9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Tidak sedikit orang menyukai penampilan rumah penuh gaya dan elegan. Baik tampilan eksterior, maupun interiornya. Desain rumah yang dipenuhi warna cerah dan dekorasi yang indah, selalu memiliki daya pikat yang kuat. Rumah minimalis mendefinisikan dan menggambarkan hasrat dan keinginan tersebut.

Sekarang ini banyak dibangun rumah kecil minimalis. Tetapi kadang rumah kecil diibaratkan rumah yang biasa aja dan sangat jauh dari kata elegan dan mewah.

Rumah kecil minimalis yang bersih, space yang luas dan lapang, potongan dan model furnitur yang simpel namun terlihat elegan, menjadi tren yang selalu ingin dibuat setiap orang. 

Anda juga bisa membuat rumah mungil Anda terlihat mewah. Pemilihan interior rumah kecil tapi mewah yang menyenangkan mata dan hati ternyata bisa ditiru dengan cara sederhana yang tak membutuhkan biaya yang mahal dan cara  yang rumit, loh.  

Pemilihan interior rumah kecil mewah merupakan hasil dari proses berkreasi seorang desainer interior dengan si pemilik rumah, jadi caranya bisa Anda tiru dengan mudah. Interior rumah kecil tapi mewah bukanlah tentang ukuran dari bangunan, akan tetapi tentang konsep dan eksekusi yang tepat.

Tunggu apa lagi, yuk segera praktikkan 9 tip mewujudkan interior rumah kecil tapi mewah berikut ini!

1. Warna Putih untuk Tampilan Mewah

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Tidak ada pilihan warna terbaik untuk rumah kecil tapi mewah selain warna putih. Rumah minimalis dengan tampilan yang natural dan penuh gaya. 

Warna putih juga merupakan salah satu warna pilihan yang banyak digunakan pada interior rumah mewah. Secara psikologis warna putih menimbulkan kesan ruangan yang megah, lebih luas, bersih, dan lebih terbuka. Selain itu, warna putih juga selalu cocok dipadukan dengan gaya arsitektur apapun loh.

Bila Anda ingin meciptakan rumah kecil tapi mewah di hunian Anda, cobalah memilih warna putih untuk perabotan seperti sofa, meja, kursi, hingga gorden, ya.

2. Letakkan Sofa di Ruang Tamu

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Rumah kecil tapi mewah harus menyertakan furniture satu ini. Anda bisa meletakkan sofa empuk untuk ruang tamu Anda. 

Menurut prinsip desain interior, sofa adalah salah satu elemen yang sangat penting yang kehadirannya tak bisa  diremehkan begitu saja. Anda bisa memilih sofa single seat, sofa panjang, atau sofa bean bag sebagai pilihan. Sssttt jangan lupa ya, usahakan sofanya juga berwarna putih atau warna cream coklat, ya!

Untuk menambah kesan mewah rumah kecil, Anda dapat menambahkan bantal-bantal di sofa Anda. Pilihlah dengan seksama ukuran bantal, motif, dan bahannya. Jangan memilih bantal yang terlalu besar karena akan membuat rumah mungil Anda terlihat penuh. Kalau Anda memiliki rumah mungil, pilihlah bantal-bantal dekorasi bermotif simpel dan berukuran kecil.

3. Kabinet Multifungsi untuk Memaksimalkan Ruang

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Rumah mungil memiliki ruang terbatas untuk dekorasi. Maksimalkanlah setiap ruangan dengan interior yang berguna untuk penyimpanan seperti kabinet multifungsi. 

Rumah kecil Anda mempunyai 2 lantai? Wah, ini saatnya Anda berkreasi dengan memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi ruang penyimpanan yang sangat apik. Jika rumah Anda hanya satu lantai, pastikan Anda mempunyai penyimpanan yang sekaligus bisa dijadikan barang interior.  

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga bisa difungsikan untuk meja atau tempat duduk sembari membaca buku. Solusi praktis dan multifungsi serta tampak  elegan dan mewah untuk rumah kecil minimalis Anda.

4. Memilih Lampu yang Tepat

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Memilih lampu yang tepat akan memberikan sentuhan mewah dan elegan untuk rumah kecil milik Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai macam lampu hias, baik itu lampu gantung ataupun lampu lantai. Mungkin terasa sepele, tapi penerangan yang tepat bisa menciptakan suasana rumah yang hangat dan nyaman lho.

