Yuk, Coba Buat Perabotan dari Barang Bekas! Gampang Kok!

Yuk, Coba Buat Perabotan dari Barang Bekas! Gampang Kok!



MYBIGPROPERTY.COM - Di rumah saja memang membosankan, namun, tahukah Anda, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan selama masa-masa di rumah untuk mengisi waktu luang, lho!
Kegiatan yang bisa dilakukan itu antara lain, berkebun, menilis, menjahit, atau jika Anda adalah tipe orang yang suka membuat sesuatu, kenapa tidak mencoba mendaur ulang barang-barang lama yang sudah jarang terpakai, menjadi barang baru yang menarik dan bisa menghiasi ruangan di rumah?

Kali ini, kita akan membahas mengenai membuat perabotan dari bahan yang sudah lama tak terpakai. Penasaran? Yuk, mulai!

9 Perabotan dari Barang Bekas

1. Bantal sweater

Sweater yang biasanya terbuat dari rajutan, mudah berlubang-lubang karena tersangkut, atau termakan usia. Nah, jika hal ini menimpa sweater kesayangan Anda, jangan buru-buru untuk membuangnya, ya! 

Karena sweater lama ini bisa disulap menjadi sarung bantal yang pastinya akan mempercantik penampilan ruang tamu, lho!

Cara membuatnya pun relatif mudah, coba cek di video ini.




2. Alas Peliharaan dari Bantal Bekas

Jika tips sebelumnya menggunakan sweater bekas untuk sarung bantal, kali ini, bagaimana jika bantalnya yang sudah usang? 

Mudah saja, Anda tinggal mengganti covernya dan gunakan sebagai alas untuk peliharaan di rumah. Kucing atau anjing Anda pasti akan menggunakannya dengan senang hati.

3. Cat ulang!

Buat Perabotan dari Barang Bekas - Patung

Adakah benda-benda di rumah yang sudah tampak kusam dan menyedihkan? Misalnya patung yang dulunya berkilau mengesankan, kini sudah terlihat usang dan kumuh. 

Jangan terburu-buru untuk meloakkannya, ya! Karena yang dibutuhkannya hanya sentuhan kreativitas. Anda bisa mengecat ulang sesuai warna yang diinginkan, dan voila, benda itu pun akan kembali memiliki “nyawa”. 

4. Nakas Koper


Setiap rumah pasti memiliki tumpukan koper yang dibiarkan berdebu karena sudah tak lagi digunakan. Bisa karena memang sudah rusak, ukuran tak sesuai, sampai masalah seperti warna dan motif yang tak sesuai. 

Daripada membiarkannya tak berguna, Anda bisa mengeluarkan dan menysunnya menjadi meja pajangan untuk meletakkan lampu, bingkai foto, sampai vas bunga. Unik dan tak perlu keluar biaya, lho!

5. Laci Bermotif

Laci meja bisa jadi sangat membosankan, belum lagi jika isinya berantakan. Tentu sangat tidak sedap dipandang, bukan? 

Untuk membuatnya lebih menarik, coba keluarkan semua isi laci, kemudian, lapisi alasnya dengan wallpaper bermotif cantik untuk membuatnya lebih hidup dan menyenangkan saat dilihat! Setelahnya, susun isinya agar lebih rapi dan memudahkan pencarian.

6. Gantungan Anting dari Bingkai Foto



Jangan terburu-buru membuang bingkai foto yang pecah atau rusak akibat tersenggol. Anda bisa mengubahnya menjadi gantungan anting yang keren dengan merentangkan tali di antara sisi-sisinya. 

Tidak bingung lagi kan jadinya untuk menyimpan koleksi anting?

7. Hiasan Dinding Pecah Belah

Piring kesayangan pecah? Bisa dibuat jadi pajangan dinding yang cantik, lho! Rekatkan bagian-bagian yang pecah dengan lem tembak, jadilah pajangan dinding yang artistik. 

Selalu berhati-hati dalam merekatkan benda-benda pecah belah, ya, sisi yang tajam bisa melukai Anda jika tidak hati-hati.

8. Pot Mozaik Keramik

Prinsip dasar daur ulang adalah, sebisa mungkin hindari membuang benda-benda yang rusak jika masih bisa dipergunakan. Misalnya, apabila barang pecah belah yang sudah rusak tidak mungkin untuk dijadikan pajangan, ada cara lain untuk memanfaatkannya. 

Susun pecahan-pecahan keramik menjadi pot untuk tanaman kesayangan Anda. Semakin beragam motifnya, semakin unik pula jadinya. Jangan ragu untuk berkreasi, ya!

9. Lilin Crayon

Bagi yang memiliki anak usia sekolah, bukan hal asing jika memiliki tumpukan crayon patah yang biasanya sudah tak digunakan lagi. Anda bisa memanfaatkan krayon bekas ini menjadi lilin menarik dengan aneka warna. 

Gunakan mason jar yang unik sebagai wadah untuk menegaskan kesan rustic. Lelehkan krayon tiap warna, lalu tuang bergantian sesuai warnanya ke dalam gelas kaca, kemudian beri sumbu untuk menyalakan api. Mudah, kan? 


Perlu kreativitas dan niat untuk bisa mengubah barang bekas menjadi barang yang kembali memiliki nilai. Awalnya mungkin akan terasa merepotkan saat memulainya, namun begitu melihat hasilnya, wah, pasti akan terasa sangat puas dan menyenangkan, ya! 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba? (adelliarosa)

1 comment:

  1. Kalau keponakan saya setelah crayon memendek malah di buang, padahal ada manfaatnya juga ya, nanti mah saya kumpulin deh mau di bikin kerajinan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.