.

Sekat ruangan minimalis pada dasarnya terbuat dari bahan kayu dan rotan. Akan tetapi, jenis serta modelnya sangat bervariasi juga bukan?

Nah, berikut beberapa contoh desain sekat ruangan minimalis  yang bisa Anda pilihuntuk hunian milik Anda:

1. Sekat ruangan minimalis dengan desain cermin

3 Cara Menentukan Desain Sekat Ruangan Minimalis Tanpa Keluar Biaya Banyak

Apabila ruangan rumah Anda berukuran kecil dan sempit, sekat ruangan yang berbahan metal dengan desain cermin cocok untuk Anda pilih. Cermin pada sekat ruangan tersebut mampu menciptakan kesan luas pada ruangan, sehingga ruangan seolah lebih lega, loh!

2. Sekat ruangan minimalis dengan desain rak

3 Cara Menentukan Desain Sekat Ruangan Minimalis Tanpa Keluar Biaya Banyak

Sekat ruangan model rak merupakan salah satu yang paling populer dan sering digunakan. Bukan tanpa alasan sih, karena desain ini bisa difungsikan sebagai elemen dekoratif tempat benda dipajang. Seperti meletakkan hiasan, memajang foto, dan meletakkan buku.

3. Sekat ruangan minimalis dengan desain fleksibel

3 Cara Menentukan Desain Sekat Ruangan Minimalis Tanpa Keluar Biaya Banyak

Umumnya desain pembatan ruangan untuk rumah minimalis yang fleksibel berbentuk model geser atau lipat. Selain ringan dan mudah untuk dipindahkan, sekat ruangan minimalis jenis ini juga memiliki fungsi seperti desain sekat ruangan dengan cermin yaitu memberi kesan luas di dalam ruangan loh!

4. Dekat ruangan minimalis dengan desain DIY (Do It Yourself)

3 Cara Menentukan Desain Sekat Ruangan Minimalis Tanpa Keluar Biaya Banyak

Jika Anda reatif untuk membuat sekat ruangan sendiri, maka tak apa-apa membuat sekat ruangan sendiri. Misalnya, Anda mmempunyai material kayu, daun pintu, jendela bekas, bahkan hanger pakaian, dengan kreativitas yang Anda punya, Anda dapat menyulap benda-benda tersebut menjadi sekat ruangan yang memiliki nilai seni. Ada kelebihannya juga nih, pembatas ruangan DIY ini dpat membuat ruangan jadi lebih unik, menarik, plus hemat. Yeah!

5. Sekat ruangan minimalis dengan desain permanen

3 Cara Menentukan Desain Sekat Ruangan Minimalis Tanpa Keluar Biaya Banyak

Anda juga dapat memilih sekat ruangan yang terbuat dari dinding, namun dengan desain yang tetap minimalis. Seperti contoh sekat ruangan berdesain dinding yang juga dapat difungsikan sebagai media untuk menggantung pigura- foto berbingkai unik atau televisi.

Nah, itulah 3 cara menentukan desain sekat ruangan minimalis tanpa harus mengeluarkan biaya banyak juga ada 5 ide desain yang bisa Anda contoh untuk dipraktikkan di hunian minimalis Anda. Pastikan sekat ruangan yang Anda buat, sesuai dengan anggaran dan cocok untuk ruangan di rumah minimalis Anda ya!

Selamat mencoba!


No comments

Powered by Blogger.