7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Ada hal penting yang perlu Anda perhatikan nih saat memilih dan menggunakan lemari baju minimalis. Apalagi jika kamar di hunian rumah Anda memiliki ukuran yang terbatas atau sempit. 

Lemari baju merupakan salah satu furnitur di rumah yang keberadaannya dan manfaatnya sangat penting. Tak sekadar sebagai tempat menyimpan pakaian, lemari baju minimalis juga merupakan perabotan yang fungsional karena dapat digunakan untuk menyimpan barang lainnya, loh! Anda dapat menyimpan selimut, tas, sampai sepatu. Selain itu, tampilan desain lemari baju minimalis yang cantik juga dapat memberikan nilai tambah pada ruangan pada hunian rumah Anda. Eits! Jangan asal pilih, ya!

Hal yang harus Anda perhatikan adalah dengan menyesuaikan ukuran atau desain lemari baju dengan kondisi ruangan. Terlebih lagi, jika kamar Anda memiliki ukuran yang kecil dan sempit.

Pastinya Anda membutuhkan trik dan tip khusus agar lemari baju tersebut tidak memenuhi luas kamar tidur. Lemari baju yang terlalu besar akan membuat kamar menjadi lebih sumpek, loh! 

Biar enggak salah pilih nih, perhatikan 7 tip penting untuk memilih lemari baju minimalis berikut ini, ya!

1. Mengukur luas ruangan dan memilih ukuran lemari untuk kamar tidur kecil

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Mengukur luas area ruangan merupakan hal penting sebelum ada memilih ukuran lemari baju dan memilih desainnya, karena hal ini nantinya akan digunakan untuk meletakkan lemari baju Anda. 

Memiliki hunian yang ukuran luas kamar tidur terbatas, Anda dapat memilih ukuran lemari baju yang tepat. Nantinya dengan pemilihan ini akan membuat ruang Anda akan tetap terlihat luas dan terasa nyaman.

Anda nantinya bukan hanya mengukur panjang dan lebarnya saja loh, namun perkirakan pula tinggi lemarinya. Bisa saja nanti Anda ingin meletakkan perkakas di atasnya. Jika Anda sudah menemukan ukuran yang pas, barulah pertimbangkan desain lemarinya.

Lemari baju minimalis dengan desain sederhana dan ringkas akan terlihat sangat tepat untuk kamar tidur kecil milik Anda. Tetapi, Anda harus memaksimalkan fungsinya sebagai tempat penyimpanan dengan baik juga, ya.

2. Sesuaikan pilihan lemari baju minimalis Anda dengan jumlah penghuni kamar

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Memilih lemari baju yang tepat untuk ruang tidur berukuran sempit juga harus disesuaikan dengan jumlah penghuni kamar, loh! Bila Anda tinggal sendiri, Anda cukup membeli lemari 1 pintu yang berukuran kecil yang ringkas. Jika Anda punya banyak barang, pilihlah lemari dengan banyak sekat, ya. Lemari baju dengan banyak sekat akan memuat banyak barang Anda. Kotak penyimpanan atau storage box juga bisa Anda masukkan dalam lemari pakaian Anda. 

Kamar tidur yang ditempati 2 orang atau lebih membutuhkan tentunya ukuran lemari baju yang lebih besar, punya banyak sekat dan juga pintu yang terpisah. Adanya sekat ini berguna sebagai pembatas yang akan memudahkan Anda dalam mencari pakaian atau barang dan tidak tercampur dengan milik orang lain. 

3. Pilih lemari yang bisa dibongkar pasang

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Ada berbagai macam jenis lemari baju yang bisa Anda pilih. Anda dapat memilih lemari baju yang bisa dibongkar pasang, karena akan menghindari lemari tidak muat masuk Ketika dimasukkan ke dalam kamar. Saat ini sudah banyak model lemari kayu minimalis yang bisa dibongkar pasang. Anda sudah tak perlu lagi membeli lemari baju kecil dan pendek dan kapasitasnya sedikit.

4. Pilihlah lemari baju dari material yang kuat dan kokoh

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Anda harus lebih cermat dan selektif dalam memilih material lemari baju minimalis di kamar sempit. Sekarang ini, banyak terdapat berbagai pilihan bahan untuk lemari baju dengan bahan kayu, plastik, particle board, atau bahkan yang terbuat dari bahan kain. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Lemari baju minimalis untuk kamar sempit sebaiknya menggunakan bahan kayu. Lemari baju dari bahan kayu juga lebih kuat dan kokoh. Bahan kayu sudah teruji kewetannya dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk. Bila Anda memilih lemari baju berbahan kayu, gunakan warna kayu muda agar ruang tidur Anda terlihat lebih luas. 

5. Pilihlah lemari dengan pintu geser

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Jika hunian Anda mempunyai kamar yang sempit, pemilihan lemari 2 pintu dengan pintu geser merupakan solusi yang baik. Lemari pintu geser Ketika dibuka tidak membutuhkan ruang di depannya. Biasanya, lemari baju jenis ini sering digunakan pada kamar minimalis berukuran 3×4 meter. Adanya pemilihan lemari baju pintu geser ini, kamar Anda jadi terlihat lebih luas juga.

6. Pemilihan warna membuat kesan kamar lebih luas

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Pemilihan warna juga harus Anda pertimbangkan. Pemilihan warna lemari baju ini akan mempengaruhi estetika dalam kamar. 

Pilihlah warna lemari baju minimalis sesuai dengan warna tema atau dekorasi di kamar Anda. Anda dapat memilih warna lemari baju minimalis Anda dengan warna netral seperti putih, abu-abu muda, krem, pastel atau warna yang mengandung unsur natural seperti warna kayu muda. Warna natural lemari baju sangat mudah dipadukan dengan furniture serta aksesoris di kamar. Lemari baju minimalis yang berwarna gelap, membuat kesan ruangan menjadi terlihat penuh dan semakin sempit.

7. Memanfaatkan ketinggian dinding kamar

7 Tip Memilih Lemari Baju Minimalis untuk Kamar yang Sempit

Ketinggian dinding di kamar tidur Anda memang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Agar dapat menciptakan ruang penyimpanan yang efisien, ya. Buatlah kombinasi tipe lemari baju dan rak. Setelah itu, Anda dapat mengklasifikasi dan menyesuaikan dengan jenis barang yang Anda miliki. Anda dapat mengatur semua barang, sehingga mereka akan mempunyai tempat tersendiri.

Memilih lemari baju minimlais yang tepat memang enggak mudah, apalagi jika Anda memiliki kamar yang sempit. Namun setidaknya, 7 tip memilih lemari baju minimalis di atas  dapat dijadikan panduan dalam menemukan lemari baju yang cocok. Semoga bermanfaat, ya!



No comments

Powered by Blogger.