13 Ide Kolam Ikan Sederhana yang Indah untuk Rumah Mungil Anda

kolam ikan sederhana

Apakah Anda ingin membangun kolam ikan sederhana di halaman belakang tetapi Anda kekurangan ruang? Meski memiliki halaman belakang dan rumah yang mungil Anda tetap bisa memasang kolam ikan minimalis berukuran kecil. 

Ada banyak jenis ikan yang bisa Anda pelihara dalam kolam ikan sederhana tersebu. Bisa saja Anda membuat kolam ikan koi, maupun kolam ikan hias lainnya. Pastinya hal ini akan membuat suasana rumah Anda menjadi lebih indah, nyaman, dan dapat merefresh pikiran.

Hal yang diutamakan pada kolam ikan sederhana adalah bentuk dan fitur yang memudahkan Anda untuk menikmati pemandangan ikan dengan mudah setiap harinya. Tak lupa juga, masalah budget menjadi salah satu prioritas utama yang tidak boleh terlewatkan. Anda juga bisa menyesuaikan bentuk kolam ikan sederhana dengan luas lahan di rumah Anda.

Berikut adalah 13 ide kolam ikan sederhana yang indah untuk Anda buat.

1. Kolam Koi Persegi Panjang Kecil

kolam ikan sederhana

Betapa menyenangkan memiliki desain kolam ikan sederhana diisi dengan ikan koi yang indah tepat di luar pintu belakang rumah Anda?

Kolam persegi panjang ini cukup besar untuk menampung beberapa tanaman dan ikan dan dikelilingi oleh paver sehingga Anda dapat menyiapkan area tempat duduk luar ruangan untuk duduk dan melihat ikan.

2. Kolam Bulat Kecil dengan Batuan Datar

kolam ikan sederhana

Bebatuan datar yang indah ditempatkan di sekitar tepi kolam ikan sederhana dengan beberapa bebatuan yang menjorok memberikan keteduhan bagi ikan dan tempat mereka bersembunyi dari predator.

Bebatuan berwarna kemerahan sangat kontras dengan hijau cerah dari pakis dan tanaman air yang mengelilingi kolam.

3. Kolam Berjajar dengan Kerikil Kecil

kolam ikan sederhana

Kolam ikan sederhana ini dilapisi dengan kerikil dan tepi yang landai, sehingga ideal untuk hewan liar seperti katak, kadal, dan burung untuk masuk dan keluar dari kolam. Anda dapat dengan mudah membuat desain kolam ikan seperti ini dalam satu atau dua hari.

4. Kolam Hexagonal

kolam ikan sederhana

Kolam heksagonal kecil ini terletak di antara dek kayu dan halaman rumput hijau yang terawat indah.

Ini menampilkan banyak tanaman air dan marginal. Di belakang kolam ada taman rimbun yang membantu kolam untuk menyatu dengan landscape sekitarnya.

5. Kolam Halaman Belakang Kecil dengan Jembatan

kolam ikan sederhana

Menambahkan jembatan logam berukir yang indah ke kolam ikan sederhana ini dapat mengubah halaman belakang rumah Anda dan membuat area tersebut lebih mudah diakses.

Jika Anda memiliki kola mikan minimlais ini, jembatan akan membuat Anda bisa melihat keindahan kolam dari atas kola mikan tersebut.

6. Kolam Kecil dengan Batu Bertumpuk

kolam ikan sederhana

Kolam ikan sederhana yang indah ini bertepi dengan bebatuan yang bertumpuk. Meja piknik akan menjadi tempat yang tepat untuk duduk dan menikmati kolam.

7. Kolam Alami dengan Teratai


kolam ikan sederhana

Desain kolam ikan ini memiliki banyak teratai dan tanaman air lainnya. Batu besar yang diletakkan di dalam air memudahkan burung untuk mendarat dan minum. Ini juga tempat yang sempurna bagi kadal untuk berjemur.

8. Kolam Alami dengan Kerikil

kolam ikan sederhana

Ini adalah desain kolam ikan yang menggunakan kerikil di dasarnya. Dikelilingi oleh tanaman dan pavers yang indah.

9. Kolam Kecil Berbentuk Ginjal

kolam ikan sederhana

Kolam ikan sederhana ini berbentuk ginjal. Dibuat menggunakan pond liner dengan bebatuan disekitar tepinya. Seperti yang Anda lihat, liner kolam terlihat sebagian di bawah bebatuan, jadi jika Anda membangun kolam ikan seperti ini, sebaiknya gunakan bebatuan datar besar yang sedikit menggantung di tepi kolam yang akan menyembunyikan liner.

10. Kolam Alami dengan Batuan Besar

kolam ikan sederhana

Desain kolam ikan alami ini menggunakan bebatuan datar besar di sekitar tepinya dan air terjun yang berangsur-angsur untuk menghasilkan suara tetesan air yang indah.

11. Kolam Kecil DIY

kolam ikan sederhana

Jika Anda mencari kolam halaman belakang DIY yang mudah, kit kolam ini berisi liner kolam, pompa, dua kepala air mancur, dan petunjuk pemasangan. Ini akan menjadi proyek DIY akhir pekan yang bagus untuk Anda buat.

12. Kolam di Atas Tanah

kolam ikan sederhana

Jika Anda benar-benar kekurangan ruang, kolam ikan sederhana di atas tanah seperti ini akan cocok untuk balkon, dek, halaman, atau teras. Ini termasuk pompa, lampu air terjun LED, media tanam tanah liat dan kerikil dekoratif

13. Kolam dengan Air Terjun

kolam ikan sederhana

Kolam ikan sederhana yang terbuat dari bebatuan datar yang ditumpuk adalah alternatif yang bagus untuk kolam untuk halaman belakang kecil. Pompa digunakan untuk mengangkut air dari area berkerikil ke atas air terjun untuk menciptakan suara gemericik air yang menenangkan.

Anda sudah mendapatkan ide untuk membuat kolam ikan sederhana untuk rumah mungil Anda?, Jangan lupa untuk membersihkan kolam ikan minimalismu secara rutin, ya! Usahakan untuk tidak menggunakan enceng gondok di kolam ikan sederhana Anda, karena pertumbuhannya sangat cepat dan tidak bisa terkendali.

Jadi, inilah 15 ide kolam ikan sederhana untuk taman kecil rumah Anda yang bisa dibuat. Semoga ide-ide ini memberikan Anda inspirasi untuk kolam ikan sederhana di rumah mungil Anda sendiri.



No comments

Powered by Blogger.