Beberapa Pertimbangan Ketika Menentukan Warna Cat Depan Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Beberapa Pertimbangan Ketika Menentukan Warna Cat Depan Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Warna cat depan rumah dapat membuat perbedaan besar dalam hal daya tarik rumah Anda. Warna cat depan rumah Anda adalah keputusan desain umum yang pernah Anda buat untuk rumah minimalis atau rumah modern milik Anda. Mengingat fakta bahwa itu akan menambah nilai dan keindahan pada rumah Anda. Warna cat depan rumah juga berperan penting untuk orang menilai rumah Anda. Jangan sampai Anda salah memilih warna cat depan rumah Anda, sehinggan akan memberikan kesan buruk untuk rumah Anda.

Saat ini, terdapat ribuan warna cat depan rumah yang tersedia dan mungkin ini akan menjadi tugas yang berat untuk memilih warna cat yang tepat. Jika Anda mengecat bagian luar rumah, jangan takut untuk meluangkan sedikit waktu dengan keputusan warna.

Memilih warna cat depan rumah adalah tentang daya tahan. Ini tentang melindungi rumah Anda. Mana yang terbaik untuk rumah minimalis Anda? Dan berapa banyak lapisan cat yang Anda butuhkan untuk mendapatkan ketahanan yang dibutuhkan? Maka dari itu, hal-hal tersebut sangatlah penting, jadi jangan terburu-buru. Dengan memperhatikan pertimbangan tersebut, berikut adalah:

Beberapa pertimbangan ketika menentukan warna cat depan rumah!

Dasar memilih warna

Sebelum Anda mulai memilih warna cat depan rumah yang tepat, mulailah dengan sumber daya yang bermanfaat. Dengan alat visualisasi warna rumah, penting untuk menguasai dasar-dasarnya dengan benar. Misalnya, pertimbangkan ukuran rumah Anda saat berencana mengecat depan rumah. Ukuran dapat mempengaruhi apakah warna gelap atau terang lebih sesuai. Sebagai pedoman umum, warna terang akan membuat rumah Anda tampak lebih besar dan lebih dipengaruhi oleh kondisi cahaya yang berbeda, sedangkan warna gelap dapat membuat properti Anda tampak lebih kecil dan membantunya menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Pastikan memilih skema warna, Anda mempertimbangkan arsitektur rumah dan konteks lingkungan sekitar. 

Lihat ke visualizer warna sebelum membeli cat

Setelah Anda mendapatkan ide dasar tentang apa yang Anda inginkan untuk warna cat depan rumah Anda, Anda dapat menggunakan visualisator warna untuk menemukan warna cat rumah  yang sempurna itu. Anda dapat menjelajah menurut warna populer, kelompok warna, atau pilihan dekorator. Banyak perusahaan cat besar menawarkan alat ini dengan banyak pilihan. 

Cukup dengan mengupload foto eksterior rumah Anda, Anda bisa melihat seperti apa warna cat yang berbeda di dinding Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk bereksperimen secara virtual dan mendapatkan ide serta inspirasi untuk skema warna cat depan rumah Anda.

Gunakan warna cerah

Setiap warna mempunyai karakter tersendiri sehingga menimbulkan kesan yang kuat, seperti warna hitam memperlihatkan warna yang kokoh dan elegan. Trend warna cat rumah minimalis sangat direkomendasikan warna yang cerah. Kenapa harus memilih warna cat depan rumah yang cerah? Karena warna cat depan rumah yang cerah akan memberikan kesan hangat, sejuk, dan juga luas. Seperti yang Anda ketahui, rumah minimalis cenderung sempit sehingga membutuhkan bantuan warna yang membuat kesan luas untuk depan rumah Anda.

Jangan batasi pilihan warna dan gunakan kombinasi warna

Idealnya, skema warna cat depan rumah harus memiliki tiga bagian utama, yaitu:

  • Warna bidang yang mendominasi
  • Warna aksen yang menghidupkan daun jendela, pintu, dan bagian kecil lainnya
  • Warna trim

Setelah Anda memilih kombinasi bidang dan trim yang menarik, buatlah bagian itu menonjol dengan warna dan aksen yang menarik. Jangan ragu tetapi jangan juga berlebihan, ya.

Memadukan warna cat depan rumah sangatlah penting. Jika hanya menggunakan satu warna, maka rumah akan kelihatan pucat, monoton, dan kurang menarik. Anda harus mengecatnya dengan kombinasi warna yang akan memperkuat daya tarik rumah Anda dan keindahan rumah. Anda bisa mengkombinasikan dengan warna senada atau warna yang kontras, asalkan sudutnya diperkuat pas. Misalnya, Anda bisa memadukan warna hitam pada sudut-sudut tertentu untuk mempertajam dan memperkuat penampilan rumah.

Setelah melihat pertimbangan di atas tadi, yang harus Anda tahu adalah terdapat dua jenis cat depan rumah yang dapat dipilih. Bahan dari cat ini yang akan menentukan baik digunakan di dinding kayu, batu, atau bahan lain dari depan rumah Anda. Dua jenis cat itu, adalah:

  • Cat berbahan dasar minyak
  • Cat lateks yang lebih umum digunakan (lateks akrilik).

    Beberapa Pertimbangan Ketika Menentukan Warna Cat Depan Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Cat berbahan dasar minyak

Cat untuk depan rumah berbahan berbahan dasar minyak telah mengalami banyak penyempurnaan, dan beberapa dapat tahan lama. Cat tersebut juga jauh lebih mudah untuk diaplikasikan. Anda bisa menggunakan cat berbahan dasar minyak jika permukaan yang akan Anda cat sudah pernah dicat dengan cat berbahan dasar minyak. Namun, pastikan Anda memilih cat berbahan lateks eksterior untuk digunakan di luar rumah Anda, bukan lateks yang sama yang digunakan pada dinding interior.

Jika Anda sedang mengecat depan rumah Anda, diharuskan untuk sering mengaduk cat berbahan dasar minyak ini, karena minyak pada jenis cat ini cenderung cepat lepas. Cat berbahan dasar minyak, harus menggunakan kuas atau roller yang dirancang khusus untuk cat berbahan dasar minyak.

Cat lateks 

Jenis cat ini mudah diaplikasikan, cepat kering, tahan lama dan tahan terhadap efek sinar matahari langsung. Pembersihannya juga mudah dan hanya membutuhkan air saja.

Lateks akrilik adalah cat lateks dengan kualitas terbaik. Ini akan mencakup hampir semua bahan bangunan termasuk pasangan bata dan logam yang dilapis dengan benar.

Catatan penting: Jangan pernah mengaplikasikan lapisan lateks baru di atas lapisan cat berbahan dasar minyak karena akan terkelupas.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan dalam memilih warna cat depan rumah Anda. Pertimbangkan dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda. Jangan lupa sediakan budget tersendiri untuk pengeluaran membeli cat, membeli peralatan untuk mengecat (kuas/roll), dan jasa yang akan mengecat depan rumah Anda, ya.

Semoga tip di atas dapat membantu Anda!




No comments

Powered by Blogger.