6 Warna Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Anda Terlelap!

warna kamar tidur

Tidur bukan hanya sekedar istirahat, tetapi juga bagaimana tubuh kita memperbaiki, menyegarkan, dan memberi energi kembali untuk hari berikutnya. Itulah mengapa memiliki ruang yang sempurna untuk beristirahat dan memulihkan diri sangat penting untuk kehidupan bahagia yang sehat. Kamar tidur kami adalah tempat aman yang dibuat untuk membuat kami merasa seperti di rumah dan senyaman mungkin.

Bahkan, warna kamar tidur Anda bisa memengaruhi kualitas dan jumlah tidur Anda. Ini mungkin tampak mengejutkan. Tetapi warna kamar tidur Anda dapat memengaruhi suasana hati Anda, yang pada akhirnya memengaruhi tidur Anda. Jadi sebelum Anda memilih warna untuk mengecat dan menata kamar tidur Anda, atau membeli set tempat tidur baru, kami sarankan Anda melihat warna mana yang terbaik untuk menjadikan kamar sebagai relaksasi dan kebiasaan tidur yang sehat.

Mengapa memilih warna kamar tidur yang tepat itu sangat penting? Setiap pakar pemasaran tahu bahwa warna itu seperti “magic”. Hal yang sama berlaku untuk tidur. Warna kamar tidur dapat memengaruhi emosi dan kondisi pikiran Anda. Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melihat warna merah meningkatkan detak jantung dan aliran adrenalin. Jika itu terjadi sebelum tidur hal itu bisa membuat Anda tidak bisa tidur lelap.

Warna kamar tidur yang diredam meningkatkan kualitas tidur daripada warna primer yang lebih hidup. Rekomendasi ini berdasarkan data. Membuktikan bahwa warna kamar tidur terbaik untuk tidur lebih dari sekadar opini. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 2.000 hotel membantu menentukan warna mana yang membantu dan mengganggu tidur. Anda juga disarankan untuk menggunakan hasil akhir di atas glossy. Ini membantu warna tampak lebih lembut, dan membuat mengantuk.

Berdasarkan psikologi warna, penelitian, dan rekomendasi ahli tidur, berikut adalah:

6 warna kamar tidur yang menenangkan, bikin tidur Anda terlelap.

Biru

warna kamar tidur

Warna kamar tidur terbaik adalah biru. Biru menenangkan untuk tidur. Mata bahkan memiliki reseptor khusus di retina yang disebut sel ganglion, yang membuat otak sangat mudah menerima warna biru. Warna kamar tidur biru menenangkan pikiran dan tubuh, menurunkan tekanan darah, detak jantung dan pernapasan, serta mengurangi perasaan cemas dan agresi. Jika ada satu hal yang dapat Anda lakukan dengan benar, yaitu mengecat kamar tidur Anda dengan warna biru. 

Menurut penelitian, sekitar 7 jam 52 menit orang yang tidur di kamar dengan warna biru tidur. Rata-rata orang bahkan tidak mendapatkan 7 jam tidur lelap tanpa gangguan. It’s great!

Anda juga bisa mengecat kamar tidur anak  dengan warna ini. Anak-anak yang memiliki masalah tidur, sering tantrum, dan masalah perilaku lainnya dapat menghabiskan waktu di dalam kamar berwarna biru.

Kuning 

warna kamar tidur

Warna kamar tidur selanjutnya adalah kuning. Kuning menciptakan suasana ruang yang cerah dan ceria. Warna kuning selalu dikaitkan dengan kebahagiaan dan motivasi. Warna kuning dengan aksen yang lembut dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Sementara kuning terang dapat merangsang ingatan dan meningkatkan metabolisme. Kuning adalah warna terbaik kedua untuk dipilih saat tidur. 

Menurut penelitian, orang bisa tidur selama 7 jam 40 menit di kamar tidur warna kuning. Dan Anda pasti bisa bangun dengan bahagia di bawah sinar matahari, dinding kuning.

