7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Dapur sering dianggap sebagai ruangan yang sebisa mungkin terpisah dari ruang utama di rumah. Padahal, dapur juga merupakan bagian penting dari rumah dan juga gaya hidup yang kamu miliki. Nggak ada salahnya dong untuk menerapkan konsep dapur minimalis terbuka pada rumah idaman Anda!

Konsep dapur minimalis terbuka seringkali dipilih bagi orang yang memiliki hunian minimalis. Pemilihan konsep ini bukannya tanpa alasan, loh!

Konsep dapur minimalis terbuka ini memang dapat membuat hunian akan terasa lebih luas dan juga terkesan lapang. 

Anda tak perlu menguras tabungan yang telah Anda kumpulkan. Anda bisa menghadirkan dapur minimalis terbuka sederhana di dalam hunian milik Anda. Dengan begitu, tampilan dapur minimalis terbuka milik Anda akan unik dan menarik perhatian meski minim budget.

Apabila saat ini Anda masih bingung, berikut ini 7 trik menata dapur minimalis terbuka yang dapat menginspirasi Anda!

1. Memperhatikan Posisi Dapur

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Desain dapur minimalis terbuka mengusung konsep open kitchen akan memilih dapur yang dekat dengan ruang keluarga atau ruang tamu.

Penempatan dapur yang ada di sekitar area tersebut biasanya tidak dibatasi dengan sekat permanen atau tembok. Hal ini bertujuan agar dapur dengan ruangan lain bisa terkesan menyatu.

Usahakan agar dapur dan ruang lainnya memiliki kaitan supaya tercapai kontinuitas yang serasi.

2. Menggunakan Furnitur Multifungsi

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Ketika anda memilih furnitur yang akan digunakan di dapur minimalis terbuka milik Anda, lebih baik mengutamakan kualitas dan fungsi maksimalnya.

Memilih furnitur multifungsi selain menghemat budget, tetapi juga membuat desain dapur minimalis terbuka milik Anda terlihat luas dan longgar. Karena barang perabotan dapur Anda sudah disimpan di satu tempat.

Memilih furnitur multifungsi untuk konsep dapur minimalis terbuka sangat menguntungkan. Selain berguna saat memasak di dapur, juga bisa dipakai untuk kebutuhan lain seperti sebagai ruang penyimpanan.

Misalnya saja furniture meja dapur dengan rak penyimpanan. Furnitur ini juga bisa beralih fungsi sebagai meja makan kecil yang sangat manis.

Jadi, Anda bisa berhemat bukan?

3. Gunakan Tone Warna Natural

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Setiap warna cat dinding dapat memengaruhi sisi psikologis para penghuni dalam merespon visual ruangan, loh.

Pada ruangan yang cenderung sempit, desain interior merekomendasikan penggunaan tone warna netral, seperti putih ataupu warna-warna pastel. Dapur dan ruang makan yang mempunyai warna dinding natural, maka seolah-olah akan terlihat lebih lapang dan bersih.

4. Menggunakan Laci Sisip

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Laci di dapur minimalis terbuka sangat berperan penting untuk menyimpan peralatan memasak ataupun bumbu dapur. Saat ini seiring dengan perkembangan desain terdapat sistem praktis untuk diterapkan pada dapur kecil, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam menyimpan barang.

5. Penerangan Maksimal

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Minimnya penerangan akan membuat desain dapur minimalis terbuka  menjadi gelap, sehingga terlihat lebih sempit. Padahal, penerangan sangat krusial di setiap ruangan, tanpa terkecuali dapur mengingat memasak membutuh ketelitian ekstra. 

Selalu pastikan dapur kecil milik Anda mendapat cahaya yang cukup. Bisa alami lewat cahaya matahari yang masuk lewat jendela atau cahaya buatan dari lampu. Pasang lampu untuk area penting seperti tempat memasak, countertop, area dan mencuci.

6. Memasang Penghisap Asap

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Biasanya dapur minimalis terbuka yang berhubungan dengan ruangan lain membuat asapnya lebih rentan menyebar. Sehingga ruangan lainnya akan pengap dan menimbulkan berbagai aroma dari dapur.

Oleh sebab itu, bila Anda menata desain dapur terbuka di dalam rumah, yang harus Anda lakukan adalah memasang cooker hood atau alat penghisap asap.

Alat ini bisa menyerap asap yang dihasilkan saat proses memasak di dapur. Maka dari itu, dapur serta ruangan lain di dalam rumah bebas bau asap.

7. Mempuat Dapur Minimalis Terbuka di Belakang Rumah

7 Tip Menata Dapur Minimalis Terbuka yang Dapat Menginspirasi Anda!

Biasanya dapur menjadi area paling belakang dari sebuah rumah. Tak jarang, dapur bisa langsung berhadapan atau menyatu dengan halaman belakang.

Anda dapat menerapkan dapur di area terbuka yang menyatu dengan halaman belakang. Ini pasti bisa menciptakan pengalaman memasak yang lebih fresh dan menyenangkan.

Desain dapur luar yang ada di belakang rumah ini cocok untuk Anda yang punya rumah dengan lahan kecil dan sempit.

Bahkan konsep dapur minimalis terbuka seperti ini membuat Anda bebas berkreasi. Anda bisa menempatkan meja makan kecil di halaman belakang.

Dapur yang tertata rapi, adalah kunci kenyamanan pada setiap rumah. Seiring berjalannya waktu, apakah Anda menyadari bahwa saat ini, banyak sekali bentuk tempat penyimpanan barang, variasi bentuk lemari yang akan membuat dapur Anda menjadi lebih simple, sekaligus sangat stylish? Jika budget Anda minim, gunakan furniture yang multifungsi seperti tips di atas ya.

Semoga ke 7 tip menata dapur minimalis terbuka di atas dapat menginspirasi Anda. konsep dapur minimalis terbuka seperti ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal, loh! Tanpa Anda harus menguras biaya berlebih.

Selamat menata dapur kecil Anda, ya!




No comments

Powered by Blogger.