Mungkin Anda bisa memilih interior lampu gantung ala Victorian untuk rumah kecil tapi mewah ini. Elemen lampu ini akan memberikan kesan pertama bahwa rumah kecil Anda ini tampak mewah dan elegan layaknya rumah di era Victorian.

5. Lantai dengan Bahan Kayu

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Anda pasti tidak memungkiri kalau rumah dengan karpet selalu identik dengan penampilan mewah bukan? Di rumah kecil tapi mewah, Anda lebih disarankan untuk memilih lantai kayu dan lebih terjangkau dibandingkan dengan pilihan karpet.

Memasang lantai kayu di rumah sederhana bisa menjadi sebuah investasi properti yang paling menguntungkan secara jangka panjang. Banyak pilihan mulai dari lantai kayu solid, laminate, hingga variasi lantai kayu lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan budget milik Anda.

6. Menggunakan Teknik Crown Molding

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Rumah minimalis tapi mewah dan elegan selalu ditandai dengan hadirnya detil khusus yang akan memberikan sentuhan mewah dan elegan. Salah satu cara untuk membuat rumah kecil tapi mewah dengan mengaplikasikan teknik crown molding atau sulur mewah.

Crown molding adalah salah satu teknik pengecoran bingkai yang biasa ditemukan di sudut antara langit-langit dan dinding. Teknik ini akan membuat transisi antara dinding ke langit-langit terlihat halus tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

7. Aksesori Hiasan untuk Menambah Kesan Mewah

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Anda sebagai pemilik rumah seharusnya menyadari akan pentingnya peranan aksesoris untuk rumah kecil tapi mewah milik Anda. Menata rumah mungil tapi mewah bisa diwujudkan dengan aksesoris atau hiasan yang tepat.

Banyak sekali cara terjangkau yang bisa Anda coba loh, misalnya dengan memilih tema tertentu seperti warna emas atau perak yang berkilau. Elemen logam bisa menambahkan efek mewah seketika jika diaplikasikan dengan tepat.

Anda bisa memilih cermin yang memiliki bingkai emas atau perak, bingkai foto keluarga berbagai ukuran  yang senada, hingga memilih furnitur seperti meja berkaki dengan sentuhan emas atau perak adalah hanya segelintir kreativitas yang bisa Anda terapkan di rumah kecil tapi mewah secara tepat.

Banyak yang menganggap bahwa kunci rumah mewah terletak pada pemilihan hiasan dekorasi interior rumah yang tepat.

8. Gorden dengan Bahan Lembut

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Jika Anda ingin memiliki rumah kecil tapi mewah bisa menambahkan tirai atau gorden dalam ruangan rumah Anda. 

Material alternatif untuk gorden/tirain jendela seperti sutra, linen dan katun. Material ini akan memberikan menawan untuk rumah kecil Anda. Jangan memilih tirai dengan banyak motif ya, pilihkan warna polos tanpa pattern agar rumah kecil Anda terlihat sangat mewah dan elegan.

Anda bisa memasang gorden yang ukuran besar dan usahaan pemasangan  railing gorden di transisi antara langit-langit dan dinding ya. Kenapa? Karena ini akan membuat rumah kecil Anda kelihatan luas dan mewah juga, loh.

9. Selalu Jaga Kerapian dan Kebersihan Rumah

9 Tip Mewujudkan Interior Rumah Kecil Tapi Mewah Milik Anda!

Last but not least, membuat tampilan interior rumah kecil tapi nampak mewah tentu saja dengan selalu menjaga kerapian dan kebersihannya.

Tip ini bukan saja mudah dan murah. Tip terakhir ini juga sangatlah penting untuk kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah kecil tapi mewah Anda.

Membersihkan debu dan mengelap perabot rumah tangga adalah perawatan rutin yang harus dikerjakan setidaknya sekali dalam seminggu atau dua minggu. Pastikan juga membersihkan jendela, bagian langit-langit, hingga sudut ruangan tanpa meninggalkan celah sedikitpun, ya.

Semewah apapun perabotan dan desain interior rumahmu bila tak dijaga kerapian dan kebersihannya, tentu akan percuma bukan?

Setelah membaca tip di atas, Anda jadi tahu bagaimana caranya mewujudkan interior rumah kecil tapi mewah bukan? Seluruh tip diatas bukan saja bisa dilakukan setiap saat, tetapi juga tidak perlu menguras uang Anda.

Semoga tip di atas bermanfaat dan selamat mendekorasi rumah ya!


No comments

Powered by Blogger.