Untuk catatan, terlalu banyak warna kuning juga bisa membangkitkan perasaan marah maupun frustrasi, mengakibatkan stres. Jadi gunakan warna ini di dinding saja, interior lainnya bisa menggunakan warna putih atau abu-abu.

Hijau 

warna kamar tidur

Sementara warna hijau adalah perlambang alam, dus, mendorong lingkungan yang tenang dan menenangkan. Hijau terkait erat dengan kesehatan, penyembuhan dan kesejahteraan. Warna kamar tidur hijau memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, mengurangi kecemasan dan meningkatkan konsentrasi. Hasil penelitian mengatakan kalau orang bisa tidur selama 7 jam 36 menit di kamar tidur warna hijau. Orang-orang juga mengatakan saat bangun tidur dapat merasakan perasaan optimis dan positif.

Silver

warna kamar tidur

Silver memang warna yang unik, tapi tetap kondusif untuk tidur. Orang yang tidur di kamar warna silver mendapat waktu tidur selama 7 jam 33 menit. Warna kamar tidur dengan warna silver itu bagus, jika Anda menyukai warna yang lebih netral, tetapi tetap ingin beristirahat dengan tenang. Warna silver menjadi pilihan yang tepat untuk warna kamar tidur utama Anda.

Orange

warna kamar tidur

Warna kamar tidur dengan warna oranye menjadi pilihan warna yang dapat menampilkan suasana ruang yang nyaman dan welcoming.

Oranye memiliki sifat sosial dan mengilhami komunikasi interpersonal. Seperti warna kuning, terlalu banyak oranye juga dapat memberikan rangsangan yang lebih. Gunakan hanya sebagai aksen yang cukup terlihat tegas saja. 

Pilihan yang tepat jika Anda memilih warna cat kamar tidur dengan warna orange, karena hangat dan menyenangkan. Dikatakan juga bahwa warna orange membantu gangguan pencernaan, yang juga bisa membuat Anda terjaga di malam hari.

Saat memilih warna yang berani untuk kamar tidur, pilihlah ke versi alami dari warna tersebut. Misalnya,  memilih terakota atau jingga tanah liat yang memiliki warna dasar coklat, daripada warna jingga krayola. Inilah yang  akan memberikan kesan santai.

Soft Pink

warna kamar tidur

Ini adalah salah satu pilihan warna teratas untuk kamar tidur, terutama jika Anda memilih warna pink lembut yang lebih natural dan mendekati warna kulit. Warna kamar tidur dengan warna merah muda alami yang lembut terasa nyaman dan biasanya memiliki warna orange lembut. 

Feng Shui sering menyarankan penggunaan warna-warna lembut yang mirip dengan warna kulit karena memberi kita perasaan seperti zen yang tenang. Kami menyarankan untuk tidak memilih warna hot pink karena terlalu dekat dengan warna merah yang agresif, energik, dan sulit untuk tidur.

Secara keseluruhan warna kamar tidur terbaik untuk tidur yang dapat Anda gunakan adalah warna lembut alami yang tidak terlalu berpigmen atau merangsang. Tetap gunakan warna biru lembut, kuning, merah muda, hijau, perak atau oranye untuk sebagian besar. Biasanya kami menyarankan untuk menjauh dari apa pun yang terlalu gelap atau terang. Karena ini cenderung membuat depresi atau terlalu merangsang.

Warna kamar tidur seperti merah, ungu, coklat, atau abu-abu tua adalah warna yang paling tidak cocok untuk tidur yang menenangkan dan lelap. Jika Anda benar-benar menyukai salah satu dari warna-warna itu, disarankan untuk menggunakannya sebagai warna aksen untuk warna santai lain yang lebih dominan. Ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki warna favorit tanpa terlalu mendominasi, sehingga membuat Anda tenang dan lelap tidur.

Selamat mencoba, ya!


No comments

Powered by Blogger.